Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KUMPULAN SOAL PTS GENAP PJOK K-13 JENJANG SD/MI

Sahabat setia daun pendidikan - Pada kesempatan ini, admin daun pendidikan akan membahas soal soal penilaian tengah semester (PTS) genap PJOK untuk sekolah dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI). menurut kalender pendidikan tepatnya minggu pertama bulan maret tanggal 07 merupakan pelaksanaan penilaian tengah semester (PTS) pada jenjang sekolah dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI). 

Penilaian tengah semester genap merupakan penilaian atau ujian bagi peserta didik di tengah semester pelajaran atau di semester 2. Penilaian tengah semester 2 penting untuk dilakukan untuk melihat kinerja siswa dalam hal pemahaman dan penguasaan materi tematik selamah setengah semester genap.

KUMPULAN SOAL PTS GENAP PJOK K-13 JENJANG SD/MI


Fungsi dari penilaian tengah semester adalah sebagai bentuk kinerja siswa untuk mengukur tingkat kemampuan dan pengusaan materi selama setengah semester. Guru juga akan dapat melihat sejauh mana daya serap siswa dalam menerima pelajaran tema selama setengah semester.

KI dan KD PJOK dari kelas 1 sampai kelas 6 hampir sama. sama-sama membahas tentang gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif. Gerak lokomotor adalah gerakan yang berpindah tempat. Dalam gerak lokomotor bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Berlari, berjalan, melompat dan memanjat termasuk gerak lokomotor.

Sedangkan gerak non-lokomotor meruapakan gerakan yang tidak bepindah tempat. Artinya gerakan tersebut tanpa menggerakkan atau memindahkan bagian tubuh dari satu tempat ke tempat yang ditentukan. Posisi tubuh tetap ditempatnya. Contoh dari gerakan non-lokomotor adalah memutar, menggeleng, mengayun dan melempar.

Manipulatif merupakan gerakan dasar. Secara umum, gerakan manipulatif suatu gerakan yang menggunakan alat atau objek. Contoh dari gerakan ini adalah menendang, melempar, memantulkan, menangkap, memukul, menggiring dan lain sebagainya.

Contoh paling sederhana pada KI KD kelas 1 terdapat pada KD 3.1 yaitu, (Memahami gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional).

KD 3.1 kelas 1 mendeskripsikan secara jelas apa saja yang akan dipelajari pada materi PJOK. Siswa Kelas 1 akan dibekali beberapa gerakan lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif yang disesuaikan dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan jenis olahraga dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional di lingkungan sekitar atau kehidupan sehari-hari. 

Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa nantinya soal-soal penilaian tengah semester genap PJOK kelas 1 akan membahas soal-soal yang berkaitan dengan gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif. berikut contoh soal PTS semester 2 PJOK kelas 1 :

1.     Sebelum melakukan aktifitas fisik maka kita melakukan ...

a.    Pendinginan

b.    Pemanasan

c.    Inti

 

2.     Banyak berolahraga maka badan kita ...

a.    Sakit

b.    Sehat

c.    Lemah

 

3.     Induk senam adalah ...

a.    PERSAMI

b.    PRSI

c.    PERSANI

 

4.     Alat senam lantai adalah ...

a.    Tali

b.    Simpai

c.    Box

 

5.     Alat senam irama adalah ...

a.    Simpai

b.    Box

c.    Gelang-Gelang

 

6.     Senam Lantai disebut juga senam …

a.    Gembira

b.    Ketangkasan

c.    Erobik

 

7.     Senam Irama disebut juga senam …

a.    Ritmik

b.    Ketangkasan

c.    Kebahagiaan

 

8.     Bola, Pita, Tongkat termasuk alat senam …

a.    Lantai

b.    Irama

c.    Erobik

 

9.     Gerakan Push Up termasuk gerakan senam …

a.    Lantai

b.    Irama

c.    Lansia

 

10.  Gerakan Push Up melatih kekuatan …

a.    Lengan dan Perut

b.    Tangan dan Perut

c.    Kaki dan Otot

 

 

I.       Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !

11.  Manfaat olahraga adalah ...

12.  Berguling ke depan termasuk gerakan senam ...

13.  Kepanjangan dari PERSANI adalah ...

14.  Olahraga di pagi hari atau menghirup udara ...

15. Gerakan meroda termasuk gerakan senam tanpa …


Soal diatas merupakan contoh soal PTS PJOK semester genap. untuk lebih lengkapnya silahkan baca dan download kumpulan soal PTS PJOK semester genap dibawah ini :

KUMPULAN SOAL PTS GENAP PJOK K-13 JENJANG SD/MI

Soal PTS PJOK Semester Genap Kelas 1 SD/MI (Baca dan Unduh)

Soal PTS PJOK Semester Genap Kelas 2 SD/MI (Baca dan Unduh)

Soal PTS PJOK Semester Genap Kelas 3 SD/MI (Baca dan Unduh)

Soal PTS PJOK Semester Genap Kelas 4 SD/MI (Baca dan Unduh)

Soal PTS PJOK Semester Genap Kelas 5 SD/MI (Baca dan Unduh)

Soal PTS PJOK Semester Genap Kelas 6 SD/MI (Baca dan Unduh)

Demikian pembahasan terkait kumpulan soal PTS Genap PJOK jenjang SD/MI. Dukung selalu blog ini demi majunya pendidikan Indonesia. salam daun pendidikan.

Posting Komentar untuk "KUMPULAN SOAL PTS GENAP PJOK K-13 JENJANG SD/MI"