Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak dan Pahami Siapakah Pelamar Umum Pada Pengadaan PPPK Guru Tahun 2022

Daunpendidikan.com. Simak dan Pahami Siapakah Pelamar Umum Pada Pengadaan PPPK Guru Tahun 2022. Sebagaimana yang disebutkan pada Permenpan-RB tentang pengadaan PPPK Guru Tahun 2022 akan ada formasi bagi pelamar umum.

Pelamar umum yang dimaksud menurut Pasal 6 adalah : 

1. Lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan PPG di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset danTeknologi.

2. Pelamar yang terdaftar di Dapodik. 

Simak dan Pahami Siapakah Pelamar Umum Pada Pengadaan PPPK Guru Tahun 2022


Terdapat 2 kategori pelamar umum yang bisa ikut pada seleksi PPPK Guru tahun 2022. Pertama, mereka telah lulus PPG yang secara resmi terdata di database PPG Kemendikbud.

Cek Perbedaan PPG Prajabatan dan PPG (Daljab) Disini.

Kedua, pelamar atau Guru tidak tetap yang terdaftar di Satminkal Dapodik dan belum pernah mengikuti seleksi PPPK Guru pada tahun 2021.

Pelamar Umum yang dimaksud pada Paragraf 6 terkait Seleksi Umum adalah :

1. Seleksi kompetensi bagi pelamar umum dilakukan dengan menggunakan sistem CAT-UNBK.

2. Pelamar umum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat memilih kebutuhan PPPK JF Guru di seluruh sekolah wilayah Indonesia yang belum terpenuhi oleh pelamar prioritas.

3. Pelamar umum dinyatakan lulus jika nilai yang diperoleh memenuhi Nilai Ambang Batas dan berperingkat terbaik.

4. Nilai Ambang Batas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri dari:

  • Nilai Ambang Batas Kompetensi Teknis;
  • Nilai Ambang Batas kumulatif Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural; dan
  • Nilai Ambang Batas wawancara.

5. Dalam hal pelamar umum memiliki nilai akhir yang sama, penentuan kelulusan akhir secara berurutan didasarkan pada:

  • Nilai Kompetensi Teknis yang paling tinggi;
  • Jika nilai sebagaimana dimaksud dalam huruf a masih sama, penentuan kelulusan akhir didasarkan pada nilai kumulatif Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural yang paling tinggi;
  • Jika nilai sebagaimana dimaksud dalam huruf b masih sama, penentuan kelulusan akhir didasarkan pada nilai wawancara yang paling tinggi; dan
  • Jika nilai sebagaimana dimaksud dalam huruf c masih sama, penentuan kelulusan akhir didasarkan pada usia paling tinggi.

6. Dalam hal pemenuhan kebutuhan oleh pelamar sebagaimana dimaksud pada ayat (4) belum terpenuhi, akan dipenuhi oleh pelamar umum.

Simak Alur Pemenuhan Kebutuhan Pelamar PPPK Guru Tahun 2022 Disini

Pelamar Umum yang dimaksud pada Paragraf 8 terkait Penambahan Nilai adalah :

1. Kompetensi Teknis bagi pelamar umum diberikan penambahan nilai dengan ketentuan sebagai berikut:

  • pelamar yang memiliki sertifikat pendidik linear dengan Jabatan yang dilamar mendapatkan tambahan nilai sebesar 100% (seratus persen) dari nilai paling tinggi Kompetensi Teknis;
  • pelamar dari penyandang disabilitas yang sudah diverifikasi jenis dan derajat kedisabilitasannya sesuai dengan Jabatan yang dilamar mendapatkan tambahan nilai sebesar 10% (sepuluh persen) dari nilai paling tinggi Kompetensi Teknis
  • dalam hal pelamar mendapatkan tambahan nilai sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b secara kumulatif, diberikan nilai Kompetensi Teknis tidak lebih dari nilai paling tinggi Kompetensi Teknis sebesar 100% (seratus persen).

2. Penambahan nilai sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperhitungkan sebagai nilai awal pada masing-masing seleksi kompetensi dan termasuk sebagai komponen penentu terpenuhi atau tidaknya Nilai Ambang Batas kompetensi teknis pelamar.

Unduh SE PERMENPAN-RB Terkait Pelamar Umum Disini.

Simak dan Pahami Siapakah Pelamar Umum Pada Pengadaan PPPK Guru Tahun 2022

Demikian informasi terkait Siapakah Pelamar Umum Pada Pengadaan PPPK Guru Tahun 2022. Untuk formasi para pelamar umum menurut Permenpan-RB tahun 2022 harus menuggu prioritas I,II dan III sampai tuntas.

Ketika nanti masih ada kuota atau formasi yang belum terpenuhi, maka akan diberikan kepada para pelamar umum. Tentunya tetap akan diseleksi secara sportif dengan cara mengikuti tes kompetensi tekhnis.

Dukung selalu blog daun pendidikan untuk memperoleh informasi terupdate dan terpercaya mengenai pendidikan. Salam Pendidikan.

Posting Komentar untuk "Simak dan Pahami Siapakah Pelamar Umum Pada Pengadaan PPPK Guru Tahun 2022"