Interaksi Sebagai Proses Sosial Dan Contohnya

  Setiap orang sudah pasti selalu berhubungan atau bekerja sama dengan orang lain. hubungan itu dapat terjadi misalnya dengan saudara, orang tua, teman, guru, organisasi yang ada di sekolah seperti OSIS bahkan dengan masyarakat lain. hubungan dan kerjasama dengan orang lain merupakan kebutuhan dalam kehidupan manusia. manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia memerlukan makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupan. Apakah yang dimaksud dengan Social? sosial berasal dari bahasa latin yaitu "Socius"yang artinya teman. dalam hidup setiap orang membutuhkan orang lain sebagai teman bukan sebagai lawan, Walaupun ada kalanya dalam kehidupan sehari-hari muncul lawan sebagai akibat perbedaan pandangan, kepentingan atau kesalah pahaman dalam pergaulan di masyarakat.

Dalam bergaul, berkomunikasi dengan teman, masyarakat atau kelompok, hal ini menunjukkan telah terjadi suatu interaksi sosial. interaksi sosial yaitu tindakan atau aksi yang dibalas dengan reaksi. interaksi tidak dapat dilakukan secara sendiri tetapi mesti ada orangtua atau kelompok lain sebagai Mitra untuk berinteraksi.

Contoh interaksi sosial
  • Seseorang berbicara bila ada orang lain untuk teman berbicara. Bagaimana kalau ada orang berbicara sendiri tanpa ada orang lain sebagai teman berbicara? dalam keadaan seperti ini tidak terjadi interaksi karena dia berbicara sendiri, bahkan orang yang berbicara sendiri dapat digolongkan ke dalam kelompok orang aneh atau gila.
  • Bersalaman (berjabat tangan), dapat dilakukan bila ada dua orang saling menyodorkan tangan untuk bersalaman. bersalaman seperti yang dilakukan kedua orang tersebut menunjukkan telah terjadi interaksi antara keduanya. orang yang pertama yang melakukan aksi menyadarkan tangan dan timbul reaksi dari orang kedua yang menyodorkan tangannya kepada orang pertama sehingga mereka bersalaman. Bagaimana seandainya orang kedua diam saja tanpa menyadarkan tangannya kepada orang yang pertama?, bila hal ini terjadi antara kedua orang itu tidak ada interaksi.
  • Anda mau membeli buku atau keperluan keperluan lain dapat terjadi kalau ada orang yang menjual nya. antara pembeli dan penjual terjadi suatu interaksi. bila salah satu dari keduanya tidak ada interaksi tidak mungkin terjadi.
  Interaksi yang terjadi antara manusia baik sebagai individu maupun sebagai kelompok masyarakat disebut interaksi sosial. "interaksi sosial yaitu hubungan suatu yang dinamis antara suatu individu dengan individu lain, antara individu dengan kelompok masyarakat, atau antara kelompok satu dengan kelompok lain yang ada dalam masyarakat". dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat lepas dari adanya interaksi sosial antara satu dengan yang lainnya karena manusia saling membutuhkan. interaksi sosial yang terjadi pada umumnya bersifat positif maupun yang negatif diwujudkan dalam bentuk tindakan sosial "tindakan sosial ialah perilaku, aksi, atau perbuatan yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu". interaksi sosial yang diwujudkan dalam bentuk tindakan sosial yang bersifat positif (baik). contohnya saling bekerja sama dalam membangun suatu usaha, gotong royong, berdagang, membentuk koperasi, menjadi pengurus OSIS dan lain sebagainya. interaksi sosial yang bersifat negatif berupa tindakan atau aksi yang dilakukan merugikan orang lain, misalnya membunuh orang, merampok, menjelek-jelekkan orang lain, memeras orang dan lain sebagainya.

  Dalam melakukan tindakan sosial pada umumnya dilakukan berdasarkan pertimbangan yang rasional, akan tetapi ada pula katanya tindakan sosial yang dilakukan bersifat irasional. tindakan sosial yang bersifat rasional adalah tindakan yang dilakukan secara sadar dan masuk akal berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang mantap. contohnya bila kamu telah tamat SMP dan ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, pilihan ada dua yaitu masuk sekolah umum (SMA) Natal sekolah Kejuruaan (SMK). kamu berfikir bahwa setelah Tamat sekolah lanjut atas kemana Saya akan teruskan?. bila cita-cita kamu akan menjadi dokter, Insinyur atau ahli hukum, kamu akan memilih masuk SMA. tetapi jika kamu ingin langsung bekerja kamu akan masuk SMK Karena SMK memberikan keterampilan khusus pada siswanya.

  Tindakan sosial yang bersifat rasional adalah tindakan sosial yang tidak masuk akal, akan tetapi percaya bahwa tindakannya itu akan dapat memberi manfaat pada nya. contohnya adalah seorang yang menawarkan bahwa ia dapat menggandakan uang yang diberikan kepadanya. bila diberikan uang satu juta dalam waktu beberapa hari setelah disimpan uangnya akan bertambah menjadi 5 juta. Terkadang ada orang yang yang terpengaruh sehingga dia memberikan uangnya satu juta untuk digandakan. hal tersebut tidak mungkin terjadi, Akan tetapi karena pertimbangannya irasional, maka ia pun memberikan Uangnya Dan akhirnya tertipu. ingin mendapatkan uang Rp5.000.000 yang dia miliki satu juta hilang.

  Apakah semua tindakan manusia dapat disebut tindakan sosial?. jawabannya tidak semua tindakan manusia digolongkan tindakan sosial. contoh: Bila seseorang bernyanyi sambil memasak, atau bernyanyi karena senang tindakan orang itu tidak dapat digolongkan tindakan sosial. akan tetapi bila orang tersebut bernyanyi sebagai latihan untuk mengikuti festival atau perlombaan nyanyi, tindakannya digolongkan tindakan sosial. suatu tindakan dapat digolongkan tindakan sosial apabila tindakan itu dilakukan dengan tujuan tertentu atau dipengaruhi oleh orang lain.

  Interaksi sosial akan menimbulkan proses sosial. tanpa interaksi sosial tidak akan timbul proses sosial karena syarat utama terjadi proses sosial ialah adanya interaksi sosial. Proses sosial adalah hubungan timbal balik antara bidang-bidang kehidupan dalam masyarakat melalui interaksi antar individu masyarakat. proses sosial dan interaksi sosial adalah dua istilah yang saling berkaitan. bentuk umum dari proses sosial yaitu interaksi sosial. interaksi sosial merupakan kunci dari seluruh kehidupan karena adanya interaksi sosial akan memungkinkan kehidupan bersama.

Ciri-ciri interaksi sosial minimal Terdapat dua hal yaitu sebagai berikut:

  • Perlakunya lebih dari satu orang.
  • Antara pelaku terjadi komunikasi melalui kontak sosial.

0 Response to "Interaksi Sebagai Proses Sosial Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel