Tari Saman Adalah Tarian Suku Gayo Berasal Dari Aceh Yang Di Ciptakan Oleh Sheikh Saman

Tari saman adalah tari suku gayoh yang bersal dari Aceh, yang di mulai dari abat ke-14 yang di dirikan oleh seorang ulama besar yang bernama Sheikh Saman. sebenarnya tarian ini hanyalah tarian biasa yang di mainkan rakyat sekitar (pok bername Ane). seiring budaya islam yang masuk ke gayo dan bercampuraduk pada saat itu dengan permainan Pok Ane. sehingga nyanyian permainan Pok Ane di iringi dengan music, awalnya hanya sebagi pelengkap saja, dan di artikulasikan lagi menjadi lagu yang penuuh dengan makna dan taklain memuji kebesaran Allah swt.  budaya islam juga mengubah sedikit gerakan pada tarian saman, mulai dari pat dan perbahan tempat duduk.

Pada masa waktu itu Tari saman dari aceh mulanya hanya di tampilakan pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW, di masjid atau musholla saja. namun seiring perkembangan nya, tari gayoh ini sering di mainkan sering di mainkan pada acara Publik seperti Pesta ulangtahun, Pernikahan, Syukuran bayi yang baru lahir. dan acara yang lain sampai saat ini.


Tari Saman juga di kategorikan tari melayu. yang berasal dari wilayah aceh tenggara, tempatnya di dataran tinggi Gayo. "Saman" yang di ambil dari nama penciptanya, yaitu Sheikh Saman, Beliau adalah salah satu Ulama yang menyebarkan agama islam di daerah aceh. Puisi atau lagu yang di gunakan tari saman Bahasa arab. lirik lagu yang biasanya di gunakan pada tari saman berisi pesan propaganda, sindiran, saran anda, dan asmara anda.

Tari saman diduga bersal dari tarian melayu kuno, hal ini bisa di lihat dari dua gerakan yang umum digunakan dalam tarian melayu kuno. seperti pat dada dan tepuk tangan. menurud dari cerita suku Gayo, Sheikh Saman menyebarkan islam saat mempelajari tarian melayu kuno. sehngga dalam menyebarkan agama islamnyapun cukup mudah. Sheikh Saman dalam dalam melakukan dakwah menggunakan ayat-ayat dan di padukan dengan gerakan tari, sampai sekarang.

Tarian saman, sejak pertamakali di tampilkan dalam acara ritual-ritual tertentu. salah satunya memperingati upacara islam yaitu kelahiran Nabi Muhammada SAW. dan masih berjalan sampai sekarang. namun sekarang tari saman seringkali di tampilkan dalam acara resmi Negara, kunjungan tamu negara, atau pembukaan festival dan acara-acara lainnya.

Selama dalam kependudukan Belanda, Pertunjukan tari saman ini sangat dilarang. kata mereka tarian ini mengandung unsur syihir yang sangat menyesatkan. namun tarian ini tidak di haraukan oleh masyarakat aceh. tari Saman terus berkembang dan terus berkembang sampai saat ini. selain itu tari saman tidak hanya di lakukan oleh NAD (nandro aceh darussalam). melainkan di kota kota lain di indonesia. bahkan sampai ke nagara-negara pelosok eropa.

0 Response to "Tari Saman Adalah Tarian Suku Gayo Berasal Dari Aceh Yang Di Ciptakan Oleh Sheikh Saman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel