pengertian Kerjasama dalam bidang kehidupan sosial politik Daunpendidikan.com

Gotong royong identik dengan ciri khas dan budaya masyarakat Indonesia yang didorong dengan adanya kesadaran bahwa manusia memerlukan bantuan orang lain dalam kehidupan dan manusia dapat hidup secara wajar apabila bersama-sama dengan manusia lainnya. Sejak dahulu dalam kehidupan sosialnya, kita sudah terbiasa hidup dalam suasana gotong royong.bangsa Indonesia akan tetap memelihara dan mengembangkan kehidupan demokrasi dan kesemuanya berpangkal tolak pada pelaksanaan kehidupan sosial politik bangsa Indonesia, yaitu gotong royong yang bercermindalam proses pengambilan keputusan di lembaga-lembaga negara dan organisasi kemasyarakatan dengan cara musyawarah untuk mufakat. Selain itu,memiliki landasan kehidupan sosial politik masyarakat indonesia adalah sila keempat dari Pancasila yang berbunyi, "kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan". Oleh sebab itu, setiap orang yang bermusyawarah, guna mencari kesepakatan untuk mengatasi permasalahan, sehingga muncullah mufakat sebagai hasil musyawarah.hal ini berhasil apabila semua yang berkepentingan mengembangkan sikap saling menghormati dan tidak memaksakan kehendak kepada siapapun. Sehingga,keputusan yang dihasilkan sebagai keputusan bersama agar semua pihak ikut bertanggung jawab melaksanakan keputusan tersebut. Sila ke-4 Pancasila pada prinsipnya menegaskan bahwa bangsa Indonesia akan terus memelihara dan mengembangkan semangat bermusyawarah dalam perwakilan.

Gambar: Musayawarah dengan warga
  Refleksi dari kata "hikmat kebijaksanaan" merujuk pada pembukaan undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945.yang berarti bahwa suasana negara kesatuan republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat hendaknya didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan dan keadilan. Adapun kata "permusyawaratan" sebagai suatu tata cara khas kepribadian Indonesia dalam merumuskan dan memutuskan suatu hal berdasarkan kehendak rakyat,sehingga tercapai lah keputusan yang berdasarkan kebulatan pendapat (mufakat).Permusyawaratan juga memancarkan kehendak untuk menghadirkan negara persatuanyang dapat mengatasi paham persoalan dan golongan,sebagai pantulan dari semangat kekeluargaan dari pluralitas kebangsaanIndonesia dengan mengakui adanya persamaan dalam perbedaan. Adapun kata "perwakilan"identik dengan suatu sistem dalam arti tata cara mengusahakan turut sertanya rakyat dalam mengambil bagian kehidupan bernegara yang dilakukan dengan melalui badan-badan perwakilan.dengan demikian bangsa Indonesia akan tetap memelihara serta mengembangkan kearifan dan kebijaksanaan dalam permusyawarah. Jadi perilaku politik juga harus didasari nilai hikmat, kebijaksanaan, permusyawaratan,dan perwakilan yang kesemuanya identik dengan bagian dari gotong royong.

Kerjasama di bidang politik Adalah kerjasama yang dilakukan untuk memajukan ketertiban baik di kawasan regional maupun internasional.tujuan pokok kerjasama di bidang politik luar negeri Indonesia yaitu mempertahankan kemerdekaan, mewujudkan kehidupan yang adil dan makmur, serta menjaga perdamaian dunia. Adapun tujuan pokok kerjasama politik luar negeri itu merupakan pencerminan dari tujuan nasional Indonesia yang tercantum dalam pembukaan undang-undang 1945, yang berbunyi sebagai berikut:

a. Mempertahankan kemerdekaan,melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
b. Memajukan kesejahteraan umum
c. Mencerdaskan kehidupan bangsa
d. Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial

untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut berbagai upaya melalui kerjasama politik antar negara telah dilakukan, di antaranya pemulihan citra Indonesia di mata masyarakat internasional,melakukan perjanjian dan kesepakatan dengan negara lain dalam rangka memelihara kedaulatan dan keutuhan bangsa, serta penyelesaian sengketa secara damai melalui jalur diplomasi. Selain itu melalui kerjasama di bidang politik, Indonesia juga berupaya memberikan perlindungan terhadap warganya yang berada di luar negeri.

2. Kerjasama dalam bidang kehidupan ekonomi.
3. Kerjasama dalam bidang kehidupan pertahanan dan keamanan negara.
4. Kerjasama antar umat beragama.

Mungkin hanya itu yang bisa admin bagikan dan admin jelaskan kepada sobat semua semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan kalian tentang kerjasama dalam bidang kehidupan sosial politik. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "pengertian Kerjasama dalam bidang kehidupan sosial politik Daunpendidikan.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel