Mengenal instalasi listrik rumah tangga

  Instalasi atau perakitan listrik yaitu jaringan perlengkapan yang membangkitkan, memakai, mengubah, mengatur, mengalihkan, mengumpulkan atau membagikan tenaga listrik.untuk model bangunan instalasi listrik dibuat agar mencegah kebakaran yang disebabkan listrik lebih banyak didominasi masalah kesalahan dalam instalasi listrik. Maka.Langkah untuk mengantisipasi adanya memaksa penggunaan listrik untuk tidak menyalahgunakan instalasi listrik yang telah terpasang. Contohnya seperti instalasi listrik yaitu instalasi listrik penerangan dan tenaga pada rumah tinggal.instalasi listrik arus searah atau direct current (DC), instalasi pada pabrik (industri) rumah tangga tertentu, kapal laut dan lain sebagainya.

Rangkaian listrik rumah tangga
  Rangkaian listrik adalah suatu kesatuan antara beberapa komponen elektronika yang bersumber tenaga dan dihubungkan secara terbuka, agar arus listrik yang berasal dari sumber bisa mengalir. Rangkaian listrik terdiri atas sambungan dari bermacam-macam elemen listrik pasif, contohnya seperti resistor, kapasitor, transformator, induktor, sumber tenaga, sumber arus dan saklar (switch).pemasangan atau pembangunan rancangan harus memperhatikan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah reaktansi induktif (induktansi) reaktansi kapasitif, permitivitas dan resistivitas. Jika faktor-faktor tersebut sudah lengkap rangkaian yang tepat akan tersusun. Baca juga: Macam-macam Bentuk Muka Bumi Dan Dilihat Berdasarkan Felief
  • Rangkaian paralel
Gambar: Rangkaian Paralel
  Rangkaian paralel adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara berderet deret (pararel), contohnya yaitu lampu yang terpasang dirumah anda. Dalam satu saklar bisa menghidupkan 2/3 lampu sekaligus.rangkaian listrik paralel adalah suatu rangkaian listrik yang semua input komponen berasal dari sumber yang sama. Semua komponen satu sama lain tersusun paralel. Hal inilah yang sering menyebabkan susunan paralel dalam rangkaian listrik mengakibatkan banyak pengeluaran biaya yang lebih.selain kelemahan tersebut susunan paralel memiliki kelebihan tertentu jika dibandingkan susunan seri.adapun kelebihan adalah jika salah satu komponen dicabut atau rusak komponen yang lain tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut ini sifat-sifat rangkaian paralel. Baca Juga: BeberapaTeori Produksi Pesan Menurut Para Ahli
  1. Tegangan pada tiap-tiap beban listrik sama dengan tegangan sumber.
  2. Tiap tiap cabang dalam rangkaian paralel adalah rangkaian individu.arus tiap tiap cabang adalah tergantung besar tahanan cabang.
  3. Sebagian besar tahanan dirangkai dalam rangkaian paralel, tahanan total rangkaian mengecil karena itu arus total lebih besar.
  4. Jika terjadi salah satu cabang tahanan paralel berputus arus yang terputus hanya dirangkai tahanan tersebut.rangkaian cabang yang lain tetap bekerja tanpa mengganggu rangkaian cabang yang terputus tersebut.
  • Rangkaian seri
Gambar: Rangkaian Seri

  Rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang disusun secara sejajar yang di mana susunan antar komponen komponen dipasang secara berurutan.penerapan rangkaian seri sering digunakan untuk bangunan bangunan atau gedung gedung besar contohnya seperti perkantoran, kampus, dan hotel.rangkaian ini sering digunakan karena memiliki cara pengaktifan yang lebih praktis dengan hanya membutuhkan satu switch untuk mengaktifkan keseluruhan. Baca Juga: Pengertian Etika Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Keunggulan rangkaian seri
Keunggulan dari rangkaian seri yaitu sebagai berikut:
  1. Penggunaan bisa diatur secara manual ataupun otomatis sehingga Anda mudah untuk memantau dan praktis juga digunakan.
  2. Memiliki rancangan yang lebih simple sehingga akan lebih mudah untuk dibuat.
  3. Tidak membutuhkan banyak komponen karena pemasangan secara sejajar sehingga tidak dibutuhkan mode tertentu sebagai jembatan percabangan arus.
  4. Struktur dari rangkaian mudah dipahami sehingga untuk Anda bisa memasang sendiri atau kerusakan yang terjadi dapat dengan mudah anda temukan.
  5. Desain sederhana sehingga tidak akan membutuhkan biaya yang lebih banyak.
Kelemahan rangkaian seri
Kelemahan dari rangkaian seri yaitu sebagai berikut:
  1. Sumber tegangan dalam keadaan prima untuk mengurangi resiko adanya loss.
  2. Jika terjadi masalah pada suatu komponen akan sangat berpengaruh pada komponen-komponen lainnya.
  3. Diperlukan sebuah kejelian dari teknisi untuk menginstalasi supaya bisa melakukan instalasi dengan tepat.

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan tentang........jika ada yang kurang paham atau sulit dimengerti Anda bisa tinggalkan coret-coretan kolom komentar paling bawah. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

1 Komentar untuk "Mengenal instalasi listrik rumah tangga"

  1. apa benar itu gambar rangkaian paralel seperti itu? kalau saya nalar sih saklar yang terpasang itu tidak berguna. Baik on/off sama saja, kedua lampu pasti tetap menyala.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel