Keragaman Bentuk Muka Bumi Sebagai Akibat Proses Eksogen

  Bentuk-bentuk muka bumi sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya, tidak hanya disebabkan oleh tenaga endogen tetapi juga dipengaruhi oleh tenaga eksogen. tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi sifatnya merombak atau merusak permukaan bumi yang sudah terbentuk oleh tenaga endogen. tenaga eksogen dapat berasal dari tenaga air, angin dan organisme yang menyebabkan terjadinya proses pelapukan, erosi, denotasi dan sedimentasi.

Pelapukan
  Berdasarkan prosesnya pelapukan dapat dibagi atas tiga jenis yaitu pelapukan fisis, pelapukan organis, dan pelapukan kimiawi.

1. Pelapukan fisis atau mekanis
  Dalam pelapukan fisis atau mekanis batuan yang terdiri dari bongkahan-bongkahan yang besar, pecah menjadi bagian bagian yang lebih kecil. demikian pula dari bagian-bagian yang kecil akan hancur menjadi pasir, bahkan menjadi debu. pelapukan ini disebut pelapukan mekanis karena prosesnya berlangsung secara fisis atau mekanis.

Contoh proses terjadinya pelapukan fisis atau mekanis

=> Karena perbedaan temperatur yang besar, misalnya di daerah yang beriklim gurun atau kontinental, perubahan temperatur antara siang dan malam sangat besar. temperatur pada siang hari dapat mencapai 40°C sedangkan di malam hari dapat turun sampai dibawah titik beku sehingga batuan menjadi pecah atau retak retak. Itulah sebabnya didaerah yang beriklim gurun umumnya terdiri dari padang pasir.

=> Karena pembekuan air di dalam tanah atau di celah-celah batuan. air yang beku dalam celah batuan, volumenya akan bertambah. akibatnya menekan batuan batuan tersebut dan pecah menjadi bagian bagian yang lebih kecil. pelapukan akibat pembekuan Air ini secara intensif berlangsung di daerah yang beriklim sedang. pada musim dingin air tanah yang ada di permukaan mengalami pembekuan.

-karena pengkristalan air garam, air tanah yang mengandung garam pada siang hari airnya menguap dan garamnya mengkristal. kristal kristal garam ini yang merusak batu-batuan yang ada di sekitarnya.

Pelapukan organis atau biologis
  Pada proses pelapukan batuan dapat juga terjadi akibat pengaruh organisme atau makhluk hidup, misalnya binatang-binatang, tumbuh-tumbuhan dan manusia. contohnya binatang yang banyak menyebabkan terjadinya proses pelapukan yaitu cacing tanah, serangga, tikus dan lain sebagainya. pengaruh tumbuh-tumbuhan terhadap terjadinya proses pelapukan batuan dapat terjadi secara mekanis dan secara kimiawi.

  Pelapukan organis yang bersifat mekanis, contohnya akar tumbuh-tumbuhan yang masuk di dalam tanah atau rekah-rekah batuan akan tumbuh dan semakin lama semakin besar sehingga tanah dan batuan disekitarnya mengalami proses pelapukan.

  Pelapukan organis yang bersifat kimiawi yaitu zat asam yang dikeluarkan oleh akar tanaman dapat menghancurkan batuan. pelapukan oleh tenaga manusia terhadap batuan misalnya dengan menggunakan tenaga atau mesin mesin penghancur batu batuan untuk keperluan bahan bangunan, pembuatan jalan, dan lain sebagainya. adalah pelapukan yang bersifat mekanis.

0 Response to "Keragaman Bentuk Muka Bumi Sebagai Akibat Proses Eksogen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel