Prinsip-prinsip geografi serta unsur-unsur nya

1. Gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari.
 
  Di bumi, ada beberapa gejala alam yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia. timbulnya gejala gejala alam ini tidak bisa dikendalikan oleh manusia. fenomena alam mendukung dan sekaligus membatasi aktivitas manusia. pada batas-batas tertentu manusia harus menyesuaikan diri dengan alam.

  Beberapa gejala alam yang mempengaruhi kehidupan manusia yaitu: kondisi iklim, gempa bumi, vulkanisme, serta bentuk Medan permukaan bumi. semua gejala alam tersebut mempunyai pengaruh yang berbeda-beda terhadap kehidupan manusia.

2. Prinsip-prinsip geografi serta unsur-unsur geografi.

  Prinsip geografi menjadi landasan uraian pembahasan pengungkapan gejala dan masalah geografi, ketika manusia pendekatan terhadap objek yang dipelajari, prinsip geografi harus selalu digunakan. sejarah teoretis, prinsip-prinsip geografi ini terdiri atas beberapa persebaran seperti, prinsip interelasi, prinsip deskripsi, serta prinsip korologi atau prinsip keruangan.

a.  Prinsip persebaran.
  Prinsip persebaran adalah suatu gejala dan fakta yang tersebar tidak merata pada permukaan bumi yang meliputi bentangan alam, manusia, tumbuh-tumbuhan dan hewan.

b. Prinsip interelasi.
  Dasar kedua yang digunakan untuk membahas dan mengkaji gejala dan fakta geografi adalah prinsip interelasi, prinsip interelasi ini secara lengkap adalah interelasi dalam ruang. prinsip interelasi adalah sesuatu yang berhubungan dalam ruang antara gejala yang satu dengan yang lain.

c. Prinsip deskripsi.
  Prinsip deskripsi adalah penjelasan lebih jauh mengenai gejala-gejala yang dipelajari atau diselidiki. selain disajikan dengan tulisan atau kata-kata bisa juga dilengkapi dengan diagram, label, peta dan grafik.

d. prinsip korologi.
  Prinsip kronologi adalah gejala atau masalah geografi pada suatu tempat yang ditinjau berdasarkan penyebarannya, interelasi, interaksi, dan integrasi dalam ruang tertentu. ruang tersebut akan memberikan karakteristik kepada kesatuan gejala yang ada.

  Prinsip kronologi merupakan prinsip geografi yang komprehensif, karena memadukan prinsip-prinsip lain. prinsip ini merupakan ciri geografi modern, pada prinsip kronologi gejala dan fakta ditinjau atas penyebarannya.

Dalam geografi mempunyai dua unsur pokok yaitu wilayah manusia dan wilayah alam.

1. Wilayah manusia (Human realm)
  Wilayah manusia mengalami perubahan yang lebih cepat dan bersifat dinamis. wilayah manusia meliputi lingkungan sosial bentangan alam budidaya dan masyarakat, Contohnya seperti lingkungan sosial adalah faktor faktor kebiasaan, kepercayaan, kebiasaan, tradisi dan hukum. sedangkan contoh batang dalam budidaya adalah hutan buatan, danau buatan, perkebunan dan persawahan.

2. Wilayah alam (Nature realm)
  Wilayah alam tidak dinamis dan tidak mengalami perubahan secara cepat jika dibandingkan wilayah manusia. wilayah alam meliputi lingkungan alam dan bentang alam. pada lingkungan alam mencakup hal-hal sebagai berikut.
a). Proses-proses seperti erosi, sedimentasi, Sirkulasi air dan vulkanisme.
b). Kekuatan seperti rotasi bumi, revolusi bumi, gravitasi dan perubahan cuaca.
c). Unsur-unsur fisik, topologi dan biotik. unsur fisik meliputi iklim, tanah dan air. unsur-unsur topologi meliputi luas, letak dan bentuk, unsur biotik meliputi flora, fauna dan manusia.

Semoga Penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk anda. sampai jumpa pada artikel berikut nya...

0 Response to "Prinsip-prinsip geografi serta unsur-unsur nya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel