Inilah Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Saat Di Depan Komputer - Daunpendidikan.com


Bekerja di depan laptop atau komputer memang memerlukan konsentrasi dan daya fokus mata yang tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan mata menjadi cepat lelah dan tak banyak juga karena terlalu lama berada di depan layar laptop, tiba-tiba mata mengeluarkan cairan bening (air mata). Untuk menjaga kesehatan mata saat di depan komputer, lakukanlah beberapa hal berikut ini:

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Saat Di Depan Komputer
Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Saat Di Depan Komputer

Atur ketinggian layar komputer
  Ketinggian komputer atau laptop perlu diatur ketinggiannya berkisar antara 3 sampai 6 cm lebih rendah dari mata anda, sebab jika ketinggian computer sama atau lebih tinggi dari posisi mata anda, hal itu dapat membuat kornea mata stres karena terlalu banyaknya radiasi cahaya dari komputer yang masuk ke mata.

Mengistirahatkan mata sejenak
  Setelah menggunakan komputer, usahakan anda selalu memindahkan pandangan anda dari komputer kearah lain, guna mengurangi rasa lelah yang dirasakan mata setelah lama berfokus pada layar computer. Hal tersebut juga berpengaruh besar terhadap kesehatan mata anda saat sedang tidak berhadapan dengan computer.

Mengurangi kecerahan monitor
  Menjaga kesehatan mata saat di depan komputer dapat anda lakukan dengan cara mengurangi kecerahan cahaya pada layar monitor. Karena dengan adanya cahaya yang sangat bersinar cerah akan membuat mata bekerja lebih ekstra dalam menetralisir kecerahan cahaya tersebut.

Pakailah pelindung layar komputer
  Menggunakan pelindung layar berguna untuk melindungi mata dari paparan sinar layar secara langsung. Cara ini dapat anda pilih untuk menjaga kesehatan mata saat di depan komputer.

Menempatkan komputer di tempat yang cukup cahaya
  Melakukan pekerjaan dengan bantuan komputer dan berada ditempat yang ruangannya banyak dimasuki cahaya, akan mengurangi radiasi cahaya yang berasal dari komputer. Akan berbeda hasilnya jika anda berada di tempat yang redup dan cahaya yang anda dapatkan hanya dari komputer, itu akan memberikan efek yang kurang baik kepada mata anda, karena mata dituntut untuk selalu fokus melihat tulisan pada keyboard yang tidak terdapat sinar yang cukup.

Membersihkan layar komputer
  Melakukan kegiatan pembersihan layar computer atau laptop dapat menjadi poin penting dalam rangka menjaga kesehatan mata saat di depan computer. Dengan kondisi layar monitor yang bersih akan memudahkan mata melihat tanpa adanya gangguan kotoran atau debu yang menempel di layar monitor.

Menggerakkan mata
  Menjaga kesehatan mata saat di depan computer dapat anda lakukan dengan menggerak-gerakkan mata kearah atas-kanan-bawah-kiri ketika mata anda terasa lelah. Lakukan hal tersebut secara berkala untuk melenturkan otot dan syaraf pada mata yang selalu menegang dibawa bekerja.

Menggunakan kaca mata
  Menggunakan kaca mata anti radiasi dapat anda gunakan untuk tetap menjaga mata dari radiasi komputer dapat membantu melindungi mata dari cepat lelah dan tentunya bahasa radiasi yang dihasilkan oleh layar monitor. Karena menurut penelitian, cahaya yang dipancarkan layar monitor computer dapat memberikan efek yang sangat tidak bagus bagi kesehatan mata.

Sedia cemilan buah
  Sediakan cemilan buah-buahan dengan beraneka warna dan banyak kandungan vitamin a dan c dapat merangsang mata anda untuk memerintahkan kerja tangan dalam mengambil buah kemudian mengunyah perlahan. Khasiat dari buah tersebut sangat baik bagi kesehatan mata yang terus digunakan untuk bekerja di depan komputer.

Demikian tips mudah menjaga kesehatan mata saat di depan computer. Semoga bermanfaat sampaijumpa pada artikel selanjutnya

0 Response to "Inilah Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Saat Di Depan Komputer - Daunpendidikan.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel