Pengertian Produksi dan faktor-faktor Produksi dalam ilmu Ekonomi terlengkap

Pengertian Produksi

  Produksi adalah suatu kegiatan, untuk menciptakan dan menghasilkan atau menambah nilai guna barang yang berbentuk barang ataupunjuga jasa untuk memenuhi kebutuhan orang lain yang membutuhkan barang dan jasa tersebut (produsen).orang atau badan yang melakukan produksi dinamakan produsen. dan barang atau jasa yang di hasilkan dari kegiatan atau yang melakukan produksi di sebut Produk.istilah Produksi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu Product yang berarti menghasilkan.


  Faktor produksi merupakan unsur ekonomis yang digunakan dalam produksi tersebut. Jika dilihat dari garis besar faktor produksi tergolong menjadi dua yaitu. faktor produksi asli dan turunan. faktor produksi asli yang meliputi sumber daya alam serta tenaga kerja. sedangkan faktor produksi turunan yang meliputi modal dan skill ataupun kewirausahaan. di bawah ini penjelasan tentang faktor-faktor produksi yang sering kita lihat.

1. Faktor produksi asli.

  Sumber daya alam.
sumber daya alam merupakan semua benda yang disediakan oleh alam untuk dimanfaatkan makhluk hidup dalam rangka memenuhi keberlangsungan hidupnya. sumber daya alam tidak hanya lahan atau tanah saja, tetapi sumber daya alam yang mencakup tingkat kesuburan serta kekayaan yang terkandung di dalam alam tersebut. Contohnya bahan tambang, mineral, minyak, gas, serta seluruh lingkungan alam flora dan fauna termasuk sinar matahari.

Tenaga kerja
  Tenaga kerja manusia adalah segala urusan manusia baik yang melibatkan jasmani maupun rohani yang digunakan dalam proses produksi tersebut. tenaga kerja manusia adalah faktor yang paling penting karena dengan pikiran dan sekilo tenaga manusia dapat mengolah sumber daya alam menjadi lebih bermanfaat dan memiliki nilai guna yang lebih.

2. Faktor produksi turunan.

Modal
  Model ini yang meliputi sarana dan prasarana dalam proses produksi. modal tidak hanya berbentuk uang ataupun saham, tetapi juga berbentuk barang-barang modal seperti peralatan yang mendukung proses keberlangsungan produksi.

Kewirausahaan atau skill
   Faktor produksi yang selanjutnya adalah kewirausahaan yang merupakan kemampuan dimiliki para pengusaha dalam mengorganisir atau mengawali dan mengendalikan proses produksi agar tetap efektif dan efisien. wirausaha ini seringkali disebut dengan kemampuan kewirausahaan. jiwa kewirausahaan adalah sikap yang paling penting dalam suatu perusahaan, pasalnya dengan sikap ini kegiatan produksi bisa berjalan dengan lancar. sikap ini juga bisa mengombinasikan berbagai faktor produksi untuk menghasilkan suatu produk dengan harapan mendapatkan keuntungan yang lebih. namun jika gagal akan mendapatkan kerugian. inilah salah satu ciri kewirausahaan yang mampu menanggulangi resiko dari produksi.

  Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Produksi dan faktor-faktor Produksi dalam ilmu Ekonomi terlengkap Semoga dapat membantu pemahaman. sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Pengertian Produksi dan faktor-faktor Produksi dalam ilmu Ekonomi terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel