Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL WORKSPACE FOR EDUCATION BESERTA MANFAATNYA.

Mengenal Workspace For Education Beserta Manfaatnya

Pandemi Covid-19 yang menghantam dunia pada akhir 2019, dapat dikatakan membuat banyak perubahan terhadapa gaya hidup manusia. Persebaran virus yang sangat cepat, membwa dampak yang signifikan di berbagai lini kenhidupan. Pemerintah setempat mengeluarkan kebijakan terkait pembatasan interaksi sosial di lingkungan masyarakat. Mulai dari dunia kerja, sampai dunia pendidikan. Tak sedikit negara-negara di dunia yang melarang pembelajaran tatap muka di sekolah. Semuanya pembelajaran dialihkan melalui pembelajaran jarak jauh. Termasuk di Indonesia.

Maka dari itu, sebagai prakatisi pendidikan yang selalu bergelut di dunia pendidikan harus merubah cara pandang dalam pembelajaran dengan menggunakan teknologi yang mampu menjawab hambatan dan tantangan era millenial 4.0. Banyak cara untuk memperlancar proses pembelajaran online. Apalagi di era digital seperti saat ini. 

MENGENAL WORKSPACE FOR EDUCATION BESERTA MANFAATNYA.
Mengenal Google Workspace For Education


Ad banyak tools yang bisa dmanfaatkan agar sekolah jarak jauh menjadi lancar. Salah satunya adalah Google Workspace for Education. Lewat tools ini, Google seperti ingin memberikan pengalaman kolaborasi yang menyenangkan untuk para penggunanya. Terutama para pengajar dan siswa. 

Tapi, Anda mungkin penasaran dengan layanan Google yang satu ini. Ok, tenang saja, Calm Down and always stay tune. Simak terus penjelasan lengkapnya terkait Google Workspace for Education ini. Simak sampai selesai ya.

Apa Itu Google Workspace for Education? 

Sebenarnya Google Workspace for Education adalah Transformasi dari G Suite for Education. Falshback mengenai G Suite bahwa tools yang satu ini adalah alat yang diluncurkan Google untuk memperlancar dan membantu berbagai pekerjaan dan kolaborasi menjadi lebih mudah.

Untuk merefresh ingatan, Google Suite adalah sebuah tools yang dimiliki oleh Google, yang menggabungkan berbagai fitur untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah produktivitas yang sering dihadapi oleh organisasi dan perusahaan. Kabar gembiranya tak hanya untuk perusahaan saja, Google juga menyediakan layanan ini untuk dunia pendidikan. Perlu kita ingat kembali G Suite for Education kini bertransformasi menjadi Google Workspace for Education.

Google Workspace for Education adalah sebuah layanan aplikasi dari Google, berupa seperangkat tools produktivitas dan kolaborasi dengan menggunakan sistem Google Cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan. Tujuan Google menciptakan tools ini, tak lain untuk memudahkan kerja-kerja para pelaku dunia pendidikan. Mulai dari guru, staf, dan juga para siswa, agar menciptakan sistem belajar mengajar yang lebih baik. 

Google sendiri telah mengumumkan bahwa mereka tetap mengganti nama layanan G Suite for Education menjadi Google Workspace for Education. 

Penggantian ini menyusul perubahan layanan G Suite menjadi Google Workspace sejak bulan Oktober 2020. Maka dari itu, perubahan ini juga berlaku pada sejumlah layanan yang sebelumnya berada di bawah naungan G Suite for Education. 

Layanan Google Workspace for Education 

Untuk menyukseskan kegiatan pembelajaran, Google menyematkan banyak fitur pada Workspace for Education. Berikut ini adalah deretan fitur-fitur yang ada di Google Workspace for Education:

1. Google Classroom

Layanan paling fundamental, atau yang paling dasar dari Google Workspace for Education adalah Google Classroom. Perangkat ini adalah sebuah alat yang dapat digunakan para guru dan murid untuk mengatur kegiatan kelas. Mulai dari membuat kelas, mengirimkan tugas, dan juga tanya jawab. Dan yang paling penting dari semuanya adalah, semuanya dapat dilakukan pada satu tempat, instant, cepat, dan tanpa menggunakan selembar kertas.

2. Gmail

Dengan menggunakan tools pendidikan Google, Anda juga akan mendapatkan fasilitas email dari Google, dengan kapasitas penyimpanan mulai dari 100 GB untuk sekolah. Tak hanya kapasitas penyimpanan super besar, pengguna juga mendapatkan perlindungan data yang keamanannya dapat diandalkan. 

Dan satu hal yang paling menarik adalah, nama email Anda akan sesuai dengan nama lembaga pendidikan Anda. Kalau menggunakan Gmail yang versi gratis, format alamat emailnya adalah namakamu@gmail.com, dengan menggunakan Google Workspace, formatnya akan lain. Format nama email Anda nantinya berubah menjadi namakamu@sekolahanda.com. Terlihat sangat profesional dan meyakinkan, bukan?

3. Google Drive

Tak hanya Classroom dan Gmail, Google juga memberikan layanan penyimpanan awan Google Drive untuk pengguna Workspace for Education. Dengan Google Drive, pengguna dapat memiliki tempat penyimpanan data untuk seluruh kebutuhan pendidikan Anda. Maka, laptop dan komputer Anda tidak akan kehabisan memori karena banyaknya data yang harus dimuat. Dengan Google Drive, semua data Anda akan disimpan pada penyimpanan milik Google. Dan keamanannya pun terjaga dan terjamin oleh Google.

4. Kalender

Dalam Google Workspace for Education, ada Kalender yang disediakan bukan hanya untuk menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun. Ada banyak sekali kemudahan yang dapat digunakan untuk menunjang pendidikan Anda. Mulai dari mengatur jadwal meeting Anda, juga dapat mengundang peserta meeting. Dengan demikian, semua pihak yang diundang akan menerima email undangan, sehingga Anda tidak perlu lagi menghubungi satu per satu. 

5. Meet 

Sejak pandemi, siapa yang tidak kenal dengan Google Meet. Nyaris semua orang kini banyak yang familiar dengan aplikasi yang satu ini. Google Meet adalah fasilitas dari Google Workspace for Education yang dapat digunakan untuk banyak kebutuhan. Mulai dari melakukan chat, video call atau video call secara grup. Sehingga, ketika misalnya Anda sebagai guru sedang berada di luar kota dan perlu mengadakan meeting cukup menggunakan Google Meet, maka meeting sudah bisa dilakukan. 

4. Google Office (Docs, Spreadsheet, Slide)

Yang membedakan Google Office dengan produk yang selama ini Anda gunakan adalah, Google Office dapat dilakukan untuk kerja-kerja kolaborasi. Maksudnya, misalnya ada tugas sekolah yang dilakukan secara berkelompok maka cukup dibuat satu file baru, lalu undang semua anggota kelompok maka secara bersamaan. Jadi, semua anggota kelompok dapat langsung mengerjakan tugas tersebut. 

7. Google Site 

Google Site merupakan salah satu fasilitas dari Google Workspace for Education, yang dapat digunakan untuk membuat website sekolah Anda. Anda bisa mengatur segala hal yang ada di dalamnya. Mulai dari isi konten, menu, dan desainnya, sesuai dengan keinginan Anda. 

Manfaat Google Workspace for Education

1. Kolaborasi Data 

Manfaat dari tools pendidikan Google yang paling utama, tentu saja adalah kolaborasi. Dengan menonjolkan kolaborasi, Anda bisa dengan mudah ketika membuat, mengubah, dan berbagi data secara real time. Semua orang dapat membuka satu laman yang sama. Dan jika nantinya terjadi perubahan, maka perubahanya secara otomatis di cloud. Dan setiap perubahan yang terjadi dapat di-track historinya.

2. Mobile Friendly

Segala fitur yang ada di layanan pendidikan Google dapat digunakan di perangkat apa saja. Ya, Anda bisa membukanya dari laptop, tablet, sampai dengan smartphone dengan mudah. Karena layanan ini telah disetting mobile friendly. 

3. Tersedia Berbagai Macam Pilihan Paket 

Terdapat tiga paket berlangganan. Mula dari yang gratis dalam Google Workspace for Education Fundamentals, sampai paket Edication Standard dan Education Plus untuk yang berbayar. 


Posting Komentar untuk " MENGENAL WORKSPACE FOR EDUCATION BESERTA MANFAATNYA."