Mutasi Tingkat Gen Dan Tingkat Kromosom Menurut Ahli Biologi

  Mutasi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu, mutasi tingkat gen dan mutasi tingkat kromosom.
mutasi gen adalah perubahan urutan basa pada DNA yang mengakibatkan terjadinya perubahan kodon dan akhirnya mengubah urutan asam amino pada polipeptida yang terbentuk tersebut.

  Mutasi kromosom adalah terjadi karena perubahan jumlah kromosom, dan hilangnya atau bertambahnya salah satu segmen sebuah kromosom.

Berikut ini akan kami jelaskan kedua macam mutasi tersebut.

Mutasi tingkat gen.

  Mutasi gen disebut juga mutasi titik. mutasi gen terjadi akibat perubahan urutan basa pada DNA atau nukleotida pada DNA. nukleotida adalah senyawa penyusun DNA yang terbentuk dari basa nitrogen. gula, dan fosfat. akibat perubahan urutan basa pada DNA, pesan-pesan DNA dalam bentuk kodon pada RNA-d juga berubah. selanjutnya, kodon yang telah berubah itu akan diterjemahkan ke dalam urutan asam amino pada proses sintesis polipeptida. akibatnya, polipeptida yang terbentuk tidak sesuai dengan kondisi sel yang normal. secara singkat dapat dikatakan bahwa mutasi gen dapat mengakibatkan terjadinya perubahan polipeptida atau protein yang dihasilkan. akibat berikutnya adalah dapat mempengaruhi metabolisme sel sel dan sifat-sifat sel. dengan kata lain perubahan genotipe akan dapat mempengaruhi fenotipe individu.

  Mutasi gen jarang terjadi secara alamiah, akan tetapi tiap-tiap gen dari suatu individu mempunyai kecepatan mutasi yang khas. tergantung dari probabilitas gen yang bermutasi selama replikasi DNA. suatu gen sudah ter mutasi jika mempunyai kecepatan mutasi 10 (1 juta) artinya setiap satu juta kali replikasi ada satu bagian gen yang termutasi. mutasi tingkat gen terjadi apabila nukleotida pada DNA mengadakan duplikasi (pengadaan) insersi (penyisipan) delesi (Kehilangan nukleotida akibat terlepas dari ikatannya) atau inversi (terbaliknya letak nukleotida). Bagaimana perubahan urutan nukleotida pada gen itu terjadi?. pelajari uraian berikut untuk memahami perubahan jenis basa nitrogen perubahan letak urutan basa nitrogen, dan perubahan jumlah nukleotida.

Belum ada Komentar untuk "Mutasi Tingkat Gen Dan Tingkat Kromosom Menurut Ahli Biologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel