Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia dan penjelasannya

Keberagaman merupakan anugerah yang patut disyukuri karena tidak mudah mengelola keberagaman di Indonesia. Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Selain itu, sikap masyarakat terhadap sesuatu yang baru,baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Terdapat masyarakat yang mudah menerima orang asing atau budaya lain, seperti masyarakat perkotaan. Namun ada juga sebagian masyarakat tetap bertahan pada budayanya sendiri. Oleh sebab itu perbedaan tersebut mencakup dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya, dan ekonomi. Menghormati keberagaman adalah sikap terpuji sebagaimana Tuhan menciptakan makhlukNya yang beraneka ragam.

Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia dan penjelasannya

Secara umum, keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut:

1. Kondisi negara kepulauan
  Secara fisik,Indonesia terdiri atas beribu-ribu pulau yang dipisahkan oleh laut,sehingga kondisi ini menjadi hambatan terhadap hubungan antar masyarakat dari pulau yang berbeda-beda. Dampaknya berupa perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya, serta peranan warga masyarakat.hal tersebut karena pada dasarnya setiap masyarakat di kepulauan yang berbeda mengembangkan budaya mereka masing-masing sesuai dengan tingkat kemajuan dan lingkungan masing-masing.

2. Posisi strategis wilayah Indonesia
  Luas wilayah negara berpengaruh terhadap banyaknya keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia. Apalagi dengan posisi strategis di Indonesia yang diapit oleh samudra Pasifik dan samudra Indonesia. Serta berada diantara benua Asia dan Australia.hal tersebut mengakibatkan wilayah Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional.hal ini berdampak pada lalu lintas perdagangan tidak hanya membawa komoditas dagang tetapi juga pengaruh kebudayaan mereka terhadap budaya Indonesia. Kedatangan bangsa asing yang perbedaan ras yang pada akhirnya menetap di Indonesia mengakibatkan kemajemukan ras, agama, dan bahasa.

3 kondisi transportasi dan komunikasi antar wilayah.
  Sarana yang serba terbatas menjadi penyebab munculnya keberagaman masyarakat Indonesia. Oleh karena itu,kemajuan sarana transportasi dan komunikasi sangat mempengaruhi tingkat perbedaan tersebut.dengan adanya kemudahan sarana transportasi dan komunikasi dapat membawa masyarakat mudah berhubungan dengan masyarakat lain, meskipun jarak sangat jauh dan kondisi alam yang buruk sekalipun.

4. Perbedaan kondisi alam setiap daerah
  Perbedaan kondisi alam seperti daerah subur, daerah pantai atau laut, padang rumput, pegunungan, dataran rendah dan rawa-rawa juga mengakibatkan perbedaan masyarakat. Contohnya,masyarakat di daerah pesisir laut berbeda dengan masyarakat dataran tinggi. Seperti pada perbedaan mata pencaharian, pakaian, bentuk rumah, makanan pokok, kesenian, bahkan kepercayaan.hal ini akan berbeda dengan masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan akan lebih banyak menggantungkan kehidupan dari pertanian, sehingga berkembang kehidupan masyarakat petani. Sementara itu,daerah pantai akan mempengaruhi masyarakat untuk memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dan berkembang kehidupan masyarakat nelayan.

5. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan
  Sikap masyarakat terhadap sesuatu yang baru baik datang dari dalam maupun luar masyarakat membawa pengaruh yang besar. Pengaruh tersebut berdampak pada perbedaan masyarakat Indonesia. Ada masyarakat yang mampu dengan mudah menerima orang asing dan budaya lain. Ada juga masyarakat yang tetap bertahan pada budayanya sendiri. Tidak mau menerima budaya luar.

Mungkin hanya itu yang bisa admin bagikan kepada kalian semua tentang faktor-faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kalian. Ikuti terus artikel daunpendidikan.com sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia dan penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel