Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TINGKATKAN MINAT LITERASI DAN NUMERASI SISWA MELALUI AKM ONLINE

Daunpendidikan.com. AKM terdiri dari Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi), keduanya merupakan  intrumen Asesmen Nasional yang bertujuan untuk mengukur dan memotret keberhasilan kognitif di tingkat Satuan Pendidikan (sekolah).

AKM sendiri merupakan salah satu program pemerintah dengan menggunakan konsep assemen tetapi berbasis komputer. Sehingga proses pelaksnaannya menggunakan perangkat digital atau kompueter.

Dalam melancarkan program AKM ini pemerintah telah membuat beberapa agenda yang harus dilaksankan. Agenda-agenda tersebut meliputi simulasi, gladi bersih, dan puncaknya pada pelaksanaan AKM sendiri.

Saat ini proses simulasi dan gradi bersih sudah dilaksanakan. Tentunya peserta didik ataupun sekolah sudah siap melaksanakan AKM. Sekolahpun sudah mulai menyiapkan proctor, perangkat, dan jaringan agar proses pelaksanaan AKM bisa berjalan lancar.

Tingkatkan Minat Literasi dan Numerasi siswa melalui AKM Online
Latihan Literasi Dan Numerasi Siswa Melalui AKM Online

Tips bagi peserta didik dalam menghadapi AKM, harus perbanyak pendalaman materi, menjawab latihan soal, dan yang tidak kalah penting latihan mengerjakan dengan komputer. 

Dalam hal meningkatkan minat literasi dan numerasi siswa SD, SMP dan SMA, pemerintah sudah menyiapkan link khusus bagi siswa-siwi.  Hal ini juga berdampak pada tingkat pemahaman siswa ketika mengerjakan AKM Online nantinya. 

Latihan Soal AKM Online SD, SMP, dan SMA

Bagi peserta didik yang ingin mengikuti latihan menjawab dan memahami bentuk dan model soal AKM tingkat SD, SMP, ataupun SMA bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1.Bukanlah web hasilun.puspendik

Bukalah website puspendik dengan alamat 

https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/simulasi_akm 

atau bisa klik atau cari Latihan AKM Online gratis di google.

IKUT SIMULASI

2. Pilih Materi Simulasi

Pilih salah satu latihan soal literasi dan simulasi. Literasi ditandai dengan warna hijau dan numerasi ditandai dengan warna merah. 

Latihan AKM Online SD, SMP, dan SMA Gratis

3. Jenjang Sekolah

Langkah selanjutnya adalah pilih jenjang sekolah pada kolom yang tersedia di bawah materi. Selanjutnya klik Lanjutkan.

4. Login

Berikutnya login, pada tampilan ini tidak membutuhkan  username dan pasword. Tinggal klik Login Latihan AKM Online gratis

5. Masukkan Token

Pada kolom ini harus mengisi nama, tanggal lahir dan token. Tidak perlu khawatir untuk pengisian nomer token karena sudah disediakan di pojok kiri atas.

6. Mulai Tes

Silahkan ikuti tes dengan dan kerjakan sebaik mungkin. Model tampilan dan jenis soal bisa dibilang hampir sama pada saat pelaksanaan ANBK. Hal ini akan sangat membantu siswa siswi SD, SMP, dan SMA dalam meningkatkan minat literasi dan numerasi khususnya dan persiapan dalama pelaksaan ANBK nantinya.

Demikian tahapan-tahapan mengikuti latihan AKM online untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. Latihan ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah khusunya kemendikbud dalam membantu meningkatkan minat literasi dan numerasi peserta didik dan guna melancarkan pelaksanaan ANBK..

Demikian seputar informasi mengenai peningkatan literasi dan numerasi siswa SD,SMP dan SMA melalui AKM Online. Simak selalu informasi terbaru melalui daunpendidikan.com 


Posting Komentar untuk "TINGKATKAN MINAT LITERASI DAN NUMERASI SISWA MELALUI AKM ONLINE"