Pengertian Kontrak berjangka Indeks Saham beserta manfaatnya secara lengkap

Pengertian Kontrak Berjangka

  Pengertian kontrak Berjangka biasanya disebut dengan Futures contract adalah suatu kontrak standard yang diperdagangkan pada bursa berjangka, guna untuk membeli dan menjual aset yang ber acuan dari instrumen keuangan pada suatu tanggal dimasa yang akan datang, dengan harga relatif. untuk tanggal dimasa akan datang tersebut sering disebut dengan Tanggal penyerahan dan dikenal dengan istilah delivery date atau tanggal penyerahan akhir (final settlement date).


Pengertian dan manfaat resiko kontrak berjangka indeks saham

  Sebelum dari salahsatu pihak membuka kontrak, dari tiap pihak wajib menyetorkan margine awal, karena kontrak awal di batasi dengan waktu. maka setelah jatuhtempo kontrak tersebut harusdi tutup terhadap beberapa harga atau brsa. Margin yang selanjutnya harus berada di leveldengan harga tertentu dan jika margin tersebut turun di bawah level selanjutnya akan berjalan umum yang di sebabkan karena kerugian yang cukup besar dan instansi kliring bakal menghendaki investor untuk ditingkatkan dananya kembali

Manfaat Dari Investasi Pada Kontrak Berjangka Indeks Saham

Adapun manfaat dan kegunaan Manfaat Dari Investasi Pada Kontrak Berjangka Indeks Saham, yaitu sebagai berikut:

a. Instrumen Hedging
  Instrumen Hedging yang bermaksud untuk memaksimalkan resiko. yang diibaratkan. seseorang investor yang mempunyai portofolio mempunyai rencana untuk membelanjakan salahsatu sahamnya yang diperoleh bersama dengan menentukan harga penjualan saham tersebut pada waktu ini. investor selanjutnya memiliki pilihan dia mampu membuka kontrak menjual pada tahun yang akan datang. sampai berapapun harga yang didapat dan sudah jaatuh tempo, investor selanjutnya akan mejajakan saham dan selanjutnya bersama dengan harga yang sudah di tetapkan diawal perjanjian.

b. Spekulasi
  Spekulasi ini yang dimaksudkan investor mampu berspekulasi bersama dengan laksanakan perdagangan indeks berjangka untuk dilaksanakan transaksi pada tiap-tiap saham. selanjutnya dimungkinkan karena ada leverage. dengan leverage tersembunyi, investor mampu memperole keuntungan yang berasal dari pergerakan bersama yang bermodalkan lebih sedikit jika dibandingkan dengan modal bersama dengan modal yang harus dikeluarkan jika akan dilaksanakan transaksi perdagangan pada tiap-tiap saham.

c. Arbitrase
  Dengan adany arbitrase, para investor mampu memperoleh keuntungan dan perbedaan pada harga pasar spot dan pasar berjangka. biasanya ada transaksi waktu ini terhitung atau kurunwaktu 2x24 jam. Sedangkan transaksi berjangka jika transaksi waktu ini tetapi penyerahan dan pembayaran untuk waktu yang akan datang, misalnya seminggu atau beberapa bulan yang akan datang.

Resiko investasi terhadap kontrak berjangka panjang indeks saham.

  Ada dua resiko investasi terhadap kontrak berjangka saham. diantaranya akan saya jelaskan dibawahini.

  • Pada waktu yang sudah jatuh tempo, investor harus menutup atau menyelesaikan posisinya, walupun harga yang berjalan berubah rubah dan tidak sesuai dengan yang di harapkan oleh sang investor, sehingga investor mampu mengalami kerugian yang terlalu besar jika di bandingkan dengan modal bersama.
  • Jika investor ada kerugian yang mengakibatkan kebangkrutan yang besar, maka ia harus membayar atau menyetor tambahan dana ke instalasi kliring.

Itulah sedikit ulasan tentang Pengertian Kontrak berjangka Indeks Saham beserta manfaatnya secara lengkap, semoga bisa membantu pemahaman anda sekalian, sampaijumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Pengertian Kontrak berjangka Indeks Saham beserta manfaatnya secara lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel