Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INFO VIRAL : PENDAFTARAN CALON GURU PENGGERAK DAN CPP ANGKATAN 5 DIBUKA KEMBALI

Info Viral : Pendaftaran Calon Guru Penggerak Dan CPP Angkatan 5 Dibuka Kembali.

Daunpendidikan.com. Kemendikbud membawa angin segara bagi guru yang berkompeten. Info tersebut terkait perpanjangan masa pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) dan Calon Pengajar Praktik (CPP) angkatan 5. Bagi guru yang belum mendaftar dan yang telah mendaftar namun belum sempat untuk menyelsaikan persyaratan, maka sesegera mungkin menunaikan segala sesuatunya yang menjadi persyaratan pada CGP dan CPP angkatan 5.

Baca Juga : 

Surat Keputusan Kemendikbudristek tentang Perpanjangan Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 5 (Reguler)

Surat Keputusan Kemendikbudristek tentang Perpanjangan Pendaftaran Calon Pengajar Praktik Angkatan 5 (Reguler)

Ada beberapa alasan kenapa kemendikbud memperpanjang masa pendaftaran CGP dan CPP. Dalam surat keputusan nomor : 5673/B.B2/GT.03.03/2021 yang berperihal Perpanjangan Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 5. Surat tersebut ditandatangani oleh Dr. Praptono, M.Ed selaku Direktur Jendral,Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan. 


Pendaftaran Calon Guru Penggerak Dan CPP Angkatan 5 Dibuka Kembali.

Pendaftaran Calon Guru Penggerak Dan CPP Angkatan 5 Dibuka Kembali.

Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi (Kemendikbud) memberi senggang waktu selama 5 hari dari kemarin. Pendaftaran dibuka kembali pada hari Senin tanggal 01 November 2021 sampai hari Jum’at tanggal 05 November 2021 pada pukul 23.59 WIB. 

Beberapa alasan kenapa kemendikbud membuka ulang pendaftaran Calon Guru Penggerak dan CPP angkatan 5. Menurut surat nomor 4469/B2/GT.03.03/2021, tanggal 10 September 2021 tentang Rekrutmen Calon Guru Pengerak Angkatan 5, disebutkan beberapa alasan :

1. Antusiame peserta untuk mendaftar calon pengajar praktik sangat tinggi,

2. banyaknya permohonan dari berbagai pihak (kepala dinas kabupaten/kota/provinsi, yayasan, sekolah) yang masih akan mendorong guru-guru terbaik di wilayahnya untuk mengikuti seleksi Pendidikan Guru Pengerak, dan

3. beberapa wilayah/lokasi calon peserta terkendala dengan akses internet untuk mengikuti proses pendaftaran sehingga calon peserta belum dapat melakukan pendaftaran sampai dengan batas akhir waktu pendaftaran.

Tiga poin penting alasan diatas menggambarkan bahwa siklus antusiasme guru di Indonesia sangatlah tinggi untuk mendaftar calon guru penggerak dan calon pengajar praktik. Hal itu juga didukung oleh berbagai pihak seperti,kepala dinas kabupaten,provinsi,kota, yayasan dan sekolah yang memotivasi semua guru kompeten di wilayah masing untuk ikut andil dan berkolaborasi pada program calon Guru Penggerak.

Poin ketiga juga perlu dimaklumi terkait terkendalanya akses internet di beberapa wilayah atau lokasi yang sering terjadi eror connection ketika saat mengerjakan tugas esai dan mengirim berkas dengan batas waktu yang ditentukan.

Nah, bagi para guru yang sudah mendaftar dan menyelesaikan semua tugasnya, kesemptan ini bsia kita manfaatkan untuk merevisi atau memperbaiki semua jawaban yang dianggap kurang memuaskan. Mungkin ada beberapa jawaban yang masih dianggap plagiat ataupun ada tulisan yang menganut aliran Copas (copy paste) sesegera mungkin untuk segera diubah dan dipermak kembali.

Bagi guru yang belum meneyentuh sama sekali terkait Calon Guru Penggerak, saran terbaik adalah untuk segera mungkin mengklik tombol daftar. Sangat disanyangkan sekali ketika guru terbaik di wilayah masing-masing tidak mengikuti program calon guru penggerak dan CPP angkatan 5. 

Kemendikbud sangat respek sekali dengan program ini, yaitu Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. 

Program ini juga dapat menjawab tantangan global yang saat ini dikenal dengan istilah Revolusi Industri 4.0. era millenial ini semua kehidupan manusia dipengaruhi oleh tekhnologi yaitu mesin. Manusia harus dituntut untuk dapat berkolaborasi dengan tekhnologi dan berdigital. Era ini juga berdampak pada dunia pendidikan Indonesia.

Peran guru sangatlah diprioritaskan dalam menumbuhkembangkan pendidikan dengan berdigital dan membawa perubahan serta inovasi pasti. Maka dari itu, bergabunglah para guru terbaik pada program Calon Guru Penggerak dan CPP demi satu tujuan yaitu mewujudkan Indonesia maju.

Terdapat dua langkah seleksi pada pendaftaran program CGP dan CPP, diantaranya :

1. Curriulum Vitae

Pengisian CV sangatlah penting karena ini terkait identitas. Jagan sampai salah memasukkan data pribadi yang nantinya bisa berdampak pada kelulusan Bapak Ibu Guru terbaik. Tips pengisiannya, silahkan memegang berkas yang diperlukan sebagai acuan jawaban pada kolom Curriculum Vitae. Hal ini dapat memnimalisir kesalahan yang fatal.

2. Esai 

Kolom esai pada tahap kedua diberikan, agar Kemendikbud bisa menilai sejauh mana para guru yang mendaftar pada program CGP dan CPP ini benar-benar kompeten dan tidak. Dalam pengisian Esai ini harus karangan sendiri dan tidak boleh menganut aliran Copas (copy paste) karena akan terdeteksi plagiasi dan berdampak pada kelulusan para pendaftar.

Setelah menunaikan langkah diatas, perlu sekali yang namanya dokumen penting. Semua dokumen ini akan diupload sebagai bukti autentik para Calon Guru Penggerak. 

Berikut berkas yang harus dipersiapkan :

1. Upload Surat Dukungan Kepala Sekolah Calon Peserta PPGP

Dokumen ini penting sekali untuk dibuat karena dalam dokumen ini berisi dukungan kepala sekolah dan izin untuk melaksanakan rangkaian tugas sebagai Calon Guru Penggerak selama 9-12 bulan dengan tetap berkomitmen selama mengikuti program yang bersangkutan tetap menjalankan tugas mengajar.

2. Upload Surat Rekomendasi Calon Peserta PPGP

Tidak kalah pentingnya untuk membuat Surat Rekomendasi Calon peserta PPGP. Dokumen ini juga harus ada legalitas dari kepala sekolah setempat terkait Calon Guru Penggerak di sekolah masing-masing. Dokumen ini berisi tentang informasi umum dan kualitas personal para calon guru penggerak.

Kedua dokumen tersebut harus ditandatangi oleh kepala sekolah setempat sebagai bukti bahwa disekolah tersebut ada beberapa guru yang dianggap profesional dan terbaik dan layak untuk bergabung pada program Calon Guru Penggerak dan CPP angkatan 5. 

Berikut 2 dokumen penting yang harus diupload.

Pendaftaran Calon Guru Penggerak Dan CPP Angkatan 5 Dibuka Kembali.

Bagi guru yang terlah terdafatar silahkan login kembali untuk mengkroscek ulang apakah semua data sudah benar dan tercentang hijau.

Bagi guru yang belum bergabung silahkan kunjungi laman resminya untuk segera mungkin bergabung dan berkolaborasi pada program Calon Guru Penggerak dan CPP dangkat 5. Silahkan kunjungi laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ 

Demikian sekilas informasi terupdate mengenai perpanjangan pendaftaran Calon Guru penggerak dan CPP angkat 5 dari Kemendikbud. Semoga informasi ini membawa manfaat dan meningkatkan rasa antusias para guru-guru terbaik Indonesia yang tergabung pada program CGP dan CPP. 

Posting Komentar untuk "INFO VIRAL : PENDAFTARAN CALON GURU PENGGERAK DAN CPP ANGKATAN 5 DIBUKA KEMBALI"