Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA CEPAT MENGISI ESAI CALON GURU PENGGERAK DAN CALON PENGAJAR PRAKTIK ANGKATAN 5

Daunpendidikan.com. Cara cepat mengisi kolom esai pada calon guru penggerak dan calon pengajar praktik angkatan 5 dapat menjadi bahan pokok untuk mendaftar Guru Penggerak. Hal ini bisa dijadikan sebuah acuan agar proses pengisian tidak bertele-tele dan bisa lolos seleksi menjadi Guru Penggerak.

Menurut surat edaran Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi (Kemendikbudristek) pendaftaran calon guru penggerak dan CPP diperpanjang masa pendaftarannya. Pendaftaran dibuka kembali pada hari Senin tanggal 01 November 2021 sampai hari Jum’at tanggal 05 November 2021 pada pukul 23.59 WIB. Surat Edarannya bisa dibaca disini.

Dari surat edaran diatas, diketahui bahwasanya pendaftaran hanya tinggal 1 hari lagi dari sekarang. Semua persyaratan harus segera diisi sebaik mungkin dan harus estra hati-hati. Jangan sampai ada kesalahan data yang terunggah yang dapat menyebabkan ketidaklulusan.

CARA CEPAT MENGISI ESAI CALON GURU PENGGERAK DAN CALON PENGAJAR PRAKTIK ANGKATAN 5

Seleksi Pertama adalah pengisian data diri atau Curriculum Vitae (CV). Pengisian CV sangatlah penting karena ini terkait identitas. Jagan sampai salah memasukkan data pribadi yang nantinya bisa berdampak pada kelulusan Bapak Ibu Guru terbaik. Tips pengisiannya, silahkan memegang berkas yang diperlukan sebagai acuan jawaban pada kolom Curriculum Vitae. Hal ini dapat memnimalisir kesalahan yang fatal.

Sedangkan seleksi kedua adalah pengisian Essay. Kolom esai pada tahap kedua diberikan, agar Kemendikbud bisa menilai sejauh mana para guru yang mendaftar pada program CGP dan CPP ini benar-benar kompeten dan tidak. Dalam pengisian Esai ini harus karangan sendiri dan tidak boleh menganut aliran Copas (copy paste) karena akan terdeteksi plagiasi dan berdampak pada kelulusan para pendaftar.

Dari kedua tahapan tersebut yang paling banyak menyita waktu,tenaga dan pikiran adalah pengisian Essay. Essay menjadi tahapan yang harus diperhatikan, karena kemungkinan objektifitas penilaian diambil dari sana. 

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengisi essai calon guru penggerak (CGP)  dan CPP angkatan 5. Berikut poin penting yang harus dipahami agar bisa lolos seleksi Guru Penggerak dan CPP angkatan 5.

Cara cepat Menjawab Essay Guru Penggerak

Dalam mengisi dan menjawab Essay Seleksi Calon Guru Penggerak dan Calon Pengajar Praktik perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Jawab dengan Jumlah Minimal Karakter

Pada kolom essay yang harus diperhatikan adalah jumlah karakter jawaban. Jumlah karakter berbeda disetiap pertanyaan. Jumlah karakter jawaban berjumlah 500-2000. Jika kolom pertanyaan diminta 500 karakter jawaban, silahkan untuk segera dipenuhi sesuai dengan permintaan. Jangan sampai kurang dari karakter yang ditentukan. Saran yang tepat jawablah lebih dari karakter yang ditentukan.

2. Pahami Soal Sebelum Menjawab

Pahami soal dengan teliti dan seksama agar jawaban yang diberikan tidak terlalu melenceng jauh dengan soal. Jangan sampai salah untuk memahami soal yang bisa membuat jawaban semakin tak terarah dan eror.

3. Jawaban Tidak Terlalu Panjang dan Lebar.

Jawaban harus jelas, logis dan sesuai dengan pertanyaan. Jawaban harus to the point sesuai dengan pertanyaan yang diminta. Jangan terlalu bertele-tele atau panjang lebar yang nantinya akan membuat jawaban keluar dari topik pembahasan.

4. Pakailah Bahasa Sederhana.

Dalam menjawab Essay hendaknya menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini dapat mempermudah pembaca dalam memahami konten dari isi jawaban. tentunya sebagai pendidik harus menggunakan Bahasa yang baik tetapi tidak kaku.

5. Jawablah dengan sesuai pengalaman

Dalam menjawab pertanyaan hendaknya harus logis atau masuk akal. Jawablah sesuai dengan pengalaman pribadi masing-masing selama menjadi seorang pendidik. Jangan sampai jawabannya terkesan mengada-ngada atau mengarang.

6. Pastikan Soal Terjawab

Pastikan semua soal terjawab sesuai dengan kriteri di atas. Adapun untuk soal-soal opsional alangkah baiknya di jawab. Soal-soal opsional bisa memberikan poin tambahan bagi peserta Calon Guru Penggerak.

Baca juga : Tips Memilih Formasi ASN PPPK Guru Tahap 2 Tahun 2021.

Demikian informasi seputar cara cepat mengisi Essay Calon Guru Penggerak dan CPP angkatan 5. Dapatkan informasi terbaru seputar Guru Penggerak dan Pendidikan lainnya hanya Daunpendidikan.com.

Posting Komentar untuk " CARA CEPAT MENGISI ESAI CALON GURU PENGGERAK DAN CALON PENGAJAR PRAKTIK ANGKATAN 5"