Tinjauan macam-macam mutasi yang lain dalam ilmu Biologi

  Telah kita pelajari bahwa berdasarkan faktor keturunan (gen) dan kromosom, mutasi dibedakan menjadi mutasi gen dan mutasi kromosom. Berdasarkan cara mutasi itu terjadi yang kita kenal mutasi alami dan mutasi buatan.

  Berikut akan saya uraikan cara menggolongkan mutasi berdasarkan macam atau tipe sel yang mengalaminya. berdasarkan hal tersebut mutasi dibedakan menjadi mutasi somatik dan mutasi germinal. mutasi somatik adalah mutasi yang menjadi pada sel somatik atau sel tubuh dan tidak diwariskan kepada keturunannya. mutasi germinal adalah mutasi yang terjadi pada sel germ (sel kelamin) di dalam gonad dan dapat diwariskan kepada keturunannya. penggolongan ini sesuai contoh organisme bersel banyak, tetapi tidak untuk organisme bersel satu atau organisme yang strukturnya lebih sederhana.

  Berdasarkan jumlah faktor keturunan yang mengalami mutasi, mutasi dapat dibedakan menjadi mutasi bertahap (mutasi mikro) dan mutasi lompatan (mutasi makro) mutasi bertahap adalah mutasi yang terjadi atas suatu atau kelompok kecil faktor keturunan. mutasi lompatan merupakan mutasi yang terjadi atas sejumlah besar Ataupun mungkin seluruh faktor keturunan.

  Berdasarkan manfaat bagi individu atau populasi yang mengalaminya, mutasi ada yang merugikan dan ada yang menguntungkan. mutasi yang merugikan adalah mutasi yang mengakibatkan munculnya ciri dan kemampuan yang tidak adaptif pada individu atau populasi. mutasi yang menguntungkan adalah mutasi yang menimbulkan ciri dan kemampuan yang semakin adaptif pada individu atau populasi. umumnya, yang paling banyak terjadi adalah mutasi yang merugikan.

  Berdasarkan sifat genetiknya, mutasi dominan dan mutasi resesif. mutasi dominan akan menampakan pengaruhnya walaupun dalam keadaan heterozigot. mutasi resesif pada organisme diploid tidak akan diketahui selama dalam keadaan heterozigot. kecuali resesif yang terpaut kromosom kelamin. akan tetapi pada organisme haploid seperti virus dan bakteri, pengaruh mutasi dominan dan mutasi resesif dapat dilihat pada fenotipe virus dan bakteri tersebut.

  Berdasarkan arah mutasinya, mutasi dapat dibedakan menjadi mutasi maju dan mutasi balik. mutasi maju adalah mutasi dari fenotipe normal menjadi abnormal. mutasi balik adalah peristiwa mutasi yang dapat mengembalikan dari fenotipe tidak normal menjadi fenotip normal.

demikianlah berbagai macam penggolongan mutasi, Apakah kalian mengetahui cara lain untuk menggolongkan mutasi. jika ada anda bisa meninggalkan coret-coretan di kolom komentar yang sudah disediakan. sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Tinjauan macam-macam mutasi yang lain dalam ilmu Biologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel