Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS MEMILIH FORMASI ASN PPPK GURU TAHAP 2 TAHUN 2021

Tips Memilih Formasi ASN PPPK Guru Tahap 2 tahun 2021

Hidup itu harus memilih. Usaha harus tetap dilakukan dalam mengambil sebuah keputusan. Jika ikhtiar atau usaha sudah terlaksana, jalan terakhir adalah berpasrah kepada Tuhan yang Maha Esa. Pada dasarnya, insan manusia harus berusaha dalam menentukan takdirnya masing-masing.

Memilih formasi bukan sekedar memilih mainan seperti anak kecil. Sama halnya dengan memilih formasi pada seleksi CASN PPPK Guru pada tahap 2 tahun 2021. Pelamar PPPK guru harus lebih selektif dalam menentukan pilihan.



CARA MEMILIH FORMASI ASN PPPK GURU TAHAP 2 TAHUN 2021

Tips Memilih Formasi ASN PPPK Guru Tahap 2 tahun 2021

Menurut jadwal terbaru yang dikeluarkan Kemendikbud terkait pelaksanaan seleksi PPPK Guru tahap 2 tahun 2021 akan diselenggarakan pada tanggal 1-4 November 2021. 

Info lebih lengkapnya bisa diamati pada : Jadwal Pelaksanaan PPPK Guru Tahap 2 tahun 2021.

Pemilihan formasi penting untuk diperhatikan. Peluang dan perencanaan jangka panjang menjadi alasan utama dalam hal menentukan formasi. Setidaknya tidak akan menyesal dikemudian hari baik setelah pengumuman maupun kelak jika sudah diterima menjadi tenaga ASN PPPK Guru di sekolah yang tersebut.

Niat dalam hati tetap harus diyakini dalam hal memililh formasi. Hal ini berpengaruh pada pasca pemilihan dan mempengaruhi pada kelulusan. Jika kelak benar-benar lulus sebagai abdi negara, maka akan semakin amanah dalam mengemban tugas negara.

Bagi kalian para pejuang NIPPPK Guru tahap 2 tahun 2021 harus merencanakan dengan matang dari sekarang.

Strategi Memilih Formasi PPPK Guru Tahap 2 tahun 2021.

Berikut kami sajikan beberapa ide brillian terkait pemilihan formasi atau menetukan sekolah yang akan dilamar.

1. Perhatikan Jarak dan Akses Sekolah

Jarak dan akses sekolah perlu diperhatikan terlebih dahulu. Kebanyakan para pelamar PPPK Guru melamar pada sekolah yang jauh agar tidak begitu banyak saingan. Para pelamar lupa pada tanggung jawab yang harus diemban setelah lulus nantinya.

2. Perhatikan Jenis Afirmasi Pelamar

Afirmasi menjadi perhatian penting dalam memilih sekolah yang akan dilamar. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir persaingan anatar pelamar yang memiliki berbagai macam afirmasi.

3. Kejar Nilai Ambang Batas

Para pelamar PPPK Guru Tahap 2 tahun 2021 harus benar-benar memperjuangkan tiket kelulusan. Nilai murni menjadi target utama, karena dalam tahap 2 nilai ambang menjadi faktor kelulusan utama dan nilai murni bisa mennggeser pelamar yang memiliki nilai afirmasi.

4. Peserta Sekolah Induk

Peserta dengan kode “X” yang berarti bahwa pelamar tersebut adalah guru honorer disekolah induk menjadi tantangan terbesar bagi pelamar yang lain. Namun, di tahap 2 ini semua berkedudukan sama. Artinya peserta dengan kode “X” bisa diungguli dengan nilai ambang batas atau peserta yang nilainya murni bahkan melebihi nilai ambang batas.

5. Jumlah Formasi 

Piihlah sekolah yang memiliki formasi dengan kapasitas lebih dari satu. Hal ini membuat peluang semakin besar. Oleh karena itu carilah sekolah yang formasi banyak dan membutuhkan tenaga PPPK Guru lebih dari satu.

6. Berdoa Pada Tuhan dan Minta Restu Orang Tua.

Dua hal penting yang tidak bisa dilepas dalam menentukan formasi. Bahkan bisa menjadi poin kelulusan dalam pasca menentukan formasi.

Jika sekiranya ada sekolah yang sesuai prasyarat di atas (jarak, jumlah peserta, formasi, dan sebagainya) maka mintalah Petunjuk kepada Allah. Bisa melalui sholat istikharah dan sebagainya. Mintalah petunjuk apakah sekolah tersebut bisa dipilih atau tidak. Apakah sekolah tersebut akan membawa mudharat apa keberkahan. Kembalikan semuanya pada Tuhan.

faktor penunjang kedua, jangan pernah sekali dua kali melupakan orang tua. Ridha Orang tua sama dengan Ridho Tuhan. Jangan pernah melupakan dan meninggalkan orang tua. Bagaimanapun kondisi orang tua saat ini, mintalah Doa pada beliau. seuntai doa orang tua dapat membuka pintu Tuhan, sehingga doa tersebut dapat terkabul. 

Dengan kata lain, dalam menentukan dan memilih formasi untuk seleksi PPPK atau apapun jangan pernah meninggalkan Tuhanmu dan Orang Tuamu. Jika Tuhan sudah berkehendak, sesulit apapun kemungkinan maka tidak ada yang mustahil. Orang tua juga menjadi wasilah untuk meraih Ridho Allah. 

Itulah poin penting yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam memilih formasi PPPK tahap 2. Jangan lupa untuk terus belajar dan latihan sebelum menghadapi waktu tes PPPK Tahap 2. 

Demikian informasi yang kami sajikan seputar pelaksanaan pemilihan formasi PPPK tahap 2 tahun 2021. Dapatkan info terupdate seputar PPPK hanya di Kabar PPPK atau bisa langsung cek di Daunpendidikan.com

Posting Komentar untuk "TIPS MEMILIH FORMASI ASN PPPK GURU TAHAP 2 TAHUN 2021"