Pengertian Dari Teks PROKLAMASI Kemerdekaan Indonesia Terlengkap

 Hay sahabat pelajar sekalian. tidak terasa kita sudah memasuki bulan agustus, yang artinya kita tidak lamalagi akan memperingati hari Proklamasi kemerdekaan indonesia. Saya kira semua orang indonesia sudah menikmati pendidikan sekolah, dan pastinya tahu itu.


  Disini saya akan menjelaskan tentang Pengertian teks Proklamasi kemerdekaan indonesia Dengan contoh contohnya, dibawah ini silahkan anda simak sampai selesai.

Pengertian Teks Proklamasi kemerdekaan indonesia.

  Teks Proklamasi adalah, Teks yang berisi tentang pernyataan kepada dunia tentang kemerdekaan suatu negara. Teks asli yang ditulis Oleh Ir.Soekarno dari hasil karangan Drs. mohammad Hatta dan Mr.Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo.

Tahukah kalian, Siapa Perumus Teks Proklamasi kemerdekaan indonesia?

 Tokoh-tokoh Perumusnya Yaitu: Tadashi Maeda, Tomegoro Yoshizumi, S.Nishijima, S.Miyoshi, Mohammad Hatta, Soekarno, Dan Achmad Soebardjo. itulah beberapa perumus teks proklamasi kemerdekaan indonesia.

Isi Teks Proklamasi asli sebelum mengalami perubahan yaitu:
Proklamasi
Kami bangsa indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l, di selenggarakan dengan tjara Saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, 17-8-05
Wakil bangsa Indonesia

Isi Teks Proklamasi sesudah mengalami perubahan yaitu:
P R O K L A M A S I
Kami bangsa indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, Hari 17 boelan 8 tahoen 05.
Atasnama bangsa indonesia
Soekarno/Hatta.

Inilah perbedaan teks naskah proklamasi Klad Dan Otentik

Didalam taks naskah, Teks Proklamasi Otentik banyak mengalami perubahan seperti yang di tulis dibawah.

1. Kata "P R O K L A M A S I" rubahan dari "Proklamasi".
2. Kata "Hal-hal" rubahan dari kata "Hal2",
3. Kata "tempo" rubahan dari "tempoh",
4. Kata "Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05" rubahan dari "Djakarta, 17-8-'05".
5. Kata "Atas nama bangsa indonesia" rubahan dari "Wakil bangsa indonesia".
6. isi naskah Proklamasi Klad adalah asli yang merupakan tulisan tangan sendiri dari Ir.Soekarno sebagai pencatat, dan merupakan hasil rubahan (karangan)  oleh Drs.Mohammad hatta dan Mr.Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. sedangkan isi naskah Proklamasi Otentik mrupakan hasil ketikan dari Mohammad ibnu Sayuti Melik (Seoran tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan Proklamasi indonesia).
7. Pada naskah Proklamasi Klad memang tidk di tanda tangani, dan Naskah Otentik sudah di tanda tangani oleh ir. Soekarno dan Drs.Mohammad Hatta.

  Demikianlah Pengertian Dari Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, semoga dapat membantu pemahaman dan pegetahuan anda, sampai jumpa pada artikel berikutnya

0 Response to "Pengertian Dari Teks PROKLAMASI Kemerdekaan Indonesia Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel