Penjelasan Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan Manusia

  Persatuan dan kesatuan berasal dari kata dasar "Satu" yang berarti utuh dan tidak terpecah belah. Persatuan setara dengan makna perserikatan, ikatan atau gabungan beberapa bagian yang sudah bersatu.persatuan juga mengandung arti sebagai bersatunya macam macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Dengan demikian,persatuan juga mengandung makna terikatnya beberapa bagian menjadi satu kesatuan,sedangkan kesatuan berarti suatu keadaan yang identik dengan satu keutuhan.persatuan dan kesatuan juga identik dengan senjata yang paling ampuh bagi bangsa Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan. Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan NKRI (negara kesatuan republik Indonesia) juga diawali dengan kesadaran nasional terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.


  Dalam hal ini,sejarah pun telah mencatat bahwa perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan pada intinya merupakan hasil kerjasama rakyat tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, agama, adat istiadat,dan bahasa daerah yang berjuang mengusir penjajah dari tanah air tercinta.namun di atas semua itu bangsa Indonesia meyakini bahwa kemerdekaan yang diraih atas berkat rahmat Tuhan yang maha kuasa dalam mewujudkan kerjasama rakyat dalam mengusir penjajah dan meraih kemerdekaan bangsa sebagai bukti nyata kemampuan bangsa Indonesia mengatasi perbedaan-perbedaan yang ada.adanya persamaan senasib sepenanggungan sebagai bangsa terjajah oleh bangsa lain,sehingga mendorong rakyat di berbagai daerah untuk bekerja sama melakukan perlawanan terhadap bangsa penjajah.

  Oleh karena itu semangat kerja sama para pejuang bangsa tersebut dapat menjadi pendorong bagi setiap warga negara dalam mengisi kemerdekaan dengan melakukan kerjasama di berbagai bidang kehidupan demi melaksanakannya pembangunan nasional. dalam mengisi kemerdekaan dengan melakukan kerjasama di berbagai bidang kehidupan demi terlaksanakannya pembangunan nasional.pembangunan nasional adalah usaha secara sadar untuk mewujudkan suatu masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945. Melalui upaya pembangunan nasional tersebut, akan mengarah pada tujuan nasional bangsa Indonesia,di mana tujuan yang hendak dicapai tersebut tercantum dalam pembukaan undang-undang 1945 alinea ke-4. Yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa,dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,dengan tercapainya tujuan nasional tersebut masyarakat bahwa setiap warga negara wajib melakukan kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan guna mensukseskan pembangunan nasional.

Adapun berbagai macam kerja sama dalam berbagaikehidupan, antara lain:
1. Kerja sama dalam bidang sosial politik
2. Kerja sama dalam bidang kehidupan ekonomi
3. Kerja sama dalam bidang kehidupan pertahanan dan keamanan negara
4. Kerja sama antar umat beragama

  Mungkin hanya itu yang bisa admin bagikan kepada sobat semua tentang kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kalian sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Penjelasan Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel