Ruang Lingkup Geografi Dan Ilmu Pendukung Geografi Terlengkap

  Ruang lingkup geografi sangatlah luas. ya itu yang meliputi kehidupan di muka bumi ini. di ruang angkasa, berbagai gejala alam, dan interaksi antara manusia dengan lingkungannya dalam konteks ruang dan kewilayahan. pengetahuan tentang gejala alam serta kehidupan dimuka bumi disebut dengan gejala geosfer. dalam hal ini geografi akan mempelajari penyebab terjadinya dan menjelaskan mengapa dan bagaimana terjadinya gejala geosfer.


  Ruang lingkup geografi yaitu semua yang mencakup interaksi antara makhluk hidup serta lingkungannya. sebagai contoh Manusia memanfaatkan lahan perkebunan untuk bercocok tanam sehingga dapat menghasilkan berbagai macam kebutuhan pokok yang bersumber makanan Sebagian besar masyarakat tersebut. hal ini berarti bahwa ada interaksi antara manusia dan lingkungannya yang bertujuan memenuhi kebutuhan pokok manusia tersebut. baik itu kebutuhan pokok maupun kebutuhan tambahan lainnya. oleh karena itu, untuk mempertahankan agar sumber daya alam tetap terjaga dengan baik kita tentunya tidak boleh terlalu memforsir sumber daya alam tersebut. bijaklah dalam bercocok tanam dan terpenting menjaga serta memelihara alam dengan sebaik-baiknya.

  Secara garis besar dalam ilmu geografi, terbagi menjadi dua bagian yang bisa di garis bawahi yaitu, fisik dan geografi sosial. gabungan antara geografi fisik dan geografi sosial terjadi Geografi regional.

  Geografi fisik adalah sebagian dari ilmu geografi yang mempelajari semua peristiwa tentang ilmu yang ada di muka bumi, baik itu di laut, daratan, ataupun udara dan luar angkasa beserta faktor penyebab terjadinya.

  Geografi Sosial adalah bagian dari ilmu geografi yang meneliti tentang Interaksi antara makhluk hidup, sedangkan Geografi regional adalah ilmu yang mempelajari tentang batas wilayah dari suatu negara yang ada di muka bumi.

  Ilmu yang mendukung geografi.

  Geografi mempunyai kajian ilmu yang sangatlah luas untuk dipelajari dan dipahami. sehingga ilmu geografi memerlukan ilmu yang sangat mendukung serta erat kaitanya dengan geografi. kajian Geografi mempelajari bumi secara fisik, gejala sosial, teritorial, dan interaksi antar makhluk hidup. hal ini yang menjadikan ciri-ciri geografi yang sangat spesifik dan bermanfaat dalam kehidupan manusia sehari-hari. ilmu yang mendukung geografi juga harus sebagai cabang-cabang ilmu geografi. yaitu ilmu pendukung tentang penelitian tersebut. ilmu pendukung tersebut antara lain yaitu:

1. Geologi, adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi secara keseluruhan, asal muasal kejadian, struktur, komposisi serta sejarahnya (termasuk perkembangan kehidupan bumi) dan proses alamiah perkembangannya.

2. Geomorfologi, adalah ilmu yang mempelajari studi tentang bentuk-bentuk permukaan bumi dan segala proses yang bisa menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.

3. Geofisika. adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat fisik bumi atau bagian dalam dengan metode teknik fisika. Contohnya seperti mengukur, gejala-gejala yang ada, magnet dan gaya berat.

4. Metreologi. adalah ilmu yang mengkaji tentang atmosfer, cuaca, suhu, udara, angin serta curah hujan.

5. Hidrologi. adalah ilmu yang mempelajari tentang air yang ada di permukaan bumi dan di bawah permukaan bumi (air tanah) dan air yang ada di udara.

6. Oseanografi. adalah ilmu yang mempelajari tentang luasnya laut dan seisinya. sebagai contoh, sifat-sifat air laut, terjadinya pasang surut, mengukur kedalaman laut, derasnya arus air laut, geologi dasar laut, tumbuhan laut, binatang-binatang laut, serta hubungan antara laut dan atmosfer.

7. Demografi. yaitu ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan serta menyelidiki catatan-catatan dan statistik penduduk untuk mengetahui perkembangan dan kepadatan, kelahiran, kematian, migrasi dan seberapa banyak penduduk di bumi.

8. Astronomi. yaitu ilmu yang mempelajari tentang luar angkasa termasuk benda-benda langit di luar atmosfer bumi. Contohnya seperti matahari, bulan, Bintang, ruang angkasa, dari situ sifat-sifatnya, kimia, maupun gerakan sampai pada proses kejadian benda langit.

9. Klimatologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang studi kondisi rata-rata cuaca serta membahas berbagai iklim di seluruh muka bumi.

10. Metreologi. adalah ilmu yang mempelajari tentang cuaca yang ada di bumi.

11. Pedologi. adalah ilmu yang mempelajari tentang jenis tanah, struktur tanah, dan unsur-unsur tanah yang ada di bumi.

12. Biogeografi. adalah ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan dan geografi hewan.
a. geografi tumbuhan (mitologi) adalah ilmu yang mempelajari penyebaran tumbuhan yang ada di muka bumi secara keseluruhan dan kesesuaian tumbuhannya dengan kondisi iklim yang ada di daerah atau di muka bumi ini.

b. Geografi hewan (zoologi) adalah ilmu yang mempelajari tentang binatang, baik itu tempat tinggal mereka, perkembangbiakan hewan serta penyebaran hewan yang ada di bumi.

13. Etnografi. adalah ilmu yang mempelajari tentang Cabang geografi dan masih sejenis proses penyebaran bangsa-bangsa dilihat dari sudut geografis.

14. Kartografi. yaitu ilmu yang mempelajari tentang peta, baik itu cara pembuatannya, jenis-jenis nya, serta pemanfaatannya.

   Pemahaman tentang ruang lingkup geografi dan ilmu pendukung geografi sangatlah luas, mungkin Jika saya Uraikan satu persatu dan saya jelaskan tidak cukup untuk menulis tentang ilmu geografi. maka dari itu jangan lewatkan artikel-artikel menarik tentang geografi lainnya. sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Ruang Lingkup Geografi Dan Ilmu Pendukung Geografi Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel