Pengertian Bahasa Indonesia, Sejarah Dan Fungsi Bahasa Indonesia Terlengkap

Pengertian bahasa indonesia.
  Nahasa indonesia adalah Bahasa yang resmi di negara kita. bahasa indonesia sudah menjadi bahasa persatuan bahkan sudah menjadi bahasa persatuan dari berbagai banyak bahasa di indonesia. bahkan kita sudah mempunyai bahasa satu yang bisa memersatukan kita, yakni bahasa indonesia.

Melihat kenyataan yang terjadi pada era saat ini, bahwa bahasa indonesia belumbisa menjadi bahasa yang utama di turunan kelas menjadi bahasa kelas dua. jadi tidak bisa di pungkiri dengan kenyataan yang ada, mungki masih bayak yang bertaya bahasa apa yang selama ini mendominasi?. Jawabnya luas dan banyak kita temui disekitarkita. seperti bahasa daerah, bahasa gaul, bahasa campuran yang mendominasi pada setiap percakapan. namun jika kita berbisaca dengan bahasa lain, kita tidak tahu bahasa mereka dan merekapun tidaktahu bahasa kita, maka bahasa indonesialah yang menjadi pemersatu bahasa diantara mereka.

Sejarah bahasa Indonesia.
  Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia yang sebagaimana disebutkan dalam undang-undang dasar negara Republik Indonesia 1945 pasal 36. yaitu bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia sebagaimana disyaratkan dalam Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Walaupun demikian ia hanya sebagian kecil dari penduduk Indonesia yang benar-benar menggunakan bahasa Ibu karena dalam percakapan sehari-hari yang tidak resmi masyarakat Indonesia lebih suka memilih menggunakan bahasa daerahnya masing-masing sebagai bahasa ibu. seperti bahasa Jawa, bahasa Melayu, bahasa Sunda, bahasa Batak dan lain sebagainya.

  Sejarah bahasa Indonesia. bahasa Indonesia merupakan salah satu dialek temporal dari bahasa Melayu yang struktur maupun hanya sebagian masih sama atau mirip dengan dialek dialek temporal. seperti bahasa Melayu klasik dan bahasa Melayu kuno. secara sosiologis, bolehlah kita semua katakan bahwa bahasa Indonesia tentu dianggap atau diterima keberadaannya pada tanggal 28 Oktober 1928, dan baru resmi bahasa Indonesia diakui keberadaannya pada tanggal 18 Agustus 1945.

  Awal penciptaan bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa berawal dari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. di sanalah Pada kongres nasional kedua di Jakarta dicanangkan lah penggunaan bahasa Indonesia. sebagai bahasa untuk negara Indonesia. saekano tidak memilih bahasanya sendiri, Jawa (merupakan juga bahasa mayoritas pada saat itu) tetapi beliau memilih bahasa Indonesia yang beliau dasarkan dari bahasa Melayu yang dikatakan di Riau.

  Bahasa Melayu Riau yang dipilih, dan bukan bahasa Melayu Pontianak dan Banjarmasin atau Samarinda atau Maluku atau Jakarta. dengan pertimbangan pertama suku Melayu berasal dari Riau, Sultan Agung Malaka yang terakhir pun lari ke Riau setelah Malaka direbut oleh Portugis. kedua ia sebagai lingua franca bahasa Melayu Riau yang paling sedikit terkena pengaruh misalnya dari bahasa Tionghoa. tio ciu. ataupun dari bahasa bahasa lainnya.

  Dengan memilih bahasa Melayu Riau para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia bersatu lagi seperti pada masa Islam berkembang pertama di Indonesia. namun kali ini dengan tujuan persatuan dan kebangsaan Negara Republik Indonesia. bahkan Indonesia yang sudah dipilih ini kemudian distandarisasikan lagi dengan Nahu atau tata bahasa. dan kamus buku juga diciptakan, Hal ini bertujuan dilakukan pada zaman penjajahan Jepang agar Indonesia tetap bersatu dalam bahasa Indonesia.

Fungsi Bahasa Indonesia
  • Mewujudkan hubungan dan interaksi dalam kehidupan sehari hari. percakapan yang digunakan dapat memakai bahasa format atu nonformal.
  • Mewujudkan seni(Sastra). Bahas ayng dapat di pakai untuk mengungkapkan atau percakapan sebuah perasaan melalui media seni dan khususnya dalam hal-hal sastara. namun terkadang bahasa yang di pakai mempunyai makna donasi atau makna yang tersirat.
  • Mempelajari bahasa kuno.dengan demikian akan dapat mengetahui peristiwa atau kejadian kejadian dimasa lampau.
  • Memahami imtek. pengetahuan yang di miliki eleh manusia akan selalu di catat dan di dokumentasi agar manusia lain nya juga bisa mempergunakannya. dan melestarikan demi kebaikan manusia.

Demikianlah pengertian tentang Pengertian Bahasa Indonesia, Sejarah Dan Fungsi Bahasa Indonesia Terlengkap. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, sampaijumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Pengertian Bahasa Indonesia, Sejarah Dan Fungsi Bahasa Indonesia Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel