Meniran, Manfaat Tanaman Meniran Untuk mengobati Asam Urat

Meniran merupakan salah satu tanaman obat asam urat tradisional. Tumbuhan obat meniran merupakan tumbuhan liar yang mudah dijumpai. Meniran dapat tumbuh di pekarangan rumah atau tanah lapang. Jenis tumbuhan meniran dan manfaatnya untuk asam urat sudah dikenal oleh masyarakat. Banyak produk herbal anti asam urat mengandung meniran sebagai bahan dasar. Kandungan Meniran yang sangat baik membuatnya menjadi salah satu obat tradisional untuk mengatasi asam urat.

Tanaman Obat Asam Urat Untuk Keluarga
Tanaman Meniran

Tumbuhan obat meniran berasal dari Benua Asia yang beriklim tropis. Tumbuhan ini sudah digunakan sejak lebih dari 20 abad yang lalu untuk pengobatan tradisional Ayurveda di India. Di Indonesia, tumbuhan meniran digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamur.

Tanaman Meniran mengandung senyawa alami anatara lain phyllanthin, niranthin, nirurin, norsecurinine, phyllanthenol, quercitrin, asam garlic, asam askorbik, inokinin, dan isoqercetin. Daun dan akarnya mengandung senyawa flavonoid, minyak bijinya mengandung beberapa jenis asam seperti asam ricinoleat, asam linoleat, dan asam linolenat.
Baca Juga: Mengupas Tentang Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Tanaman Obat Asam Urat Untuk Keluarga

Meniran disebut sebagai salah satu tanaman herbal untuk asam urat karena meniran mengandung banyak senyawa flavonid, yaitu senyawa yang akan berikatan dengan kalsium dari batu ginjal dan akan membentuk senyawa kompleks khelat yang mudah larut. Sementara itu, ion Na dan K dalam tanaman meniran akan berikatan dengan asam urat membentuk senyawa garam yang mudah laurt dalam air. Oleh karenanya, kristal asam urat di dalam darah dan ginjal dapat perlahan larut dan kemudian dikeluarkan melalui air kencing.

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya adalah bahwa tumbuhan obat meniran ini jangan digunakan oleh wanita hamil karena dapat menggugurkan kandungan. Selain itu, juga tidak disarankan digunakan oleh penderita gangguan ginjal akut. Tumbuhan meniran ini berkhasiat untuk mengobati asam urat namun tidak disarankan digunakan dalam jangka waktu lama karena dapat menimbulkan disfungsi ereksi dan gagal ginjal.

Ramuan meniran sebagai tanaman obat asam urat sangat berkhasiat dan sudah terbukti hasilnya turun menurun sejak leluhur kita. Apabila anda mengalami asam urat, anda dapat meminum ramuan meniran dan semoga merasakan khasiatnya dan mengobati asam urat anda. Selain tumbuhan obat meniran, tanaman obat kumis kucing juga dapat membantu mengobati asam urat. Untuk membaca artikel tanaman obat kumis kucing dapat dibaca melalui artikel Aneka Tanaman Obat Dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

0 Response to "Meniran, Manfaat Tanaman Meniran Untuk mengobati Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel