Manfaat Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini Pada Anak-Anak kita


Menjaga kesehatan mata sejak dini penting dilakukan. Hal ini bertujuan guna menghindari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang mata. Menjaga kesehatan mata anak anak adalah bagian dari menyelamatkan masa depan anak-anak. Dengan mata yang sehat anak anak akan lebih mudah untuk melihat dan memperoleh banyak pengalaman untuk bekal hidupnya. Dengan mata yang sehat anak anak bisa mengembangkan daya kreatifnya serta imajinasinya. Mata yang sehat menjadi cerminan kesehatan anak anak.

Manfaat Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini Pada Anak-Anak
Manfaat Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini Pada Anak-Anak
Manfaat menjaga kesehatan mata sejak dini
  Menjaga kesehatan mata sejak dini penting di lakukan oleh para orang tua untuk kesehatan anak anaknya. Sebagai organ vital panca indra mata menyumbangkan informasi ke otak sebanyak 80 persen. Hal ini patut diketahui agar waspada dan menjaga kesehatan mata. Selama masa kanak-kanak hingga remaja bahwa bola mata yang memanjang adalah normal karena merupakan proses alamiah. Namun pemanjangan sumbu ini akan membuat media atfraktif sulit untuk fokus pada berkas cahaya sehingga objek akan berada di depan retina. Semakin banyak usianya maka kadar minus juga akan semakin tinggi. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan mata sejak anak anak.

Cara menjaga kesehatan mata pada anak anak
  Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata sejak dini. Sebagai organ pancaindra yang sangat vital mata membutuhkan perhatian yang lebih. Bagi anak anak peran orang tua tentunya sangat besar untuk mengontrol bagaimana kesehatan mata anak anak. Ada baiknya orang tua mulai membiasakan sejak dini ke anak anak untuk mengatur jarak membaca, menulis dan menonton televisi serta bermain komputer. Selain itu sebaiknya orang tua juga mengontrol waktu anak anak menonton televisi. Usahakan jangan terlalu lama dalam menonton televisi.

Selain itu untuk menjaga kesehatan mata sejak dini, anak anak sebaiknya dibiasakan untuk tidak menggosok mata sembarangan selain itu jangan biarkan anak anak menekan mata secara berlebihan. Hal ini tidak baik karena akan mengakibatkan mata menjadi silinder. Hindari kontak dengan debu dan polusi. Kenakanlah kacamata anti debu dan polusi ketika mengajak anak anak untuk berjalan jalan keluar ruangan yang berdebu.

Jangan lupa pula untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin a. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin a seperti wortel, tomat, alpukat, labu dan lainnya sangat baik untuk kesehatan mata anak anak. Hal ini perlu dibiasakan oleh orang tua agar anak anak terbiasa untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur pemasok vitamin a. Menjaga kesehatan mata sejak dini juga perlu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karatenoid. Hal ini penting untuk menghindari penyakit katarak yang menyerang mata. Sumber makanan yang mengandung karatenoid salah satunya adalah dengan mengkonsumsi minyak ikan, buah dan sayuran yang berwarna merah.

Cara menjaga kesehatan mata sejak dini bisa dilakukan dengan cara melakukan olahraga mata. Ajaklah anak anda untuk melakukan olah raga mata secara rutin. Caranya adalah dengan memutar bola mata dengan hitungan dua kali dalam delapan hitungan secara berlawanan arah. Cara ini terbukti mampu menyegarkan mata yang lelah. Tak hanya itu hal ini juga bisa menjadi olah raga yang menyenangkan bagi anak-anak. Menjaga kesehatan mata sejak dini tentunya bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan bersama buah hati anda

0 Response to "Manfaat Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini Pada Anak-Anak kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel