Inilah Pengertian dan Fungsi Modem Secara Umum Terlengkap


Pengertian dan Fungsi Modem - Perkembangan teknologi dewasa ini khususnya internet berkembang sangat pesat. Hal ini diiringi juga dengan semakin berkembangnya Teknologi Informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Dan salah satu cara untuk mengakses internet dengan menggunakan sebuah modem, saya yakin Anda penrnah mendengar istilah modem atau bahkan mempunya modem.

Lalu, apakah Anda mengetahui fungsi modem itu sendiri?

Tapi saya rasa sih anda sudah tahu, jadi kalua sudah tahu tidak usah dibaca yah, tapi kalau mau liat-liat juga tidak masalah sih… hehehe

Terkhusus buat anda atau adik-adik pelajar yang belum mengetahui pengertian modem atau fungsi modem, melalui ulasan singkat tentang modem ini setidaknya akan membantu Anda mengetahui apa itu modem dan apa fungsinya.
 
Pengertian dan Fungsi Modem

Pengertian dan Fungsi Modem
Sebenarnya secara garis besar, modem adalah alat pendukung komputer yang berfungsi menghubungkan komputer dengan internet. Jadi intinya, modem adalah alat penting apabila Anda ingin berselancar di dunia internet.

Selebihnya, akan di jelaskan pengertian modem, fungsi modem secara umum dan secara khusus di bawah ini:

Pengertian Modem
Pengertian Modem adalah alat yang memiliki fungsi untuk menghubungkan suatu komputer dengan internet. Modem adalah singkatan dari modulator & demodulator. Kedua istilah tersebut memiliki pengertian serta fungsi yang berbeda.

Modulator itu sendiri berfungsi untuk mengantarkan sinyal informasi menuju sinyal pembawa kemudian dikirim ke user atau pengguna. Proses tersebut adalah modulasi, merupakan proses peralihan sinyal digital berubah menjadi signal analog.

Sedangkan demodulator itu sendiri berfungsi untuk menerima data dalam bentuk sinyal yang dikirim. Maka proses ini disebut peralihan sinyal yang awalnya sinyal analog menjadi sebuah sinyal digital.
Berubahnya sinyal analog menjadi sinyal digital bertujuan agar bisa terbaca oleh perangkat komputer.

Fungsi Modem Secara Umum
Fungsi modem adalah mengubah komunikasi dua arah yang tadinya dari sinyal digital ke sinyal analog ataupun sebaliknya. Sinyal digital dikirimkan dari komputer kemudian berubah menjadi sinyal analog.

Perubahan sinyal tersebut dilakukan oleh modem. Kemudian, sinyal analog dikirim serta ditransmisi menggunakan kabel telepon untuk menghubungkan ke komputer lain dan lain sebaliknya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, fungsi modem juga ikut bertambah. Modem saat ini juga dapat digunakan sebagai saluran radio, percakapan melalui telepon, percakapan audio, SMS, dan banyak lagi yang lain.

Fungsi Modem Secara Khusus
Fungsi Modem Secara Khusus adalah melakukan pengecekan informasi dalam bentuk signal, apakah rusak atau tidak, salah atau benar, dan lain sebagainya.

Apabila berhasil menemukan informasi yang salah atau tidak cocok dengan komputer, maka modem akan mengirim kembali sinyal tersebut dan membatalkan proses penghubungan antar komputer dan internet.Pengecekan ini bertujuan untuk meminimalakan tingkat kesalahan ketika melancarkan transmisi sinyal.

Demikian Informasi mengenai pengertian dan fungsi modem yang dapat (admin Pengertian dan Fungsi) sampaikan buat para pembaca, semoga apa yang kami sajikan dalam artikel ini dapat bermanfaat. Terima Kasih

0 Response to "Inilah Pengertian dan Fungsi Modem Secara Umum Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel