Pengertian Korosi (Karat), Penyebab Korosi, Dan Cara pencegahannya

Pengertian korosi (Karat)
  Korosi adalah Suatu perusakan Besi/Logam karena adanya reaksi kimiawi adanya logam dengan zat zat yang ada dilingkungan yang membentuk senyawa yang tidak dikehendaki. Misalnya, peristiwa yang seringkita lihat yaitu pada besi, Pudarnya cat warna yang mengkilap pada perak, dan munculnya kehjauan pada tembaga, yang di timbulkan dari reaksi kimiawi dan terjadi termasuk dalam proses elektrokimia, yang dimana terjadi reaksi oksidasi logam yang membentuk senyawa-senyawa oksidasi logam dan juga sulfida logam.


Penyebab Korosi

Faktor-faktor yang menyebabkan korosi yaitu sebagai berikut:

  • Konsentrasi H2O dan O2
  Dalam keadaan lembab yang lebih tinggi, besi akan lebih cepat berkarat, dalam air yang kadar oksigen terlarut nya lebih tinggi proses perkaratan juga akan lebih cepat. ini sebagai mana air dan oksigen masing-masing berperan sebagai medium terjadi perkaratan atau korosi dan agen pengoksidasi besi.

  • pH
  Pada suasana yang lebih asam reaksi korosi besi akan lebih cepat. yaitu sebagaimana Reaksi reduksi oksigen di dalam suasana asam lebih spontan yang ditandai dengan potensial reduksi nya lebih tinggi dibandingkan dalam suasana Netral ataupun pelembab.

  • Suhu
  Semakin tinggi suhu pada ruangan atau tempat tertentu proses korosi pada besi akan lebih cepat terjadi. hal ini sebagaimana laju kimia meningkat seiring bertambahnya suhu pada ruangan tersebut.

  • Galvanic coupling
  jika masih terhubung atau menempel pada logam lain yang reaksinya kurang. maka akan timbul beda potensial yang dapat menyebabkan terjadinya aliran elektron dari besi tersebut ke logam yang kurang reaktif. Hal ini dapat menyebabkan besi lebih cepat korosi dibandingkan tanpa keberadaan logam kurang reaktif. efek ini disebut dengan efek Galvanic coupling.

  • Adanya elektrolit
  elektrolit seperti garam NaCI pada medium korosi akan lebih cepat terjadinya proses korosi. dikarenakan sebagaimana ion ion elektrolit membantu menghantarkan elektro elektro bebas yang terlepas dari reaksi oksidasi pada daerah anode kepada Reaksi reduksi pada daerah katode.


Cara pencegahan korosi pada besi.

  Menggunakan lapisan pelindung untuk mencegah kontak langsung atau bersentuhan langsung dengan h2o dan O2.

  Lapisan yang bisa digunakan untuk pelindung yaitu lapisan cat, lapisan oli atau gemuk, lapisan plastik, pelapisan logam lain. pada pelapisan cat dan pelapisan plastik Cilacap tergores terkelupas atau plastik terkelupas korosi akan mulai terjadi sejak itu juga. bagian yang terkelupas tersebut akan mulai terjadi pada bagian yang terpapar dengan udara langsung. pada bagian yang dilapisi oleh dan gemuk perlu dilakukan pengolesan secara berkala.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Korosi (Karat), Penyebab Korosi, Dan Cara pencegahannya, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan anda, sampaijumpa pada artikel berikutnya.







0 Response to "Pengertian Korosi (Karat), Penyebab Korosi, Dan Cara pencegahannya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel