Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syekh Ali Jaber : 10 Ucapan Positif Dapat Mencetak Karakter Anak Islami, Cerdas dan Rabbani

Daunpendidikan.com - Memiliki anak sholeh tentunya menjadi dambaan bagi semua orang tua. Lebih-lebih anak tersebut mampu menghafal 30 juz yang dijamin oleh Allah dapat memberikan mahkota surga pada kedua orangtua. 

Tokoh Ulama Islam Syekh Ali Jaber pada ceramahnya yang diunggah di youtube pada tanggal 28 Desembee 2020 memberikan oesan pesan bermakna. 

Terdapat 10 ucapan positif yang harus diamalkan orang tua pada anak-anaknya. Hal ini bisa membuat karakter anak menjadi pribadi islami, cerdas dan Rabbani.

Syekh Ali Jaber : 10 Ucapan Positif Dapat Mencetak Karakter Anak Islami, Cerdas dan Rabbani


Menurut pribahasa "buah yang jatuh tidak akan jauh dari pohonnya",  Sama halnya dengan karakter anak akan baik dan soleh jika didikan dari orang tuanya baik. 

Islam mengajarkan pentingnya memberikan pendidikan islami sejak dini bagi anak. Hal ini memberi alasan positif bahwa seorang anak masih seperti kertas putih tanpa noda. 

Jelas sekali kebaikan dan keburukan seorang anak dapat dilihat sejak kecil bagaimana seorang orang tua mendidiknya. 

Di era millenial sebuah karakter anak menjadi seauatu yang sangat urgent. Banyak orang tua yang belum bisa menggiring karakter anak kearah islami dan rabbani. 

Mengutip dari ceramah Syeh Ali Jaber, ada 10 ucapan positif orang tua kepada anaknya demi mencetak karakter islami, cerdas dan Rabbani. 

10 Ucapan Positif Syeh Ali Jaber untuk orang tua kepada anaknya :

1. Ucapkan Rasa Cinta

Ucapan pertama yaitu Rasa Cinta. Seorang orang tua harus mampu mengucapkan Aku Sangat Cinta atau Sayang Padamu, Nak!!

Ucapkan rasa cinta tersbut tanpa syarat, harus benar-benar tulus dari dalam hati orang tua kepada anaknya. 

Cintai anak tanpa syarat, tanpa ada embel-embel lainnya. Jangan karena anak tersebut berbuat salah, lalu hilang juga rasa cinta seorang tua. 

Ingat ya Para orang tua harus menjadi tauladan baik bagi anak-anaknya.


2. Ucapkan Rasa Bangga dan Bahagia pada Anak

Ummi dan Abi sangat bangga dan bahagia padamu Nak!. 

Mengucapkan kalimat positif dari orang tua pada anak yang satu ini dapat meningkatkan rasa percaya diri yang besar.

Anak merasa berarti dan dibutuhkan oleh orang tuanya. Tidak heran kalimat positif ini dapat membentuk anak soleh.

Syekh Ali Jaber pun menggambarkan bagaimana Rasulullah SAW mencintai putri-putrinya khususnya Fatimah Az Zahra. Saking cintanya Rasulullah kepada Fatimah, setiap Fatimah masuk ke dalam rumah, Rasul langsung berdiri menghampiri anaknya lalu memeluknya. Itu cara Rasulullah menunjukkan rasa cintanya.


3. 'Pujilah Anak'

Memuji anak sangatlah penting. Memuji anak dengan ucapan yang positif seperti halnya Anak Mama Pintar,Cerdas dan Sholeh ya..

Orang tua tentu mengharapkan anaknya menjadi cerdas, pintar dan berwawasan luas. Cukup memuji anak dengan kalimat kamu cerdas sekali, kamu pintar. Meskipun dia pulang dari sekolah, nilainya tidak memuaskan kita sampaikan saja kamu sebenarnya pinter, tapi pada kesempatan ini mungkin belum sampai , tapi di semester mendatang insya Allah akan lebih baik,” tutur Syekh Ali Jaber.


4. Puji Penampilan Anak Setiap Harinya.

Syekh Ali Jaber mengungkapkan, memuji fisik anak dapat meningkatkan rasa percaya diri anak.

Sementara tingkat kesolehan anak akan bertambah jika orang tua mengucapkan kalimat positif yang memuji suara anak ketika menghafal Al Qur'an.

“Ini kata-kata khusus. Saya punya guru, punya anak hafal Al Qur’an dalam usia 5 tahun. Bagaimana kok umur segitu bisa hafal Al Qur’an? Lalu dijawab, saya selalu menanamkan di hati anak saya kalau suaranya dia indah,” ucap Syekh Ali Jaber.


5. Katakan Bahwa Kehadirannya Menambah Kebahagiaan

Anak adalah Amanah sekaligus anugrah terindah bagi orang tua. Kehadirannya dapat menjadi penyemangat hidup dan sumber kebahagiaan orang tua.

Dengan mengatakan hal seperti itu dapat membuat anak berarti dan jiwanya terisi.

“Kalimat ini perlu diucapkan bahwa keberadaan anak berguna untuk keluarga. Jangan pernah kita berkata anak sebagai beban,” ujar Syekh Ali Jaber.


6. Puji Dengan Kata Hebat

Setiap anak merasa senang jika mendapat pujian karena hal itu akan membuat sang anak merasa dihargai dan dimiliki. Oleh sebab itu, pujilah anak karena kehebatannya.

Memuji anak atas usaha terbaiknya harus dilakukan oleh para orang tua. Dengan begitu anak akan lebih berani dan percaya diri lagi dengan kemampuan yang ada dalam dirinya.


7. Memberi dan meminta Pendapat Positif Anak

Hal yang sering dan hamper terlupakan yaitu memberi dan meminta pendapat anak dalam hal mengambil keputusan. 

Meskipun anak masih cukup berpengalaman, namun tidak ada salahnya meminta pendapatnya. Hal ini dapat mengajari anak suatu hal bahwa kerja sama itu penting dalam mengambil keputusan. Anak juga merasa dihargai dan dianggap penting dalam setiap kehidupan orang tuanya.

Karakter kasih sayang anak kepada orang tua akan terbentuk pada momen ini. Libatkan anak dalam setiap mengambil keputusan yang menyangkut kepentingan seluruh keluarga.


8. Memberi Pujian didepan teman-temannya

Memuji anak sangatlah penting. Namun jangan terlalu berlebihan yang dapat membuat karakter anak semakin dirinya merasa anak yang selalu benar.

Mengutip ucapan Syekh Ali Jaber bahwa“Puji anak, asalkan jangan berlebihan. Puji dengan hal-hal baik yang dia lakukan sehingga dia akan lebih banyak lagi berbuat kebaikan,” 

Pujilah anak secukupnya tanpa kesan ada kebohongan dan berpura-pura.


9. Memberi Kepercayaan Kepada Anak

“Ini kalimat lebih baik dari pada mengucapkan jangan kamu bohong. Karena dengan begitu akan timbul dalam dirinya untuk menjaga kepercayaan orang tuanya,” 

Amanah Syech Ali Jaber diatas memberikan makna mendalam, yaitu memberi kepercayaan pada anak. Lebih-lebih jika diucapkan langsung dengan kalimat “Aku percaya kamu karena kamu anak yang jujur”


10. Selalu Mendoakan Anak

Doa merupakan permintaan atau permohonan seorang hamba kepada Tuhannya. Doa orang tua khususnya seorang Ibu sangatlah mustajab / pasti dikabulkan. Sering-seringlah mendoakan anak meski kadangkali seorang anak berbuat kesalahan.

Meskipun mereka berbuat salah, tetap doakan yang terbaik baginya. Jangan sampai mendoakan dengan doa-doa jelek. Sebab, pada ujungnya hanya akan menyisakan penyesalaan bagi orang tua,

“Sekali-kali kita berdoa depan anak dengan khusyuk mengangkat tangan, dan doa-doa baik kita untuk mereka, bisa mereka dengar. Lakukan seolah-olah kita sendirian, tapi sengaja agar dia dengarkan. Enggak perlu maksa dia aminkan juga,” kata Syekh Ali Jaber.

Demikian informasi terkait 10 ucapan positif Syekh Ali Jaber yang dapat membuat karakter anak Islami, cerdas dan Rabbani. Dukung selalu blog Pendidikan ini untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Salam Pendidikan.

Posting Komentar untuk "Syekh Ali Jaber : 10 Ucapan Positif Dapat Mencetak Karakter Anak Islami, Cerdas dan Rabbani"