Pengertian Hambatan Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli - Daunpendidikan.com

Pengertian hambatan komunikasi menurut para ahli adalah definisi tentang hambatan komunikasi yang dikemukakan oleh orang-orang yang sudah ahli, komunikasi adalah proses di mana satu individu atau lebih menyampaikan pesan, baik menggunakan lambang bahasa, gambar, gaya, atau isyarat. Hambatan komunikasi inilah yang nantinya akan dijelaskan dengan lebih terperinci.
 
Pengertian Hambatan Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli - Daunpendidikan.com
Hambatan Komunikasi


Pengertian Hambatan Komunikasi Secara Umum
Adalah tidak efektifnya kegiatan atau proses komunikasi yang dilakukan dimana pesan atau informasi tidak tersampaikan sesuai dengan apa yang diinginkan komunikator, ada 3 hal pokok yang menjadi hambatan utama komunikasi diantaranya adalah komunikan, komunikator, dan isi pesan.

Pengertian hambatan komunikasi menurut para ahli 
Hambatan komunikasi menurut para ahli sendiri beragam, salah satunya adalah Steiner yang mengemukakan bahwa hambatan komunikasi terjadi karena adanya perbedaan latar belakang, faktor bahasa, sikap, dan lingkungan. Komunikator harusnya bertanggung jawab menyesuaikan isi pesan terhadap kondisi penerima agar pesan dapat tersampaikan.

Selain Steiner, ada Gode yang menyatakan pendapatnya tentang definisi hambatan komunikasi. Ia mengatakan bahwa hambatan komunikasi disebabkan oleh konteks situasional saat komunikasi berlangsung. Dimana hambatan komunikasi ada pada tiga komponen yakni sosiologis, psikologis dan antropologis komunikan. Sehingga komunikator harus memerhatikan ketiga komponen tersebut.

Hambatan komunikasi antar budaya terjadi dikarenakan bermacam-macam alasan, deskripsi hambatan komunikasi antar budaya pada dasarnya adalah masalah komunikasi yang terjadi dalam situasi antar budaya. Beberapa hal yang menjadi hambatan komunikasi antarbudaya adalah tidak ada rasa percaya, keanekaragaman, Etnosentrisme dan penarikan diri dari komunikasi.

Hambatan komunikasi bisnis pada dasarnya dibagi menjadi 3 komponen utama yakni hambatan teknis yang ditimbulkan oleh lingkungan, hambatan Semantik yaitu hambatan yang terjadi dalam proses penyampaian inormasi atau pengertian, dan hambatan manusiawi yaitu hambatan yang terjadi karena masalah pribadi yang secara tidak langsung mempengaruhi komunikan dan komunikator.

Hambatan komunikasi dalam organisasi disebabkan oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah gangguan mekanik yakni hambatan yang disebabkan oleh kegaduhan atau saluran komunikasi fisik yang tidak optimal, gangguan sematik yang membuat pesan komunikasi rusak, kepentingan, motif terpendam, dan prasangka.

Hambatan komunikasi interpersonal adalah hambatan yang terjadi dalam komunikasi antar individu, hambatan ini terjadi karena perbedaan budaya atau kultur yang kemudian akan menimbulkan perbedaan persepsi. Pengalaman masing-masing individu yang berbeda juga memberikan penjelasan mengapa ada perbedaan pendapat dalam komunikasi.

Bagi kamu yang belajar di ilmu komunikasi tentunya akan mempelajari pengertian hambatan komunikasi karena komunikasi merupakan media utama manusia untuk bisa bersosialisasi dengan sesama sehingga setiap manusia harus paham betul arti dari hambatan komunikasi.

Hambatan komunikasi lintas budaya ada berbagai macam, salah satunya adalah entnosentrisme yaitu rasa kepercayaan yang sangat tinggi terhadap budayanya sendiri sehingga memandang budaya orang lain lebih rendah. Selain itu ada stereotipe, prasangka, dan rasialisme.

Hambatan komunikasi massa bisa disebabkan oleh hambatan psikologis (kepentingan, motivasi, prasangka, stereotip), Hambatan Sosiokultural (sosial dan budaya), hambatan mekanis, dan hambatan interaksi verbal.

Hambatan komunikasi terapeutik berlaku untuk hubungan komunikasi antara perawat atau dokter dengan pasiennya, komunikasi ini direncanakan secara sadar dengan tujuan kesembuhan pasien. Hambatan yang terjadi dalam komunikasi terapeutik adalah tranferens, kontertransferens dan resisten.

Hambatan komunikasi verbal diantaranya adalah evaluasi statis, polarisasi, orientasi intensional dan indiskriminasi. Contoh hambatan komunikasi verbal adalah gaya bahasa seseorang yang mengemukakan atau memberikan informasi dengan cara yang berbeda.

Fungsi hambatan komunikasi pada dasarnya adalah agar manusia bisa lebih memahami bagaimana caranya menyampaikan pesan dengan efektif agar bisa diterima dengan baik oleh komunikan. Bagaimana? Sekarang kamu sudah mengerti apa itu hambatan komunikasi bukan? Sekian ulasan mengenai pengertian hambatan komunikasi menurut para ahli. sampaijumpa pada arikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Hambatan Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli - Daunpendidikan.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel