Berdirinya Pemerintahan Bani Abbasiyah

  Semua keadaan di atas menjadi permasalahan yang sulit dipecahkan oleh pemerintahan Bani Umayyah. sekitar awal abad ke-8 (720M) kebencian terhadap pemerintah Bani Umayyah telah tersebar luas. kelompok-kelompok yang merasa tidak puas bermunculan. kelompok-kelompok itu adalah:

  • Kelompok muslim non Arab yang memprotes kedudukan mereka sebagai warga kelas dua dibawah muslim Arab.
  • Kelompok khawarij dan Syiah yang menganggap Bani Umayyah sebagai perampas Khalifah.
  • Kelompok muslim Arab di Mekah, Madinah, dan Irak yang merasa sakit hati atas status istimewa penduduk Suriah.
  • Kelompok muslim yang Saleh. baik Arab maupun non Arab yang memandang keluarga Bani Umayyah telah bergaya hidup mewah dan jauh dari jalan hidup Islami


  Kelompok-kelompok tersebut membentuk suatu kekuatan gabungan yang dikoordinasi oleh keturunan all abbas, Paman Nabi Muhammad saw. untuk mencari dukungan masyarakat luas kelompok Bani Abbasiyah melakukan propaganda yang mereka sebut sebagai usaha dakwah. Gerakan dakwah dimulai ketika Umar bin Abdul Aziz berkuasa (717-720 M). Umar bin Abdul Aziz memimpin dengan adil. ketentraman dan stabilitas negara memberi kesempatan kepada gerakan Bani Abbasiyah untuk menyusun dan merencanakan kegiatannya di Al-humaymah.

  Pemimpin gerakan dakwah waktu itu adalah Ali bin Abdullah bin Abbas. Dia kemudian digantikan oleh anaknya, Muhammad. Iya memperluas gerakan Bani Abbasiyah dan menetapkan tiga kota sebagai pusat gerakan. dan ketiga kota itu adalah Al humaymah sebagai pusat perencanaan dan organisasi, kuffah sebagai Kota penghubung, dan khurosan sebagai pusat gerakan praktis. Muhammad meninggal pada tahun 743 M dan digantikan oleh anaknya, Ibrahim Al Imam, Iya kemudian menunjuk seorang khurosan sebagai panglima perangnya, ya itu abu muslim al-khurasani.

  Abu muslim al-khurasani adalah seorang pemuda yang menumpahkan bakat kepemimpinan Dan keberanian yang luar biasa. padahal waktu itu ditunjuk sebagai panglima oleh Ibrahim Al Imam, Iya baru berusia 19 tahun. Iya mencapai sukses besar di khurosan. dia berhasil menarik simpati sebagai besar penduduk pernah dalam sehari ia berhasil mengumpulkan penduduk dari sekitar 60 desa di sekitar merv. banyak tuan tanah di Persia (Dih kan) yang mengikutinya. Iya berkampanye untuk memunculkan rasa kebersamaan di antara golongan Alawiyyin (Bani Ali) golongan Syi'ah, dan orang-orang persia untuk menentang Bani Umayyah yang telah menindas mereka.

0 Response to "Berdirinya Pemerintahan Bani Abbasiyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel