Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEGERA DAFTAR DAN LAKUKAN PEMUTAKHIRAN DATA GURU CALON PESERTA PPG DALAM JABATAN TAHUN 2022

Sahabat Daunpendidikan.com. Kabar gembira bagi para ASN yang belum mengikuti PPG. Kementrian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi mengeluarkan surat edaran berprihal  Pemutakhiran data calon peserta Pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan tahun 2022.

Dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2022, Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan melakukan pemutakhiran data calon peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2022.

SEGERA DAFTAR DAN LAKUKAN PEMUTAKHIRAN DATA GURU CALON PESERTA PPG DALAM JABATAN TAHUN 2022

Dalam surat tersebut menjelaskan bahwasanya ada beberapa poin penting yang harus segera divalidasi terkait data calon peserta PPG dalam jabatan tahun 2022. 

Surat Edaran bisa diunduh disini.

Data - data yang harus dimutakhirkan antara lain :

1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir melalui laman verval PTK (https://vervalptk.data.kemendikbud.go.id

2. Riwayat Pendidikan formal mulai dari jenjang Pendidikan dasar hingga Pendidikan terakhir (SD,SMP,SMA,S1,S2 dan S3)

3. Rekam data Riwayat karir selama menjadi guru. Riwayat mengajar dari awal sampai akhir yang bisa dimutakhirkan melalui aplikasi Dapodik.

4. Status kepegawaian PNS atau NON-PNS dan jenis PTK melalui aplikasi dapodik dinas.


Selama proses pemutakhiran alangkah baiknya lakukan dengan sangat hati-hati, karena takut ada data yang salah sehingga bisa mempengaruhi kepada tingkat validasi data calon peserta PPG Daljab tahun 2022.

Dalam pemutakhiran data tentunya ada Batasan waktu yang diberikan oleh Kemendikbud. Cut off pemutakhiran data PPG tahun 2022 pada tanggal 30 Januari 2022 pukul 23.59. informasi lengkap terkait panduan dan cara pemutakhiran data dapat langsung mengakses lama https://dapo.kemendikbud.go.id 

Adapun beberapa ketentuan umum bagi para calon peserta PPG tahun 2022 agar dapat mengikuti Pendaftaran ppg dalam jabatan (daljab) 2022, sebagai berikut:

1. Lulusan atau alumni S1/D4 pada bidang pendidikan yang relevan dan akreditasi sesuai ketentuan (B).

2. Gelar sarjana liniear relevan dengan ketentuan yang berlaku

3. Terdaftar di Dapodik atau Simpatika

4. Memiliki nomor peserta UKG.

PPG dalam jabatan merupakan pendaftaran ppg bersubsidi tahun 2022. Segera lakukan pemutakhiran data dan daftar ppg dalam jabatan. Penting untuk ditindaklanjuti tata cara mendaftar PPG Daljab tahun 2022. Berikut syarat dan prosedur serta jadwal pendaftaran ppg 2022.   

Cara Mendaftar PPG Daljab Tahun 2022.

1. Masuk laman: https://ppg.simpkb.id/  

2. Klik username simpkb atau Simpatika dan password, klik tombol login.

3. Silakan bisa login via akun belajar.id, klik daftar.

4. Jika di beranda SIM PKB, dan dinyatakan memenuhi syarat, akan ada undangan sebagai Calon Peserta PPG DJ tahun 2022.

5. Klik menu Selanjutnya: Seleksi Akademik (SA), Seleksi Administrasi, Konfirmasi, Kesediaan, Penetapan Peserta dan Lapor Diri (LD)

6. Pada halaman tersebut: "Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan diperuntukan hanya untuk bapak ibu guru yang telah memenuhi persyaratan", sebagai berikut: Belum memiliki Sertifikasi Pendidik (serdik), Status Kepegawaian Guru: (PNS/ CPNS/ Honor Daerah/ GTY), TMT pengangkatan maksimal 2015, Kualifikasi pendidikan wajib D4/S1. dan Usia maksimal 58 Tahun pada tahun 2019. Sesuai DAPODIK. Sinkronisasi Data SIM PKB Guru

7. Klik menu "Mendaftar", dan pilih "Mendaftar Sekarang".

8. Isilah form registrasi sebagai peserta PPG 2022: Jenjang Mapel PPG, Bidang Studi PPG, Kualifikasi Pendidikan, Tahun tamat Ijazah Sarjanah (S1), Jenis Studi Pendidikan, Jurusan atau Program Studi, Fakultas, Nama Perguruan Tinggi (PT) Penerbit Ijazah nya, dan

9. Unggah berkas dengan cara Scan Ijasah S1 Asli dan sk pengangkatan pertama menjadi guru. Kemudian, ukuran file maksimal 1 MB dan minimal 100 Kb dengan format PNG/JPG/JPEG.

10. Pastikan data benar dan klik: Lanjut.

11. Klik menu Mendaftar.

12. Cek Notifikasi, Konfirmasi jika yakin benar datanya. klik "Ya".

13. Silakan mencetak tanda bukit sebagai peserta PPG Tahun 2022.


Lakukan Langkah-langkah pendaftaran PPG Daljab tahun 2022 dengan hati-hati. Jangan sampai ada kesalahan data yang bisa mengakibatkan invalid data. 

PENTING untuk diketahui bahwa langkah - langkah diatas juga berlaku pada Guru yang memiliki AKUN SIMPATIKA. tata cara pendaftarannya sama saja tinggal ikuti langkah diatas.

Sumber: https://ppg.kemdikbud.go.id/pemutakhiran-data-guru-calon-peserta-ppg-dalam-jabatan-tahun-2022/ 

Demikian sahabat daunpendidikan.com yang bisa informasikan. Dukung selalu blog ini demi majunya Pendidikan Indonesia. Salam Pendidikan.


BACA JUGA :

10 Poin dalam Kurikulum Paradigma Baru (Prototype's Curriculum)

Posting Komentar untuk "SEGERA DAFTAR DAN LAKUKAN PEMUTAKHIRAN DATA GURU CALON PESERTA PPG DALAM JABATAN TAHUN 2022"