Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Mesin Sepeda Motor di Musim Hujan, Anti Karat Dan Aus!

Mesin sepeda motor adalah inti dari mobil roda dua yang setia menemani kita dalam perjalanan kita. Mesin, seperti manusia, membutuhkan perawatan yang tepat agar dapat berfungsi dengan baik. Ini adalah beberapa saran dan trik yang dapat Anda gunakan untuk memelihara mesin sepeda motor Anda.

1. Menjaga kebersihan sepeda motor: Disarankan untuk membersihkan motor setelah hujan. Tujuan lain adalah untuk menghindari pasir dan kotoran, yang dapat merusak komponen sepeda motor, selain meningkatkan penampilan.

2. Cek rantai (untuk motor penggerak rantai): Jika hujan, cek rantai dan lumasi dengan pelumas karena rantai cepat kering dan mudah berkarat karena air hujan.

Tips Merawat Mesin Sepeda Motor di Musim Hujan, Anti Karat Dan Aus!


3. **Cek busi**: Jika motor terpaksa melewati genangan yang cukup tinggi, sebaiknya pastikan mesin dalam keadaan mati. Tetapi jika terlanjur melewati genangan tersebut yang mengakibatkan motor mogok, maka bisa jadi terdapat masalah di sistem pengapiannya. Lakukan pengecekan busi, kepala busi, dan kap busi. Dan jika sudah terkena air disarankan untuk dilepas kepala businya lalu dibersihkan dan dikeringkan, lalu dipasang kembali.

4. **Cek kondisi ban dan pola kembang ban**: Diharapkan kondisi tekanan ban tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah serta pastikan ban tidak gundul agar terhindar dari sliding yang membahayakan pengendara saat musim hujan.

5. **Periksa knalpot**: Jika melewati genangan air terutama yang cukup tinggi yang menyebabkan air bisa masuk ke knalpot, maka motor bisa mogok. Dan apabila knalpot sudah masuk dan terendam air disarankan untuk tidak langsung menghidupkan motor. Kamu bisa menghubungi bengkel terdekat untuk menanganinya.

6. **Periksa kampas rem**: Apabila kampas rem terkena air hujan terutama dengan intensitas yang cukup lama, maka mengakibatkan timbul bunyi. Untuk perawatan cukup mudah yaitu dengan cara dilepaskan komponennya lalu dikeringkan dan dibersihkan. Jika kampas rem mengalami aus, sebaiknya diganti.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu kamu merawat mesin sepeda motor di musim hujan dengan baik dan benar.

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Mesin Sepeda Motor di Musim Hujan, Anti Karat Dan Aus!"