Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Menuru Beberapa Sumber

Faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan sosial budaya.


Faktor Intern terjadinya perubahan sosial budaya.

1. Bertambahnya atau berkurangnya penduduk
  Bertambahnya atau berkurangnya penduduk dari suatu kelompok masyarakat berpengaruh langsung atau tidak langsung terhadap pola kehidupan masyarakat. program transmigrasi yang dijalankan pemerintah bisa menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya masyarakat yang ditangani. masyarakat pendatang cepat atau lambat juga akan mempengaruhi atau terpengaruh budaya tempat tersebut.

2. Penemuan-penemuan baru
  Adanya penemuan-penemuan baru di masyarakat mendorong terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat. tuntutan zaman yang selalu berubah menjadi sebab manusia selalu berinovasi untuk memenuhi hal-hal baru melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. contohnya penemuan mobil, penemuan tersebut akan membawa perubahan sosial budaya dalam masyarakat dalam masyarakat akan terbentuk status sosial berdasarkan harta yang dimilikinya.

3. Pertentangan (konflik) di dalam suatu masyarakat
  Pertentangan adalah proses sosial antara perorangan atau kelompok masyarakat tertentu yang berusaha dengan sadar atau tidak sadar untuk menentang, menjatuhkan atau melawan pihak lain. pertentangan yang terjadi dalam masyarakat bisa mendorong terjadinya perubahan sosial dalam suatu masyarakat tersebut.

4. Terjadinya pemberontakan dan revolusi dalam suatu masyarakat
  Adanya kolonialisme dan imperialisme memberi peluang besar terjadinya suatu pemberontakan dan revolusi dalam suatu negara. revolusi atau pemberontakan tersebut menimbulkan perubahan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan. misalnya: Revolusi Perancis adalah bentuk pemberontakan masyarakat kelas bawah yang tertindas terhadap kekuasaan kerajaan yang sewenang-wenang. Revolusi Perancis menyebabkan perubahan tatanan pemerintah dari kerajaan yang bersifat Absolut menjadi demokratis. Selain itu persamaan hak bagi setiap warga negara semakin dijunjung tinggi.

Faktor Ekstern terjadi perubahan sosial budaya

  Faktor ekstern terjadinya perubahan sosial adalah faktor penyebab perubahan sosial yang bersumber dari luar masyarakat. Contohnya yaitu sebagai berikut:

1. Faktor lingkungan fisik/alam
  Perubahan lingkungan alam bisa menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya dalam suatu masyarakat. terjadinya bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi dan banjir besar dapat menyebabkan suatu perubahan sosial dalam masyarakat yang terkena bencana tersebut. Hal ini disebabkan karena mereka harus mengungsi di daerah baru yang memiliki sistem nilai budaya yang berbeda dengan asal mereka dahulu.

2. Terjadinya peperangan antarnegara
  Peperangan dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya. kelompok yang menang biasanya memangsa kelompok yang kalah untuk menerima budayanya.

3. Pengaruh kontak
  Kontak dengan masyarakat lain tidak hanya menyebabkan proses meniru dan menyebabkan unsur sosial dan budaya asing oleh suatu masyarakat, tetapi juga menyebabkan terjadinya proses asimilasi dan akulturasi. asimilasi adalah proses sosial yang timbul bila ada kelompok masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda saling bergaul secara intensif, dalam jangka waktu yang lama sehingga lambat laun kebudayaan asli berubah sifat dan wujud membentuk kebudayaan baru sebagai kebudayaan campuran. Adapun proses Akulturasi adalah proses sosial yang timbul apabila suatu kelompok masyarakat manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur budaya asing sehingga lambat laun unsur-unsur kebudayaan asing diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri, tanpa menyebabkan kehilangannya kepribadian dari kebudayaan itu sendiri.

  Di negara berkembang masyarakat lebih banyak meniru budaya masyarakat negara maju, mulai dari sistem pemerintahan, pendidikan, gaya hidup, cara berpakaian, sehingga pola tingkah laku. misalnya: pola berpakaian remaja Indonesia saat ini telah meniru budaya barat. kesenian tradisional seperti wayang kulit, Ketoprak dan lenong mulai kurang diminati masyarakat terutama remaja.

  Itulah penjelasan tentang faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan sosial budaya yang ada di Indonesia. semoga artikel ini dapat membantu pemahaman serta menambah wawasan untuk kalian semua. sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Menuru Beberapa Sumber"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel