Kerjasama dalam bidang kehidupan ekonomi Daunpendidikan.com

Dalam kegiatan usaha ekonomi juga menggunakan prinsip kerjasama serta saling membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil dan bijak. Oleh sebab, dalam kehidupan ekonomi,kerjasama digambarkan pada pasal undang-undang 1945 yang berbunyi sebagai berikut:

a. Pasal 23 A
Kerjasama dalam bidang kehidupan ekonomi Daunpendidikan.com
  Pada pasal tersebut menyatakan bahwa "pajak dan pemungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang".pajak tersebut digunakan oleh negara untuk membiayai pembangunan nasional dan kembali kepada kesejahteraan kemakmuran rakyat tersebut, sehingga pada setiap manusia wajib membayar pajak secara bergotong-royong membiayai pembangunan nasional melalui pajak yang dibayarkan nya.

b. Pasal 33 ayat 1
  Pada pasal tersebut menyatakan bahwa "Perekonomian disusun sebagai usaha bersama dan berdasarkan asas kekeluargaan". Dalam hal tersebut, Drs. Muhammad Hatta berpendapat bahwa pasal 33 ayat 1 undang-undang dasar 1945 identik dengan soko guru sistem perekonomian di Indonesia.salah satu wujud kehidupan ekonomi kerjasama dalam bentuk badan usaha yang sesuai dengan pasal 33 ayat 1 yaitu koperasi. Koperasi sangatlah baik jika dikembangkan dengan sungguh-sungguh, jujur dan baik,sebagai wahana yang ampuh untuk mencapai suatu masyarakat yang adil dan makmur.

  Beberapa keunggulan koperasi dibandingkan dengan badan usaha lain adalah sebagai berikut:
1. Persatuan
  Dalam koperasi setiap orang dapat diterima menjadi anggota tanpa harus membedakan agama, ras, suku bangsa serta jenis kelamin.

2. Demokrasi ekonomi

Kerjasama dalam bidang kehidupan ekonomi Daunpendidikan.com  Imbalan jasa yang disesuaikan dengan jasa masing-masing anggota berdasarkan keuntungan yang diperoleh.

3. Dasar persamaan
  Pada setiap anggota dalam koperasi harus memiliki hak suatu yang sama.

4. Demokrasi kooperatif
  Koperasi dibentuk oleh para anggota, dan dijalankan oleh anggota yang hasilnya untuk kepentingan anggota tersebut.

5. Pendidikan
  Koperasi mendidik anggotanya untuk kehidupan sederhana, tidak boros suka menabung. Adapun salah satu asas koperasi yang paling di dominan adalah gotong royong dan kekeluargaan yaitu sebagai berikut:

1. Gotong royong
  Dalam gotong royong membangun perekonomian nasional tersebut bisa mengangkat kekeluargaan, kerjasama antar anggota, dan tanggung jawab bersama untuk memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat

2. Kekeluargaan
  Kekeluargaan mencerminkan kesadaran akan pada jiwa manusia untuk melaksanakan kegiatan koperasi oleh, untuk, dari semua anggota di bawah kepengurusan koperasi.sikap kekeluargaan dalam masyarakat Indonesia bukan hanya didasarkan oleh ikatan darah, namun mendarah daging sejak dulu kala. Contohnya, nilai kekeluargaan pada semboyan silih asah, asih dan asuh dalam masyarakat Jawa barat maupun nilai kekeluargaan pada masyarakat Manado yang dinamakan torang samua basudara.adanya nilai-nilai tersebut menimbulkan keakraban dan rasa dekat seperti layaknya kekeluargaan dalam masyarakat.

Nah mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan kepada para pelajar semua tentang kerjasama dalam bidang kehidupan ekonomi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kalian semua. Jangan lupa ikuti terus artikel berikutnya.

0 Response to "Kerjasama dalam bidang kehidupan ekonomi Daunpendidikan.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel