Proses Terjadinya Alam Endogen

Keragaman Bentuk Muka Bumi, Proses Pembentukan, Dan Dampak Terhadap Kehidupan

  Hamparan Daratan yang luas, deretan pegunungan yang menjulang tinggi, lembah-lembah di mana sungai mengalir, merupakan suatu panorama yang indah di muka bumi. pemandangan tersebut tidak lain adalah kenampakan bentuk bentuk muka bumi. apakah bentuk muka bumi yang kita lihat sekarang ini sama bentuknya sepanjang masa? ternyata tidaklah demikian. banyak bukti-bukti yang telah diteliti oleh para ahli yang menunjukkan bahwa bentuk muka bumi selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

  Jauh sebelumnya, tepatnya berjuta-juta tahun yang lalu bentuk muka bumi tidaklah seperti sekarang. pulau-pulau, benua-benua selalu mengalami perubahan. perubahan itu berlangsung lambat sekali. proses perubahan tersebut memerlukan berjuta-juta Tahun Lamanya. deretan pegunungan yang sebagian besar menutupi kepulauan Indonesia, jutaan tahun yang lalu sebagian di antaranya pernah merupakan lautan, dan begitu sebaliknya larutan-larutan kita yang ada sekarang pernah menjadi Pulau daratan. timbulnya suatu pertanyaan, Apakah ada bukti-buktinya?. banyak sekali bukti-bukti yang bisa kita temukan yang tersebar di daratan. contohnya, ditemukannya batuan karang di pegunungan, padahal batuan karang itu berasal dari binatang karang yang hidup di dasar laut. Apakah laut sebenarnya tertinggi pegunungan tempat terdapatnya batuan Karang tersebut?. Hal ini tentu tidak mungkin, yang terjadi adalah sebelumnya pegunungan itu pernah merupakan dasar laut, kemudian terangkat ataupun mengalami pelipatan sehingga membentuk daratan berupa pegunungan.

  Makanan pada bentuk muka bumi disebabkan oleh kekuatan besar yang bekerja pada bumi. kekuatan itu disebut tenaga geologi. Ideologi itu sendiri terdiri dari tenaga endogen dan tenaga eksogen. Mungkin kalian sudah pernah tahu pada waktu sekolah dulu bahwa tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi. tenaga endogen menggerakkan kulit bumi, Den mengangkat hingga kadang-kadang melebihi tinggi permukaan laut dan pembentukan permukaan bumi baru berupa daratan.

  Berbeda dengan tenaga endogen yang bersifat membangun (konstruktif) tenaga eksogen sifatnya merusak (destruktif). apa yang telah dibangun oleh tenaga endogen, dirombak dan dirusak oleh tenaga eksogen. batuan batuan yang berada di permukaan bumi mengalami proses pelapukan. pelapukan batuan yaitu proses penghancuran batuan akibat pengaruh cuaca, air, dan organisme. batuan batuan yang besar sedikit demi sedikit akan mengalami pelapukan dan hancur dan dari hasil terakhir pelapukan tersebut, terbentuklah tanah.

  Batuan yang telah mengalami pelapukan karena air hujan yang mengalir di permukaan bumi dikikis sedikit demi sedikit, sehingga lama-kelamaan akhirnya bukit dan pegunungan pun bisa menjadi rata. pengikisan selain disebabkan oleh air bisa pula disebabkan oleh angin, air laut, dan gletsyer (gletsyer adalah Lapisan es atau salju yang bergerak menuruni lereng) kadang-kadang pada lereng-lereng yang nggak curam, disertai pula dengan tanah longsor. longsor longsoran itu akan mempercepat kerusakan pada kulit bumi. Perhatikan air sungai ketika musim hujan airnya berubah menjadi kuning keruh karena bercampur dengan lumpur yang dibawa dari hasil erosi.

  Hasil hasil erosi baik oleh air hujan, angin dan air laut akan dibawa ke tempat yang lebih rendah dan akhirnya diendapkan. dasar laut merupakan tempat yang paling rendah di permukaan bumi sehingga dasar laut menjadi basis pengendapan terakhir. endapan yang terbentuk di dasar laut, lama-kelamaan dalam kurun waktu jutaan tahun menjadi sangat tebal bahkan bisa mencapai beberapa kilometer tebalnya. endapan yang telah terbentuk Kemudian oleh tenaga endogen terangkat kembali dan membentuk pegunungan. pegunungan yang terbentuk oleh tenaga endogen dihancurkan kembali oleh tenaga eksogen dan membentuk Setia Band terbaru. hal ini terus berlangsung sepanjang masa sehingga terjadi suatu siklus (perputaran) yang disebut siklus geologi. seperti pada gambar berikut.


Keterangan
-Orogenesa= pembentukan pegunungan
-Gliptogenese (denudasi)= perombakan dan pengikisan oleh tenaga eksogen
-Litogenesa= pembentukan lapisan sedimen terutama di dasar laut.

BACA Artikel Selanjutnya.

Prose Terjadinya Endoge


0 Response to "Proses Terjadinya Alam Endogen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel