Inilah Cara Penyerbukan Bunga Asoka Beserta Penjelasannya Secara lengkap

Mungkin salah satu dari kalian pernah menghisap cairan manis pada sebuah bunga ketika Anda masih kecil dulu?. jika jawabannya Iya pernah melakukan, Apakah bunga tersebut berwarna merah dan mempunyai kelopak?. jika semua ciri-ciri tersebut ada pada bunga maka bunga tersebut bisa jadi bunga asoka

Bunga asoka seringkali disebut anak-anak sebagai bunga madu, karena rasanya yang manis dan lezat. namun pada sebagian orang menyebut bunga asoka dengan soka. dari segi penanamannya, bunga asoka memang cukup mudah. tidak hanya namanya saja keberadaannya di lingkungan sangat mudah sekali ditemukan. mungkin saat ini di sekitar rumah Anda masih ada yang menanam bunga asoka tersebut guna untuk hiasan maupun tanaman liar.


Saat masih musim berbunga, ada sebagian orang yang menunggu bunga asoka Mekar hanya untuk mencicipi nektar yang ada di bunga asoka tersebut. tak hanya anda saja yang ingin mencicipi bahkan hewan polinator pun sangat banyak menghampiri bunga asoka saat mekar. kupu-kupu, lebah, dan kumbang dapat dengan mudah ditemukan pada permukaan mahkota bunga asoka ketika mekar. syarat hewan ketiga tersebut hinggap di bunga asoka, inilah yang dinamakan proses penyerbukan terjadi. namun cara Penyerbukan bunga raflesia oleh hewan polinator pada bagian-bagian bunga dan potnya sangat berbeda. di bawah ini penjelasan mengenai cara Penyerbukan bunga asoka menggunakan bantuan hewan polinator.

Inilah Penyerbukan bunga asoka.

  Hewan yang bisa membantu bunga asoka untuk melakukan penyerbukan yaitu kupu-kupu, lebah, dan kumbang. selain untuk membantu proses penyerbukan, fungsi dari kupu-kupu dan hewan polinator yang lain sangat banyak. salah satunya membantu makhluk hidup lain untuk tetap hidup Sehingga siklus dari tanaman ini tetap terjaga.

  • Penyerbukan bunga asoka bisa dimulai saat bunga ini berada dalam kondisi mekar, tepatnya pada musim penghujan. semakin lama pembungaan bunga asoka, maka bunga ini akan menghasilkan sebuah cairan bening yang bisa anda temukan pada struktur anatomi bunga nya.
  • Saat hewan polinator hinggap dan menghampiri bunga asoka, contoh saja bunga ini masih dalam kondisi Mekar dan mempunyai nektar yang melimpah.
  • Ketikan hewan polinator menghinggapi dan mengambil cairan nektar.
  • Benang sari yang mencuat diantara kelopak bunga asoka tersentuh oleh hewan ini karena serbuk sari dihasilkan oleh benang sari dan akhirnya serbuk sari akan dengan mudah tersebar.
  • Saat jatuh kepada putik bunga asoka, kondisi inilah bunga asoka akan mengalami pembuahan.

Karena Penyerbukan bunga asoka oleh hewan sering dilakukan maka jarang sekali ada bantuan manusia yang melakukan penyerbukan. tanaman ini biasanya dilakukan perbanyak dengan cara menanam biji atau stek. perbanyak dengan biji merupakan tahapan lanjutan saat pembuahan dari proses penyerbukan serbuk sari dan putik berhasil. supaya Anda lebih mudah memahaminya Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Cara memperbanyak bunga asoka dengan biji.

  Cara mengembangbiakkan bunga asoka menggunakan biji hampir sama dengan memperbanyak biji pada bunga lainnya. langkah pertama yang perlu Anda siapkan yaitu biji dari hasil pembuahan bunga asoka yang sebelumnya sudah anda peroleh. selanjutnya Anda bisa memilih lahan yang tepat untuk Anda Tanami bunga asoka. kemudian tanam biji bunga asoka yang sudah hendak kecambahkan dengan merendamnya di air kurang lebih selama 24 jam. setelah anda menanamnya Anda bisa melakukan kegiatan perawatan seperti penyiraman, penyiangan serta pemupukan, hal ini tergantung dari kondisi tanaman bunga asoka yang anda tanam tadi.

Perbanyak bunga asoka dengan metode stek.

  Tidak semua tanaman bisa dengan mudah dilakukan stek. dalam hal ini orang Ahli botani atau orang yang suka berkebun memberikan perlakuan khusus pada tanaman yang sulit dilakukan stek. dengan demikian dalam menentukan ciri-ciri tanaman yang bisa di stek dengan tidak perlu perlakuan khusus dan memerlukan perlakuan khusus. hal ini sangat penting anda perhatikan.

Pada bunga asoka bahan stek yang digunakan biasanya batangnya. pertama yang perlu anda perhatikan yaitu memiliki batang yang tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua menjadi beberapa bagian, lalu rendam potongan tersebut ke dalam larutan hormon. pertumbuhan setelah itu Anda bisa menanamnya.

Nah mungkin hanya itu penjelasan tentang Cara Penyerbukan Bunga Asoka Beserta Penjelasannya Secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. sampaijumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Inilah Cara Penyerbukan Bunga Asoka Beserta Penjelasannya Secara lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel