Perubahan Jenis Basa Nitrogen Menurut Ilmu Biologi

Perubahan Jenis Basa Nitrogen

  Perubahan pada basa nitrogen dari DNA disebut pergeseran tautomerik. perubahan dapat terjadi karena transisi, yaitu pergantian (subtitusi) boleh bahasa yang sejenis. contohnya ialah basa pirimidin diganti pirimidin (adenin diganti guanin atau sebaliknya) atau purin diganti Purin (sitosin dan timin atau sebaliknya) bisa juga terjadi karena transversi yaitu pergantian basa yang tidak sejenis. Contohnya yaitu basa purin diganti dengan basa pirimidin, contohnya urutan basa mula-mula AAC-GCG-CTC. karena sesuatu sebab. salah satu basa G (basa Purin) berubah menjadi T(basa pirimidin) sehingga urutannya menjadi AAC-TCG-CTC. perubahan ini juga akan mengakibatkan perubahan pada kodot yang dihasilkannya. contoh Kejadian ini adalah pengaruh benzopirene, yakni suatu zat yang ada di dalam asap rokok yang dapat menimbulkan tumor. zat benzopyrene dapat mengubah bahasa G menjadi T. atau C menjadi A pada gen. gen adalah gen pengendali pembelahan sel. karena perubahan urutan basa tersebut, pembelahan sel menjadi tidak terkendali. sel terus-menerus membelah diri, tidak mengikuti "aturan"sebagaimana sel yang normal. akibatnya, Sel berubah menjadi tumor.

  Penelitian secara kimiawi pada hemoglobin menunjukkan adanya perbedaan antara hemoglobin normal (hemoglobin A) dengan hemoglobin penderita sickle Cell anemia atau anemia sel Sabit yang disebut hemoglobin S. perbedaan kedua macam homoglobin itu terletak pada satu asam amino di antara 600 asam amino yang menyusunnya. kode kodon nomor 6 pada DNA penderita sickle Cell anemia mengalami perubahan pasang basa A--T menjadi T--A. kode gen pada DNA (kodogen) semula adalah CTC yang berubah menjadi CAC. oleh karena itu, kodon pada RNA-d berubah dari GAG (asam glutamat) menjadi GUG (valin). perhatikan penjelasan dengan bagan berikut.


  Demikianlah penjelasan tentang perubahan jenis basa nitrogen menurut ahli biologi. semoga artikel ini dapat membantu anda dan memahami tentang hal tersebut. sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Perubahan Jenis Basa Nitrogen Menurut Ilmu Biologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel