Inilah 6 Negara Yang Pernah Menjajah Indonesia Menurut Ahli Sejarah

  Sejak zaman dahulu kala Indonesia telah dikenal sebagai negara kaya raya, kepulauan kepulauan nusantara telah dikenal oleh dunia sebagai negeri yang kaya raya. maka tak heran jika sejak dulu bangsa dunia Telah melakukan praktek kolonialisme penjajahan di nusantara ini, karena tergiur dengan kekayaan alamnya yang sangat melimpah.


Berikut ini adalah negara-negara yang diketahui menjajah Indonesia menurut sejarah

1. Portugis.

  Bangsa Portugal dahulunya bernama Portugis, pada tahun 1512 seorang pelaut Portugis bernama Francisco serrao berhasil berlayar kepulauan Maluku. pada awalnya raja Ternate menyambut baik kedatangan bangsa Portugis tersebut ke Maluku. bahkan Portugis desain kan untuk mendirikan benteng ke Ternate, namun pada akhirnya, hubungan dagang antara Ternate dan Portugis diputuskan karena Portugis melakukan praktek monopoli yang tak sehat. antara perdagangan rempah-rempah di Maluku sehingga bangsa Portugis didesak kembali dan hubungan dagang diputuskan Sejak saat itu.

2. Spanyol

  Sejak awalnya bangsa Spanyol melakukan koalisi terhadap kerajaan tidore untuk melawan kerajaan Ternate yang bersekutu dengan Koalisi Portugis. namun pada akhirnya, untuk mencegah kerugian yang cukup besar pada pihak Spanyol dan Portugis dideklarasikan perjanjian Saragoza, pada tahun 1538 yang isinya antara lain.

a. Spanyol harus meninggalkan Maluku dan memutuskan kegiatan di Filipina.
b. Portugis tetap melakukan aktivitas perdagangan di Maluku.

  Pernyataan bahwa Portugis memperoleh kepulauan Maluku dan Spanyol memperoleh wilayah Filipina, Kemudian pada tahun 1960 Spanyol mendirikan pos-pos pertahanan di Manado, namun pada awal tahun 1617-1646 Spanyol diusir dari Minahasa dan akhirnya pada tahun 1692 Spanyol berhasil sepenuhnya diusir dari Sulawesi Utara.

3. Belanda

  Kolonialisasi Belanda di Indonesia diperkirakan mencapai 350 tahun atau sekitar 3 setengah abad, namun dalam kolonialisasi yang tidak mencakup seluruh wilayah di Indonesia, melainkan hanya di wilayah yang berada di wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan papua saja. contohnya saja kerajaan Aceh yang senantiasa melakukan perlawanan untuk menolak pengaruh VOC, pada perkembangan selanjutnya VOC mulai ikut campur dalam pemerintahan kerajaan-kerajaan di nusantara. tidak sampai di situ kebijakan-kebijakan VOC dinilai menindas rakyat pribumi. sehingga rakyat di beberapa daerah melakukan perlawanan dengan VOC. pada abad ke 18 VOC mengalami kemunduran. kemunduran yang dialami kok umumnya diakibatkan banyak oleh perlawanan senjata, yang dilakukan oleh rakyat nusantara. dan korupsi yang merajalela di kalangan pegawai Voc. akhirnya pada tanggal 31 Des 1799 VOC secara resmi dibubarkan oleh pemerintah Belanda, dan Sejak saat itu Indonesia di bawah kekuasaan Belanda secara langsung yang diwakili oleh beberapa gubernur jenderal, seperti Daendels dan Janssens

4. Perancis
 
  Jenderal Daendels yang berada di Hindia Belanda. dia memang orang Belanda tetapi bekerja untuk kerajaan Perancis, di bawah kekuasaan Kerajaan Napoleon dan awal mula dikirim ke Indonesia adalah untuk melindungi Negeri jajahan Belanda, yang saat itu berubah mejadi republik Batam dari serangan Inggris. bukti lain bahwa Indonesia pernah dijajah Perancis adalah beredarnya mata uang dengan inisial huruf LN, yang merupakan singkatan dari penguasaan Perancis yang saat itu bernama Louis Napoleon.

5. Inggris

  Pemerintah Inggris telah berkuasa langsung mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai gubernur jenderal Indonesia pada tanggal 17 September 1811. pemerintahan Raffles di Indonesia membawa banyak sekali perubahan diantaranya adalah penghapusan sistem monopoli, menghapus perbudakan, membagi pulau Jawa menjadi 16 karasidenan. pada tahun 1814 dilakukanlah Konvensi London yang isinya pemerintahan Belanda berkuasa kembali batas wilayah jajahan Inggris di Indonesia. lalu baru pada tahun 1816 pemerintahan Inggris di Indonesia secara resmi berakhir, dan Sejak saat itu Belanda berkuasa kembali di Indonesia hingga tahun 1942.

6. Jepang

  Sejak tahun 1868 Jepang melakukan berbagai modernisasi besar-besaran yang dikenal dengan Restorasi Meiji. dan Sejak saat itu Jepang menjadi negara industri yang sangat modern. pada tahun 1941 Jepang menyerang folhefer Dan mulai saat itu Amerika Serikat mulai melakukan perang dunia yang kedua. untuk membiayai mesin-mesin perang dan industri agar tetap berjalan maka Jepang melakukan invasi ke beberapa daerah bahan mentah termasuk Indonesia. pada tahun 1942 Belanda menyerang tanpa syarat kepada Jepang dalam sebuah perjanjian di Kalijati. Sejak saat itu berakhirlah masa penjajahan Belanda di Indonesia dan digantikan oleh Jepang. Jepang sendiri menjajah Indonesia hanya dalam waktu 5 tahun. dan berakhir pada tahun 17 Agustus 1945. yaitu tepat pada saat proklamasi Indonesia.

  Itulah sedikit kisah tentang 6 Negara Yang Pernah Menjajah Indonesia Menurut Ahli Sejarah. semoga dapat menambah pemahaman anda.,

Belum ada Komentar untuk "Inilah 6 Negara Yang Pernah Menjajah Indonesia Menurut Ahli Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel