Inilah Cara Penyerbukan Bunga Alamanda Beserta Penjelasannya Secara lengkap

Bunga alamanda merupakan bunga hias yang masih termasuk golongan tanaman bergetah. dan getah bunga alamanda itu sendiri bisa membuat hewan lain mengalami kerusakan pada anggota tubuh yang terkena getah bunga alamnda. dan jika terkena kulit manusia bisa menyebabkan penyakit kulit. walaupun demikian, bunga alamanda selalu menjadi bunga yang indah dikalangan pencinta bunga.


Anda yang ingin menanam bunga alamanda, ada yang perlu anda perhatikan sebelumnya. dari mulai proses penanaman, pemilihan bibit, cara penyerbukan, cara pemanenan dan pemeliharaan bunga alamanda. dari semua itu ad yang paling penting, yaitu kegiatan penyerbukan bunga alamanda, kenapa harus melakukan penyerbukan, karena hal ini menjadi hal penting dalam memelihara bunga alamanda dan untuk menghasilkan bunga yang banyak dan indah. oleh sebab itu penyerbukan menjadi salahsatu kegiatan yang penting dan yang perlu di perhatikan.

Ada banyak tehnik untuk melakukan penyerbukan bunga alamanda, contohnya penyerbuukan menggunakan anemogami, air, hewan, dan manusia, akan tetapi dari semua langkah tadi belum tentu semua cocok di lakukan untuk bunga alamanda yang anda tanam. takperlu berlama lama lagi anda menunggu. di bawah ini saya jelaskan mengenai cara penyerbukan bunga alamanda.

  • Pilihlah bunga alamanda yang sesuai dengan keinginan anda, bisa mengunakan bunga alamanda yang ingin di kawinkan dengan beda warna.
  • Siapkan pinset/ korek kuping/ kayu dan gunting/ pisau sebagai alat untuk membantu penyerbukan bunga alamanda.
  • Bukalah bagian benang sari bunga alamanda menggunakan guting/ pisau yang tajam. pada bagian bunga alamanda yang anda gunting yaitu bagian tengah yang berbentuk seperti korek yang berwarna kuning dan hijau, bagian tersebut adalah benang sari bunga alamanda.
  • Ketika anda sudah memotong pada bagian bunga tersebut, anda bisa langsung menggosok gosokan pada stigma bunga alamanda yngberbentuk benjolan berbulu pada bagian tengah.

Cara diatas merupakan cara penyerbukan bunga alamanda dengan menggunakan bantuan manusia. namun ada interaksi tanaman bunga alamanda dengan mahluk lain seperti hewan sebagai komponen biotik dan dapat menyebabkan adanya simbiosis mutualisme.

Disini saya jelaskan mengenai cara penyerbukan bunga alamanda menggunakan bantuan hewan.

  • Bunga alamanda dilakukan penyerbukan, yaitu bunga alamanda yang mempunyai mahkota bunga yang mekar, warna dari bunga yng mencolok dan mempunyaai aroma wangi oleh bunga alamanda tersebut.
  • Dengan ketiganya memiliki hewan pollinator, maka hewan tersebut akan mencari apakah ada sumber makanan pada bunga tersebut.
  • Jika mereka ingin keluar dari bagian bunga alamanda, maka serbuk sari akan melekat pada tubuh hewan polinator tersebut.
  • Apabila mereka hinggap pada bunga alamanda yang lain, maka proses penyerbukan bisa terjadi. hal ini yang mendukungnya lagi yaitu ketika serbuk sari jatuh pada stigma bunga alamanda.

Selain penyerbukan menggunakan bunga alamanda yang indah dan beragam, anda bisa menggunakan tehnik grafting. tanaman yang bisa dilakukan grafting tersebut adlah tanaman yang mempunyai batang yang cukup kuat untuk bisa bertahan hidup selama proses penumbuhan jaringan kulit baru ketika di sambung. adapun grafting itu sendiri merupakan perkembang biakan tumbuhan secara vegetatif. di bawah ini bunga alamanda dengan  warna yang berbeda dengan menggunakan grafting.

  • Siapkan bunga alamanda dengan bunga aamanda yang lain, misalnya kuning, atau biru.
  • Potong pada bagian tangkai yang ingin anda sambungkan. cara memotongnya miring, agarbisa di sambungkan pada cabang yang di inginkan.
  • Pada cabang yang akan di sambung anda belah sedikit cabany tersebut, agar bisa memudahkaan dalam proses penyambungan nya.
  • Lalu pada cabang bunga alamanda yang ingin di sambungkan di beri hormon tumbuhan supaya proses pertumbuhan nya bagus.
  • Ikatlah menggunakan tali atau plastik supaya tidak ada hewan yang memakan atau merusak cabang tersebut.
  • Siram dan amati, jika ada perubahan positif maka proses grafting berhasil.

Itulah sedikit informasi tentang cara penyerbukan bunga alamanda, semoga anda bisa menanam bunga alamanda sendiri. sampaijumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Inilah Cara Penyerbukan Bunga Alamanda Beserta Penjelasannya Secara lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel