Macam Dan Faktor Penyebab Mutasi Dalam Ilmu Biologi Beserta Contohnya Terlengkap

  Berdasarkan kejadiannya, mutasi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu mutasi alami dan mutasi buatan. di sini akan saya jelaskan secara rinci di bawah ini.

Mutasi alami

  Mutasi alami terjadi pada alam dengan sendirinya, mutasi alami berlangsung sangat lambat dan jarang sekali terjadi. diduga, mutasi alami berlangsung satu di antara 2000 hingga 1 miliar kejadian yang memungkinkan terjadinya mutasi tersebut. artinya, jika ada satu milyar kejadian hanya satu kejadian yang mengalami mutasi, sedangkan sisanya normal semua. mutasi alami terjadi karena

a. Pancaran sinar kosmis atau sinar luar angkasa.
b. Sinar radioaktif yang terdapat di alam sekitar.
c. Sinar ultraviolet.
d. Radiasi internal dari bahan radioaktif yang mungkin masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau saluran pernapasan akibat pencernaan radioaktif.
e. Kkesalahan sewaktu replikasi DNA.

mutasi alami umumnya merugikan individu yang mengalaminya dan keturunannya. individu yang mengalami mutasi disebut mutan. Gen muatan umumnya bersifat resesif. seringkali muatan ini tidak dapat hidup di lingkungan karena tidak dapat beradaptasi. akan tetapi pada mutan yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, mampu bertahan hidup dan menghasilkan keturunan baru. keturunan baru itu dapat berbeda sama sekali dari induk sebelumnya. dengan demikian muncullah spesies baru atau bahkan varietas baru yang berbeda dengan nenek moyangnya. terbentuknya jenis baru karena mutasi alami ini merupakan salah satu mekanisme evolusi biologi.

Mutasi buatan

  Mutasi buatan atau mutasi induksi adalah perubahan materi genetik yang dilakukan oleh manusia, koperasi yang diharapkan adalah mutasi yang menguntungkan terutama bagi manusia. namun perlu diingat, menguntungkan bagi manusia belum tentu menguntungkan bagi mutan itu sendiri.

ada dua faktor utama penyebab mutasi yaitu:
a. Radiasi oleh sinar, contohnya sinar X (sinar rontgen) sinar ultraviolet, Neutron, dan sinarnya.
b. Zat-zat kimia, misalnya gas metana, kafein, formaldehida, kolkisin, obat-obatan tertentu, pengawet makanan, benzopirene, dalam asap rokok, serta pestisida.

  Semua faktor penyebab mutasi itu disebut mutagen. mutagen yang lain misalnya jenis virus tertentu dan suhu tinggi. mutan karena benzopirene, pengawet makanan dan virus jenis tertentu dapat mengakibatkan timbulnya sel-sel kanker pada tubuh manusia.

  Itulah sedikit penjelasan tentang Macam Dan Faktor Penyebab Mutasi Dalam Ilmu Biologi Beserta Contohnya Terlengkap Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Macam Dan Faktor Penyebab Mutasi Dalam Ilmu Biologi Beserta Contohnya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel