Pengertian Batasan Geografi Menurut Para Ahli, Terlengkap

  Kata geografi pertama kali diperkenalkan oleh Eratosthenes (276-104 SM). di dalam bukunya geographica. kata geografi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 kata yaitu: geo, yang berarti bumi. dan graphein, yang berarti tulisan. jika digabungkan menjadi satu geografi berarti "tulisan tangan bumi"sehingga geografi sering disebut dengan ilmu bumi. padahal geografi tidak hanya mempelajari bumi saja, tapi juga mempelajari benda-benda yang ada di luar angkasa.


  Dengan itu, pengertian geografi bisa didefinisikan lebih lebar dan dapat mengakumulasi semua hal yang ada di atas. geografi bisa didefinisikan sebagai ilmu yang menyelidiki tentang bumi, termasuk flora, fauna, cuaca, iklim, penduduk dan segala yang berhubungan dengan bumi.

Beberapa batasan tentang pengertian geografi telah diperjelas oleh beberapa ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Ferdinand Von Richthofen. menurut nya, Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang semua gejala beserta sifat-sifat permukaan yang ada di bumi dan seisinya. serta menerangkan hubungan akibat ataupun terdapatnya gejala dan sifat-sifat itu secara bersamaan.

2. Sidney E, Ekblaw dan D.J.D. Mulkurne. jika mengartikan kata geografi sebagai ilmu yang mempelajari semua yang ada di bumi dan kehidupannya yang mempengaruhi cara kita hidup. yang meliputi makanan yang kita makan, pakaian yang kita pakai, aktivitas rekreasi yang kita nikmati, kan rumah yang kita bangun.

3. Halim Khan. menurut beliau Geografi adalah lingkungan alam semesta dan seisinya merupakan wilayah untuk melakukan kegiatan dan mendeskripsikan, menganalisis, menikmati tingkah laku manusia di Bumi guna untuk meneliti keberlangsungan hidup.

4. Bintarto. bintarto berpendapat bahwa geografi bisa juga diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mencitrakan, mengupas sifat-sifat yang ada di bumi, menganalisis gejala-gejala alam serta penduduk. serta mempelajari corak yang khas tentang kehidupan manusia dan berusaha mencari fungsi dari unsur unsur bumi dalam ruang dan waktu.

5. Menurut hasil seminar dan lokakarya geografi di Semarang tahun 1988. geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengupas mengenai persamaan serta perbedaan gejala alam, kehidupan di muka bumi (gejala geosfer) dan interaksi hubungan antara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan.

  Dari beberapa pengertian pengertian di atas. dapat kita simpulkan dari berbagai ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan kehidupan dimuka bumi dan seisinya antara manusia dan lingkungannya dalam kaitanya dengan hubungan atau susunan keruangan dan kewilayahan.

 Mungkin Hanya itu yang bisa saya tulis mengenai pengertian batasan geografi menurut para ahli. Semoga dapat membantu pemahaman anda. sampai jumpa pada artikel berikutnya

0 Response to "Pengertian Batasan Geografi Menurut Para Ahli, Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel