Inilah Arti penting memahami keberagaman dalam bingkai bhinneka tunggal Ika terlengkap menurut Daunpendidikan.com

Keberagaman masyarakat Indonesia Mempunyai dampak positif dan negatif bagi bangsa dan negara,  masyarakat, maupun diri sendiri. Dampak positif dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif nya dapat mengakibatkan ketidak harmonisan, bahkan bisa menghancurkan bangsa dan negara. oleh sebab itu kita perlu memahami keberagaman dalam masyarakat Indonesia yang ditunjukkan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan pada negara kesatuan republik Indonesia tercinta ini. Tanpa kita sadari keberagaman yang kita miliki, bangsa Indonesia dapat terjerumus ke jurang perpecahan. Oleh sebab itu,tanpa adanya kesadaran sikap dan perilaku dalam mewujudkan bhineka tunggal Ika pasti akan menjadi perpecahan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena setiap orang hanya akan mementingkan diri atau daerahnya sendiri daripada kepentingan bangsa dan negara. Dengan demikian,kita harapkan untuk sadar akan keberagaman guna mempersatukan bangsa.

Inilah Arti penting memahami keberagaman dalam bingkai bhinneka tunggal Ika terlengkap
Gambar : Negara kesatuan Reublik Indonesia
Adapun aspek-aspek yang menyebabkan keberagaman dalam bhinneka tunggal Ika antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Aspek kewilayahan

Undang-undang nomor 6 tahun 1996 tentang perairan Indonesia,menyatakan bahwa negara kepulauan adalah negara yang seluruhnya terdiri dari satu atau lebih kepulauan dan dapat mencakup pulau-pulau lain. Dalam konsep wawasan nusantara, laut bukanlah sebagai unsur pemisah, melainkan menjadi unsur pemersatu.risiko wilayah negara Indonesia sebagai negara kepulauan, yang dapat memicu terjadinya perpecahan bangsa (disintegrasi).sejarah membuktikan bahwa Indonesia pernah menghadapi persoalan adanya daerah yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

2. Aspek sosial budaya

kondisi sosial budaya menjadikan kehidupan bangsa Indonesia menyimpan berbagai potensi terjadinya konflik, karena masyarakat Indonesia diwarnai dengan berbagai macam perbedaan. Oleh sebab itu,dalam kehidupan bangsa Indonesia sering terjadi konflik yang dilatarbelakangi oleh perbedaan perbedaan tersebut. Keberagaman bukan merupakan unsur unsur pemecahan melainkan yang menciptakan kesatuan bangsa. Ketentuan dalam upaya untuk mempersatukan perbedaan adat istiadat, suku,  ras, dan agama untuk menjadi satu, yaitu bangsa Indonesia. Tuhan menciptakan manusia dengan berbeda-beda bukan untuk saling bermusuhan, melainkan untuk saling mengenal dan bersaudara. Sebab bagi bangsa Indonesia keberagaman suku bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga. Meskipun berbeda-beda suku bangsa, adat istiadat, ras danagama kita tetap bersatu dalam perjuangan mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Inilah Arti penting memahami keberagaman dalam bingkai bhinneka tunggal Ika terlengkap
Gambar : Kitab Kakawin Sutasoma
Hal tersebut sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia, yaitu bineka tunggal Ika.kalimat ini dapat ditemukan dalam kitab Sutasoma yang ditulis oleh mpu Tantular pada abad XIV di masa kerajaan Majapahit, yang bersemboyan: "Rwaneka dhatu winuwus Buddha wisma, bhinneka ring apan kena parwanosen, Mangkang jinatwa Kalawan Siwatatwa tunggal. Bhinneka tunggal Ika Tan Hana dharma mangrwa". Yang artinya (bahwa agama Budha dan Siwa (Hindu) merupakan zat yang berbeda, namun nilai-nilai kebenaran jiwa (Buddha) dan Siwa adalah tunggal. Terpecah belah, tetapi satu jua. Yang berarti tak ada dharma yang mendua). Ungkapan dalam bahasa Jawa kuno tersebut, secara harfiah mengandung arti beragam satu itu.semboyan ini juga terdapat di kaki burung garuda pancasila yang mencengkram sebuah pita yang bertuliskan bhinneka tunggal Ika.

Baca juga :  Tips Mudah Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria

Dengan demikian,bhinneka tunggal Ika merupakan semboyan negara Indonesia sebagai dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia,di mana kita harus menerapkan nya dalam kehidupan sehari-hari seperti hidup saling menghargai antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya tanpa memandang warna kulit, suku bangsa, bahasa, agama, adat istiadat, dan lain sebagainya. Hal ini karena pada dasarnya, bhinneka tunggal Ika mengandung makna, meskipun bangsa Indonesia terdiri atas beraneka ragam suku bangsa, adat istiadat, ras dan agama namun keseluruhannya itu merupakan satu kesatuan yaitu bangsa dan negara Indonesia.

Mungkn hanya itu yang bisa admin jelaskan kepada kalian semua. jika ada keterangan yang lebih lengkap kalian bisa menuliskan nya pada kolom komentar yang sudah di sediakan. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua jangan lupa ikuti terus artikel menarik lain nya tentang Pengertian Hambatan Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

0 Response to "Inilah Arti penting memahami keberagaman dalam bingkai bhinneka tunggal Ika terlengkap menurut Daunpendidikan.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel