Inilah Pengertian dan Fungsi Manajemen Menurut Para ahli Terlengkap


Pengertian manajemen dan fungsi manajemen - Manajemen di era sekarang ini sangat dibutuhkan untuk mengorganisir, mengatur, merencanakan, dan mengontrol suatu instansi,perusahaan atau organisasi, tentunya agar dapat mencapai tujuan dari sebuah instansi,perusahaan atau organisasi tersebut.

Maka dari itu berikut ini akan kita bahas mengenai pengertian manajemen dan fungsi manajemen itu sendiri. Sudah jelas akan menimbulkan pertanyaan, apa sih pengertian manajemen? Atau apa sih fungsi manajemen?
Inilah Pengertian dan Fungsi Manajemen Menurut Para ahli Terlengkap
pengertian manajemen dan fungsi manajemen
Pengertian Manajemen menurut para ahli
  Pengertian Manajemen Menurut pandangan George R. Terry merupakan suatu proses yg khas, dimana terdiri dari suatu kegiatan pengorganisasian, perencanaan, menggerakkan serta pengawasan yang dilaksanakan untuk menentukan dan mencapai sasaran yang telah ditetapkan dengan bantuan manusia maupun sumber daya yang lain.

Pengertian Manajemen adalah suatu seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Pengertian Mary Parker Follet tersebut artinya bahwa seorang manajer mempunyai tugas untuk mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan sebuah organisasi.

Sedangkan menurut Ricky W. Griffin manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, serta pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif serta efesien.

Efektif artinya tujuan mampu dicapai sesuai dengan perencanaan, sedangkan efisien artinya pekerjaan yang ada, dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan yang tekahir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Berdasarkan pengertian manajemen menurut para ahli yang telah kita bahas di atas, maka bias kita simpulkan bahwa Manajemen adalah suatu ilmu dan seni. Manajemen sebagai ilmu ialah berfungsi menerangkan kejadian, gejala ataupun keadaan yang ada.

Kemudian Manajemen sebagai seni menunjukkan kepada kita bagaimana malakukan suatu hal untuk mencapai tujuan dan mendatangkan hasil atau manfaat.

Dalam hal Tersebut manajemen digambarkan sebagai 5P, apa itu 5P? 5P adalah Perencanaan, Pengarahan, Pengorganisasian, Pengoordinasian dan Pengawasan. Dari 5 fungsi manajemen tersebut, merupakan suatu kunci untuk keberhasilan suatu pemotivasian dan pengkomunikasian.

Ke-2 fungsi manajemen ini, pengkomunikasian dan pemotifasian akan menunjang (akselerator) keberhasilan dari 5 fungsi yang pertama tadi.

Fungsi Manajemen (Management Functions)
  Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang selalu melekat dalam proses manajemen yg akan dijadikan acuan oleh seorang manajer di dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan.

Fungsi manajemen sebenarnya pertama kali diperkenalkan oleh salah seorang industrialis Perancis yang bernama Henry Fayol di awal abad ke-20. Kala itu, dia menyebut lima fungsi manajemen, ialah merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, serta mengendalikan. Akan tetapi saat ini, ke-5 fungsi manajemen tersebut telah dipersingkas menjadi 3, yaitu:

  1. Perencanaan (planning)
  2. Pengorganisasian (organizing)
  3. Pengarahan (directing)

Berikut penjelasan masing-masing fungsi manajemen tersebut:
Perencanaan (planning)
  Memikirkan apa yang akan dilakukan dengan sumber daya yang dimiliki. Perencanaan biasanya dilakukan untuk menentukan sebuah tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan baik untuk memenuhi tujuan itu sendiri.
Manajer melakukan evaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil keputusan, kemudian melihat apakah rencana yang ia dipilih sudah benar dan bisa digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan.

Planning merupakan sebuah proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa planning, fungsi-fungsi lainnya tidak dapat dijalankan.

Pengorganisasian (organizing)
  Dikerjakan dengan maksud membagi suatu kegiatan besar jadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian memudahkan manajer dalam pengawasan serta memastikan orang yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas yang sudah dibagi-bagi.

Pengorganisasian bisa dikerjakan melalui langkah memastikan pekerjaan apa yang perlu ditangani, siapa yang perlu mengerjakannya, bagaimanakah tugas-tugas itu dikelompokkan, siapa yang bertanggungjawab atas pekerjaan tersebut, pada tingkatan mana keputusan mesti di ambil.

Pengarahan (directing)
  Sebuah tindakan u/ mengusahakan semua anggota kelompok untuk berusaha mencapai sasaran sesuai dengan Planning manajerial dan usaha.

Akan tetapi sampai sekarang ini, belum ada consensus baik di antar praktisi ataupun di antara teoritis mengenai apa yang menjadi fungsi-fungsi manajemen, sering pula disebut sebagai unsur-unsur manajemen.

Demikian Informasi mengenai pengertian manajemen dan fungsi manajemen yang dapat admin blog Pengertian dan Fungsi sampaikan buat para pembaca, semoga apa yang kami sajikan dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih buat https://id.wikipedia.org/ sebagai tempat referensi dan acuan kami dalam penulisan artikel ini.

0 Response to "Inilah Pengertian dan Fungsi Manajemen Menurut Para ahli Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel