Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal PAS/UAS Ganjil Tema 2 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 TA. 2021-2022

Daunpendidikan.com. Puji syukur kepada Tuhan yang maha Esa atas semua nikmatNya kepada insan manusia. sehingga sampai saat ini masih bisa bernafas dan merasakan semua karuniaNya. Tinggal satu bulan lagi akhir tahun 2021 akan sirna. Liburan akhir semester akan segera tiba dan tempat-tempat wisata akan ramai pengunjung dari berbagai daerah.

Namun sebelum liburan,  adek-adek peserta didik harus menyelesaikan  terlebih dahulu Penilaian Akhir Semester (PAS/UAS) ganjil. Beberapa persiapan tentunya harus dipersiapkan dengan cara belajar, berlatih soal-soal dan saling berkomunikasi dengan guru atau teman.

Penilaian akhir semester (PAS/UAS) merupakan bentuk penilaian yang dilakukan untuk mengukur tingkat kemampuan para peserta didik dalam hal pengetahun (KI.3) dan keterampilan (KI.4). 

Hal yang serupa juga kenapa Penilaian akhir semester (PAS/UAS) diadakan, karena dengan program tersebut seorang guru dapat melihat sejauh mana pemahaman para peserta didik dalam selama satu semester. Soal-soal yang akan diujikan kepada peserta didik terdiri dari beberapa materi selama 1 semester atau 6 bulan. 

Latihan Soal PAS/UAS Ganjil Tema 2 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 TA. 2021-2022
 Latihan Soal PAS/UAS Ganjil Tema 2 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 TA. 2021-2022

Selama Kurikulum 2013 (K-13) diluncurkan yang menganut model materi yang digabung setiap pembelajarannya. Artinya, semua materi PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBDP dan Matematika dikelompokkan dalam satu pembelajaran yang disebut Tema. 1 Tema  berisikan beberapa subTema 1,2 dan 3.

Namun untuk kelas tinggi seperti kelas VI,V, dan VI ada beberapa mata pelajaran (Mapel) yang terpisah secara signifikan. Mata pelajarna tersebut meliputi Matematika dan PJOK.

Hal tersebut memiliki alasan yang cukup logis. Untuk mata pelajaran Matematika, ditemukan pada buku tematik yang terlalu dangkal. Oleh karenanya, peserta didik kurangnya pemahaman konsep matematika secara garis besar. Dengan demikian, perlu adanya buku Matematika secara khusus/terpisah.

Matematika juga mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian matematika bersifat abstrak, metode untuk melaksanakan kajian terhadap objek matematika bersifat deduktif.

Sedangkan PJOK mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui mengobservasi dan mencontoh, kemudian melatihkannya secara berulang.

Sehubungan dengan alasan diatas, mata pelajaran Matematika dan PJOK dalam pelaksanaan pemebelajaran harus dilaksanakan secara parsial/terpisah. Dengan demikian, penyediaan buku dikemas secara terpisah dengan Buku Tematik.

Pada Kurikulum 2013 ini, para peserta didik dituntut harus menguasai kecakapan 4 C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication). Artinya Kurikulum 2013 ini mengajak para peserta didik dituntut untuk berfikir kritis, kreatif dan multi seri belajar.

Maka dari itu Guru harus siap sedia menjembatani para peserta didik untuk dalam mencapai tujuan pemebealajaran yang diorientasikan pada kebutuhan para peserta didik.

Para peserta didik juga dimotivasi dan dipupuk agar terbentuk karakter dan dapat mengaplikasikan semua pembelajaran yang selama dikelas pada kehidupan sehari-hari. Jadi antara komponen Pengetahuan (KI.3) dan komponen Keterampilan (KI.4) seimbang dan berjalan sesuai dengan tujuan Kurikulum diluncurkan.

Pada kesempatan ini, persiapan untuk menghadapi soal-soal penilaian akhir semester harus dipersiapkan secara matang. Kakak Daunpendidikan.com mencoba untuk membantu adik-adik peserta didik khususnya Kelas 5 untuk mengasah diri dengan beberapa Latihan Soal PAS/UAS Tema 2 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 TA. 2021-2022.

Adik-adik sekalian bisa berlatih dan mengasah diri untuk meghadapi PAS/UAS Tematik yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Latihan Soal PAS/UAS Tema 2 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 TA. 2021-2022 merupakan rangkuman soal dari semua tema selama 1 semester. Latihan soal ini bisa dijadikan bahan latihan dan tambahan refrensi bagi adik-adik sekalian.

Adapun beberapa materi yang ada pada buku tematik Kelas 5 SD/MI tahun pelajaran 2021-2022, meliputi :

1. Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan

• Subtema 1 (Cara Tubuh Mengolah Air Bersih)

• Subtema 2 (Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan)

• Subtema 3 (Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Orang tua)


Beberapa subtema diatas merupakan pembelajaran selama semester ganjil. Tentunya, Soal-soal Penilaian Akhir Semester Ganjil diambil dari beberapa materi diatas. 

Ok, Biar tidak terlalu lama menunggu, karena menunggu adalah hal yang membosankan. Ayo kita belajar dan berlatih pada Latihan Soal PAS/UAS Tema 2 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 TA. 2021-2022 : 


PENILAIAN AHIR SEMESTER GANJIL
KELAS 5
TAHUN PELAJARAN 2021/2022

PPKn (3.2)

1. Sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang disebut ...

a. Hak                c. Musyawarah

b. kewajiban     d. Tanggung jawab


2. Salah satu bentuk tanggung jawab sebagai warga masyarakat adalah ....

a. Menjaga kebersihan saluran air

b. Membuang sampah di selokan

c. Membakar sampah di pekarangan

d. Mengotori halaman rumah tetangga


3. Ciri – ciri musyawarah untuk mufakat adalah ...

a. Kebebasan akan terjamin

b. Mengutamakan kepentingan pribadi

c. Sesuai dengan kepentingan bersama

d. Peserta musyawarah harus hadir sebelum dimulai


4. Contoh bentuk tanggung jawab dalam menjaga kebersihan di sekolah adalah .. . .

a. Membuang sampah di laci meja

b. Melaksanakan piket sesuai jadwal

c. Memetik dahan pohon

d. Membuang batu ke kolam ikan


5. Salah satu manfaat kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan adalah .. . .

a. Pekerjaan akan lama selesai

b. Timbul perselisihan warga

c. Waktu istirahat kurang

d. Lingkungan menjadi bersi


6. Ayah bekerja keras untuk menafkahi anggota keluarganya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan

anaknya.

Contoh diatas merupakan tanggung jawab di lingkungan ....

7. Akibat tidak bertanggung jawab dalam menjalankan piket kelas adalah kelas menjadi ....

8. Jika diajak ayah membersihlan halaman, sebaiknya kita ....

9. Kebiasaan warga membuang sampah ke sungai dapat menyebabkan ... ketika musim hujan

10. Setiap individu mempunyai tanggung jawab, tanggung jawab individu meliputi berbagai jenis.

Sebutkan jenis-jenis tanggung jawab sebagai individu !


Bagaiamana para adek – adek sekalian, masih semangat kan belajar dengan soal-soal diatas. Adek-adek para peserta didik bisa mendowload soal lengkapnya dibawah ya.

Tetap semangat dan jangan putus asa ya. Raih cita-cita setinggi mungkin sampai ke Negeri Cina. Kak daunpendidikan.com akan selalu membantu kalian untuk berlatih soal-soal demi menghadapi Penilaian Akhir Semester Gajil Tahun Pelajara 2021-2022.

Latihan soal lengkapnya bisa didownload disini :

SOAL PAS/UAS TEMA 2

Kakak juga menyediakan kunci jawaban PAS/UAS Tema 2 dengan tujuan agar tingkat belajar adek-adek sekalian semakin tinggi.

Unduh Disini : KUNCI JAWABAN PAS TEMA 2

Latihan soal lainnya : 

>>>> Contoh Soal PAS/UAS TEMA 1 <<<<

>>>> Contoh Soal PAS/UAS TEMA 3 <<<<

>>>> Contoh Soal PAS/UAS TEMA 4 <<<<

>>>> Contoh Soal PAS/UAS TEMA 5 <<<<

>>>> Contoh Soal PAS/UAS MATEMATIKA <<<<

>>>> Contoh Soal PAS/UAS PJOK <<<<


Terima kasih ya adek-adek sekalian sudah mau belajar bersama kakak daunpendidikan.com dalalm menghadapi PAS/UAS Tema 2 Kelas 5 SD/MI Tahun Pelajaran 2021-2022. Selamat berjumpa kembali dengan kumpulan latihan soal Tema yang lainnya. 

Informasi terupdate terkait Kumpulan Latihan Soal PAS/UAS Tema 2 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 TA. 2021-2022 bisa mengujungi kakak daunpendidikan.com. selamat belajar dan sukses ya.

Posting Komentar untuk " Latihan Soal PAS/UAS Ganjil Tema 2 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 TA. 2021-2022"