Macam-macam Bentuk Muka Bumi Dan Dilihat Berdasarkan Felief

  Sebagai akibat dari tenaga eksogen dan endogen maka terbentuklah perbedaan ketinggian permukaan bumi yang sering dikenal  dengan sebutan relief. relief permukaan bumi itu sendiri terdiri dari dua macam yaitu Relief daratan dan Relief dasar laut.

A. Relief daratan terdiri dari:

  1. Gunung yaitu daerah yang lebih tinggi dari daerah sekitarnya yang ditandai dengan adanya Puncak, kelereng dan kaki kaki gunung.
  2. Lembah Yaitu daerah ledokan/lebih rendah dari tempat sekitarnya.
  3. Pegunungan Yaitu rangkaian dari beberapa gunung yang berbentuk memanjang. contohnya: Pegunungan Bukit Barisan di pulau Sumatera, Pegunungan Meratus di Kalimantan, Pegunungan Jayawijaya di Provinsi Papua.
  4. Dataran rendah yaitu daerah dataran yang berada pada ketinggian kurang dari 200 meter dari permukaan laut. contohnya: Ibukota Jakarta dan sepanjang pantai di Indramayu Jawa Barat.
  5. Dataran tinggi Yaitu daerah dataran yang berada pada ketinggian lebih 200 m dan berciri-ciri sejuk.


B. Relief dasar laut terdiri dari:

  1. Palung laut yaitu ledokan atau Celah yang sangat dalam yang berada di dasar laut. contohnya: Palung Mindanao di Filipina
  2. Ambang laut yaitu Dasar Laut yang mencuat memisahkan satu perairan dengan perairan yang lain. contohnya: ambang laut Sulawesi.
  3. Gunung laut
  4.   yaitu gunung yang muncul dari dasar laut. contohnya: Gunung Krakatau
  5. Laut dangkal yaitu laut yang kedalamannya tidak lebih dari 200 meter. contohnya: Laut Jawa, Selat Malaka, dan Laut Arafuru. Dasar Laut dangkal disebut juga dengan paparan benua (shelf) yaitu Bagian daratan yang digenangi oleh air laut.
  6. Laut dalam yaitu laut yang kedalamannya lebih dari 200 meter. contohnya: laut sulawesi dan Laut Banda.


  Berdasarkan keadaan reliefnya bentuk muka bumi Indonesia dapat dikelompokkan menjadi 3 wilayah yaitu:

  1. Wilayah Indonesia bagian barat. Meliputi pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan pulau kecil yang berada di sekitarnya. laut yang terdapat di antara pulau-pulau tersebut merupakan Laut dangkal. daerah ini disebut juga dangkalan (paparan) Sunda. batas wilayah Indonesia bagian barat di sebelah timur ialah Garis Wallace.
  2. Wilayah Indonesia bagian tengah yaitu meliputi pulau Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. laut yang terdapat di daerah ini merupakan laut dalam. batas wilayah Indonesia bagian tengah di sebelah barat yaitu garis Wallace dan di sebelah timur adalah garis Weber.
  3. Wilayah Indonesia bagian timur Meliputi Papua dan Kepulauan Aru. di daerah ini terdapat Laut dangkal karena itu disebut dangkalan (paparan) sahul. batasannya dengan wilayah Indonesia bagian tengah ialah garis Weber.

0 Response to "Macam-macam Bentuk Muka Bumi Dan Dilihat Berdasarkan Felief"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel