"Uang" Pegertian Uang, Sejarah Uang Dan Fungsi Uang Secara Lengkap

  Kita semua sudah tahu yaa? apa itu uang, untuk pada era saat ini memang menjadi segala sesuatu yang di butuhkan, entah itu dari anak anak maupun orang dewasa, dari pergi kesekolah, kepasar, main, ataupun kemanasaja kita pasti membawa yang namanya uang. mungkin jika akalian bepergian tidak membawa yang namanya uang pasti kalian merasa kurang nyaman, bahkan ada yang kurang pada saku kita. Uang juga bisa menjadi segalanya untuk manuasia bahkan ada yang berprinsip "Waktu adalah uang" tidak sedikit yang mengatakan seperti itu, karena uang memang penting dan perlu bahkan sudah menjadi kebutuhan manusia.


Nah disini saya akan menjelaskan apa pengertian uang secara lengkap dan jelas.

Pengertian Uang 
  Uang adalah, segala sesuatu yang biasanya digunakan dan di terima secara umum sebagai alat penukar atau standard pengukuran nilai, standard daya beli, standard utang piutang, dan standard jaminan untuk menanggung utang. kata lain uang adalah suatu barang yang mempunyai sifat tertentu dan fungsinya untuk mempermudah alat tukar barang.

Sejarah Berkembangnya Uang
  Uang mempunyai sejarah tersendiri, jika ditelusuri tentang sejarah uang berawal dari tukar menukar barang, tukar menukar uang dengan jasa, serta barulah tukar menukar seperti yang kita ketahui seperti saat ini. Berikut ini adlah sejarah berkembangnya uang secara berkala.
 
Masa tukar menukar barang
  Pada zaman nenekmoyang kita dulu, setiap manusia berusaha mencukupi sesuatu yang di perlukan nya sendiri. semakin lama mereka mempunyai kebutuhan yang tidak bisa di cukupinya sendiri atau bertanbahnya kebutuhan hidup. Nah dengan keterbatasan manusia dalam menghasilkan dan mencukupi kebutuhan nya menyebabkan manusia mulai memerlukan bantuan orang lain atu manusia yang lain/kerabat.

  Guna untuk menghasilkan barang kebutuhan nya, manusia melakukan dengan tukar menukar barang. pertukaran suatu barang dengan barang lain di sebut Barter atau natuna. Namun pada zaman dahulu untuk melakukan barter masih sangat sulit. karean satu orang mempunyai barang, belum tentu orang lain mau di ajak barter.

Masa tukar menukar barang dengan uang
  Semakin lama kebutuhan manusia bertambah dan pertukaran (barter) juga mengalami kesulitan, maka di tetapkanlah barang barang tertentu yang berguna sebagi uang, hal tersebut dinamakan uang barang yang di anggap sebagai uang oleh masyarakat daerah tertentu. contohnya seperti kerang, gading, garam, dan senjatan. namun sebelum barang tersebut di sebut uang, terlebih dahulu harus memenuhi syarat syarat sebagi berikut:
  • Barang tersebut di gemari oleh masyarakat umum.
  • Barang tersebut dapat di tukara dengan apapun dan kepada siapapun.
Fungsi Uang

Uang sebagai alat tukar menukar
   Dengan adanya uang, manusia yang ingin mempunyai barang atau membutuhkan jasa akan mudah mendapatkan jika mereka memiliki uang. uang tidak perlu lagi menukarkan barang yang dimilikinya dengan barang yang dimiliki orang lain.

Uang sebagai satuan hitung
  Sebagai satuan hitung merupakan suatu ukuran untuk menentukan besar serta kecilnya nilai suatu barang yang di tukar dengan barang lain. jika barang tersebut memiliki nilai tukar . nilai tukar adalah kemampuan suatu barang untuk di tukarkan dengan barang lain.

  Fungsi uang sebagai alat tukar menukar dan uang sebagai satuan hitung yang di sebuat satuan asli. dinamakan fungsi asli karena pada saat manusia mempunyai gagasan membuat uang bertujuan untuk tukar menukar satuan hitung. karena semakin pesatnya zaman, manusia ingin segala sesuatu dapat di selesaikan secara cepat dan mudah. maka uang mengalami perkembangan fungsi, dibawah ini adalah fungsi turunan uang.

Uang sebagai alat pembayaran
  Artinya uang merupakan alat pembayaran yangsah berlaku secara umum.

Uang sebagai alat menabung
  Penghasilan yang diperoleh seseorang tentu tidak dihabiskan sekaligus, tetapi di tabung untuk keperluan esok hari

Uang sebagai petunjuk harga
  Harga satuan barang dinyatakn dengan jumlah satuan uang. 

Demikianlah Artikel yang membahasa tentang uang secara lengkap. semoga dapat membantu anda yang sedang belajar memahami lebih dalam tentang uang. sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to ""Uang" Pegertian Uang, Sejarah Uang Dan Fungsi Uang Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel