Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam, Macam-macam Serta Jenis-Jenis Ilmu pengetahuan Alam Terlengkap

Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam

  Ilmu engetahuan alam Adalah, sarana ataupun juga definisi tentang alam semesta yang di terjemahkan kedalam bahasa yang bisa dimengerti oleh semua manusia sebagai usaha unntuk mengetahui dan mengingat tentang sesuatu. dalam kata lain dapat kita ketahui definisi dari kata ilmu. ilmu adalah, sesuatu yang di dapat dari kegiatan membaca dan memahami peristiwa maupun benda benda. pada masakecil kita belajar membaca huruf abjad. berlanjut menelaah kata-kata dan semakin dewasa sadar atau tidak sadar secara tidak langsung kita belajar membaca dari apa yang ada di sekeliling kita.  hanya saja yang di baca sekarang sudah berkembang bukan hanya dar bentuk bahasa tulisan ataupun dalam membaca ilmu alam semesata dan seisinya, sebagai usaha dalam menemukan pemahaman. mungkin kita sering mendengar pribahasa "Dengan ilmu hidup menjadi mudah" yang berarti ilmu juga sebagai alat untuk menjalani kehidupan di dunia dan untuk menuju kehidupan akhirat.


Macam-macam ilmu dan pengertiannya

1. Ilmu adalah panduan atau petunjuk yang di berikan oleh sang pecipta alam kepada umat manusia sebagai bekal menjadi kholifah dalam mengelola dunianya. dalam suatu contoh saat kita membeli suatu barang elektronik maka di bekali buku panduan untuk tatacara pengoprasian dan merawat barang tersebut.
2. Ilmu juga sebagai cahaya sebagai penerang langkah-langkah kehidupan serta bakal untuk mengenal ang pencipta.
3. Ilmu merupakan alat untuk membedakan antara yang mengetahui dan yang tidak di ketahui.
4. Sang pencipta akan meninggikan derajat manusia berilmu, apabila mengamalkan ilmu yang di dapatkannya, derajat manusia berilmu tersebut akan di tinggikan dari manusia ahli ibadah.
5. Ilmu itu lebih berharga daripada harta dunia.

Sumber-sumber ilmu
  • Intuisi
  • Kabar yang dapat di percaya.
  • Akal berupa nalar maupun intelektual.
  • Indra lahir maupun batin.
Jenis jenis ilmu

1. Ilmu Yang dicari yaitu Ilmu pengetahuan yang di peroleh oleh manusia sebagai hasil dari usaha mencari suatu definisi  alam semesta. ilmu jenis ini dapat berubah-rubah, entah itu bertambah maupun berkurang sesuai dengan riset penemuan manusia sebagai mahluk yang di beri akal sehat. sebuah ilmu dapat di anggap benar dimasalalu, namun tidak berlaku pada masa yang akan dataang. karena sudah ada penelitian baru.

2. Ilmu abadi, yaitu Ilmu pengetahuan yang di berikan tuhan kepada mahluknya dalam bentuk kitab yang di yakininya seperti Al-Qur'an, hadis yang di sampaikan kepada manusia melalui perantara rosul sebagai utusan penciptanya. ilmu seperti ini adlah sebagai bentuk  yang sudah pasti benar dan tidak berubah dan dapat dibuktikan dalam situasi maupun kondisi zaman dulu sampai sekarang.

  Jadi ada dua jalan besar yang kita tempuh sebagai usaha dalam mencari ilmu pengetahuan. cara yang pertama dengan membaca dan memahami ilmu tuhan dari kitab suci dan mencocokkan dengan alam semesta, sehingga bisa menjadi pedoman dalam menjalani hidup didunia. cara yang kedua yaitu melalui riset sendiri yaitu sebagai usaha mencari dan mengumpulkan semua pengertian tentang alam dan peristiwa-peristiwa yang terjadi, mengingat betapa berharganya sebuah ilmu engetahuan, maka dari itu berbagai macam fungsi yang dapat dilihat. Nah sekarang pengertian ilmu itu apa menurut anda semua? kita dilahirkan dari rahim ibukita dalam keadaan kosong tanpa ilmu, oleh karena itu wajib hukumnya belajar agar kita memperoleh ilmu keudahan dalam menjalani hidup di dunia.

  Saelamat menuntut ilmu selagi masihada kesempatan, karena batasan nya dari lahir sampai masuk liangkubur. sampaijumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam, Macam-macam Serta Jenis-Jenis Ilmu pengetahuan Alam Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel