Penjelasan dan Pengertian Tenaga Eksogen. Besrta Jenis-Jenis dan Contoh Tenaga Eksogen Lengkap

Tenaga Eksogen Merupakan tenaga yang bukan berasal dari bumi, namun sifatnya dapat membuat kerusakan permukaan bumi. Sumber tenaga eksogen bisa berasal dari tenaga air. sinar matahari. angin. organisme dan gletser yang dapat mengakibatkan pelapukan/ erosi, sedimentasi dan denudasi. secara lazim nya tenaga eksogen bersal dari 3 sumber:

  • Atmosfer. Yaitu perubahan suhu dan angin.
  • Air. Air yang membentuk aliran air, seperti siraman air hujan, hempasan gelombang air laut, gletser dan sebagainya.
  • Mahluk hidup. Mahluk hidup yang sudah menjadi jasad renik, seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia.

Contoh tenaga eksogen yaitu, tebing atau bukit yang terbentuk oleh tenaga eksogen, lalu terkikis oleh angin dan mengubah bentuk bumi.


Jenis dari tenaga Eksogen

Dibawahini macam macam tenaga eksogen menurut para ilmuan. 

Pelapukan.
Pelapukan ialah sistem perusakan bagian luar bumi yang di tibulkan secara biologi, kimia atau fisis. Proses perusakan yang terjadi mampu berbentuk alterasi (Berubahnya komposisi material) dan flagsinasi (Pemisahan kristal berasal dari larutan magma) batuan maupun material lainnya. diatas atau di dekat permukaan bumi yang di sebabkan oleh beberapa faktor, layaknya cuaca dan iklim, perubahan suhu, terpapar unsur kimia yang terlarut bersama air hujan hingga ulah manusia.

Proses pelapukan bisa berpengaruh terhadap komposisi tanah dan dari terbentuknya batuan sedimen di dalam tanah. selain dari itu proses pelapukan membuat material yang pada mulanya besar jadi bagian bagian yang lebih kecil.

Secara garis besar pelapukan dibagi menjadi 3 bagian.

1. Pelapukan secara fisik (Mekanis)
Pelapukan Mekanis yaitu, perubahan yang melibatkan bentuk dari batuan luar atau pergerakan yang berasal kari material tersebut. pada pelapukan fisik, material hancur menjadi bagian yang lebih kecil tanpa mengubah komponen atau lapisan kimia terhadap material tersebut. beberapa aspek yang mempengaruhi pelapukan secara mekanik, yaitu sebagai berikut:

  • Perubahan suhu
  • Berkurangnya tekanan
  • Pembekuan
  • Pengkristalan

2. Pelapukan secara kimia.
Pelapukan kimia terjadi dikarenakan terdapatnya perubahan komposisi kimia yang berasal dari material yang terlibat. perubah ini dapat memancing reaksi kimia pada zat kimia baru yang berasal dari zat kimia yang sudah ada. terkadang reaksi ini juga melibatkan unsur unsur di atmosfer atau mineral terhadap kerak bumi. akibatnya, material tersebut mampu terjadi pelapukan

3. Pelapukan secara biologi
Pelapukan secara biologi ataupun juga pelapukan organik adlah pelapukan yang kebanyakan disebabkan oleh aktifitas mahluk yang menyebabkan hancurnya material menjadi komponen yang lebih kecil. pelapukan ini mampu terjadi secara fisik ataupun secara kimia. basanya yang secara fisik tersebut di sebabkan oleh mahluk hidup besar dan kuat layak nya manusia, hewan, tumbuh tumbuhan. sedangkan yang secara kimiawi, disebabkan oleh mahluk hidup kecil layaknya babteri kecil.







0 Response to "Penjelasan dan Pengertian Tenaga Eksogen. Besrta Jenis-Jenis dan Contoh Tenaga Eksogen Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel