Syarat-syarat Interaksi Sosial Dan Contohnya

Interaksi sosial dapat terjadi jika memenuhi dua syarat yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi dalam suatu masyarakat.

Kontak sosial

  Kontak sosial merupakan awal terjadinya interaksi sosial karena tanpa kontak sosial tidak akan ada interaksi sosial. misalnya, Joni dan Abdullah adalah sama-sama kawan baik ketika duduk di bangku sekolah dasar. Mereka pun pernah belajar bersama saling bertukar pendapat dan bergaul akrab. proses sosial diantara mereka berjalan dengan baik, mereka saling mengisi dan membantu satu sama lain. setelah Joni dan Abdullah menamatkan pendidikan di sekolah dasar, Abdullah pindah ke tempat yang jauh mengikuti kepindahan orang tuanya. sejak itu Joni dan Abdullah tidak pernah lagi melakukan kontak sosial dan berkomunikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. dengan demikian interaksi sosial antara Jambi dan Abdullah telah terputus karena tidak ada kontak lagi di antara mereka

kontak sosial dapat berlangsung dalam tiga (3) bentuk yaitu:

1. Antara individu dengan individu (orang per orang). contoh,
ani dan ana adalah kawan sekelas dan sering belajar bersama di rumah ana. dalam kegiatan belajar bersama tersebut terjadi suatu kontrak sosial diantara Ani dan Ana, yaitu pada waktu membahas pelajaran yang mereka pelajari.

2. Antara individu (perorangan) dengan kelompok atau sebaliknya.
contoh, pemuda-pemuda di suatu daerah membentuk suatu kelompok organisasi kepemudaan. setiap individu dalam kelompok tersebut selalu mengadakan kontak (hubungan) dengan organisasi pemuda tempat dia bergabung untuk menyampaikan pendapat atau gagasan yang dianggapnya penting. atau sebaliknya, menerima informasi penting dari organisasi.

3. Antara kelompok dengan kelompok lainnya
contohnya:

  • Organisasi OSIS SMP Mardi Lestari mengadakan pertandingan sepak bola dengan OSIS SMP Negeri 5. pertandingan tersebut dapat dilaksanakan apabila organisasi office dari kedua sekolahan tersebut terlebih dahulu melakukan kontak untuk membicarakan pelaksanaan pertandingan yang dimaksud.

  • Perusahaan bekerja sama membangun industri pengolahan baja di suatu tempat. sebelum membangun industri hal tersebut kedua perusahaan mengadakan kontak satu sama lain untuk membicarakan dan membuat perjanjian di antara mereka.


  Kontak sosial tidak hanya dilakukan secara langsung tetapi dapat pula dilaksanakan secara tidak langsung. kontak sosial secara langsung disebut kontak yang bersifat primer, kontak secara langsung antara lain dengan saling bertemu dan berhadapan, saling berjabat tangan dan berbicara bertatap muka. kontak secara tidak langsung disebut kontak yang bersifat sekunder, misalnya Pak Ali berkata kepada Pak Burhan bahwa ia ingin menjual tanahnya. Pak Burhan mencarikan orang lain yaitu Pak Amir untuk membeli tanah tersebut. Pak Amir Membeli tanah Pak Ali secara tidak langsung karena kontak antara Pak Ali dengan Pak Amir terjadi melalui perantara Pak Burhan. kontak antara Pak Ali dengan Pak Amir disebut kontak sekunder tidak langsung karena melalui perantara Pak Burhan.

 Tetapi ada pula kontak sekunder tidak langsung di mana orang yang melakukan kontak tidak saling bertatap muka atau bersentuhan. tetapi menggunakan media lain sebagai perantara misalnya berbicara melalui telepon, saling berkirim surat, saling mengirim SMS, chatting lewat internet dan lain sebagainya.

0 Response to "Syarat-syarat Interaksi Sosial Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel