Pengertian Etika Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli - Daunpendidikan.com


Pengertian Etika Komunikasi Secara Umum
Tata cara pergaulan atau etika ini dibentuk dengan tujuan agar kepentingan antara komunikator dengan komunikan sama-sama tercapai dan tidak ada yang merasa dirugikan, sementara komunikasi adalah kegiatan untuk menyampaikan dan menerima informasi baik dari satu orang maupun banyak orang. Lantas, apa itu etika komunikasi?

Secara umum, etika komunikasi adalah nilai, ukuran tingkah laku, dan norma dalam kegiatan komunikasi bermasyarakat. Pada intinya, dalam komunikasi seseorang harus memiliki perilaku yang baik terutama dalam penyampaian maksud dan informasi ke dalam pikiran orang lain.
Etika Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli
Etika Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Pengertian Etika Komunikasi Menurut Para Ahli
Pengertian etika komunikasi menurut para ahli cukup beragam, selain memberi penjelasan tentang etika komunikasi para ahli cenderung menjelaskan apa yang dimaksud dengan etika. Misalnya saja Drs. D.P. Simorangkir yang berpendapat bahwa etika adalah pandangan manusia menurut nilai dan ukuran yang baik dalam berperilaku.

Pengertian etika komunikasi bisnis tidak akan bisa dilepaskan dari kegiatan bisnis itu sendiri, etika komunikasi bisnis merupakan aturan komunikasi atau serangkaian prinsip dasar yang dilakukan dalam kegiatan bisnis. Dimana didalamnya mencakup cara berbisnis yang adil sesuai dengan hukum yang diberlakukan.

Pengertian etika komunikasi perlu untuk dipahami karena masing-masing pendapat biasanya menjelaskan tentang etika komunikasi yang lebih khusus. Meskipun demikian, pada intinya semua pengertian etika dalam komunikasi sama.

Pengertian etika komunikasi digital adalah serangkaian prinsip yang dibuat masyarakat dalam berkomunikasi melalui media digital. Media digital diantaranya adalah telepon, ponsel, televisi, radio, komputer dan lain sebagainya. Dimana media ini memungkinkan manusia untuk berkomunikasi secara tidak langsung.

Pengertian etika komunikasi interpersonal adalah etika komunikasi yang berlangsung antara individu atau dua orang lebih secara langsung dengan tatap muka. Selain itu, adapula yang menyebutkan bahwa etika komunikasi interpersonal adalah serangkaian prinsip komunikasi yang diatur oleh norma agar tidak terjadi kesalahpahaman antara penyampai dan penerima informasi.

Pengertian etika komunikasi kantor merupakan norma atau nilai dalam kegiatan komunikasi dalam lingkup perkantoran, etika dalam suatu komunikasi atau pembicaraan harus digunakan untuk menghormati dan menghargai lawan bicara. Komunikasi perkantoran bisa secara langsung (tatap muka) atau tidak langsung (via telepon/surat).

Contoh etika komunikasi perkantoran biasanya terjadi diantara atasan dengan bawahan atau sesama pekerja. Dala komunikasi atasan dengan bawahan akan ada etika memerintah dan diperintah sehingga hal ini benar-benar harus dipahami oleh para pekerja dan atasan.

Pengertian etika komunikasi massa sering disebut juga dengan istilah etika pers, etika komunikasi massa atau pers memiliki definisi bahwa dalam komunikasi pers harus dibubuhi dengan filsafat moral yang berkaitan dengan kewajiban-kewajiban tentang pers. Etika pers pada dasarnya adalah ilmu tentang peraturan yang mengatur kerja dan tingkah laku pers.

Pers yang mengikuti etika atau pers etis adalah pers yang menyajikan fakta dan informasi yang benar sehingga pembaca bisa menilai sendiri informasi tersebut. Informasi bohong atau palsu merupakan tanda bahwa pers tersebut tidak mengikuti kode etik yang berlaku. Karena pada dasarnya, fungsi etika komunikasi pers adalah mengatur pers agar tidak menyebarkan berita hoax yang merugikan.

Demikian tadi beberapa arti dari istilah etika komunikasi, semoga informasi terkait pengertian etika komunikasi menurut para ahli ini bermanfaat untuk kamu.

0 Response to "Pengertian Etika Komunikasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli - Daunpendidikan.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel